LiDAR, Teknologi Mobil Otonom Volvo Berbekal "Mata" Laser

01/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
LiDAR, Teknologi Mobil Otonom Volvo Berbekal "Mata" Laser
Volvo mengembangkan LiDAR (Light Detection and Ranging) sebagai teknologi mobil otonom. Fitur ini akan disematkan pada XC90 yang akan debut tahun 2022.

Bagi Volvo, ide mengemudi secara otonom telah ada dalam rencana mereka sejak 2016. Semua tahu, pabrikan asal Swedia ini dianggap sebagai pembuat kendaraan teraman di dunia. Namun, teknologi mobil yang bisa mengemudi sendiri (otonom) dan keselamatan berkendara adalah dua konsep berlawanan yang sedang dicoba untuk diselesaikan oleh industri otomotif.

Volvo meyakini bahwa LiDAR adalah solusi keamanan bagi teknologi mobil otonom yang memiliki akurasi dan jarak serta kemampuan untuk membaca cuaca serta kondisi cahaya sekitar.

>>> Ini 5 Mobil Yang Sering Dianggap Arogan di Jalan!

Gambar visualisasi LiDAR

Visualisasi teknologi mobil LiDAR yang menggunakan laser

Kolaborasi Volvo Dengan Tiga Perusahaan

Volvo bermitra dengan Zenseact, Luminar, dan NVIDIA dalam mengembangkan LiDAR. Pabrikan mobil berlambang simbol Mars ini akan menggarap hardware, sementara Zenseact dan Luminar mengembangkan software untuk teknologi tersebut.

NVIDIA berandil dalam pengembangan komputer kemudi otonom dengan teknologi NVIDIA DRIVE Orin system-on-a-chip.

Gambar kamera Tesla

Tesla menggunakan sistem kamera dan radar dalam teknologi mobil otonomnya

>>> Ini Volvo Bekas Termahal di Dunia, Harganya Rp 288 Miliar!

Teknologi ini berbeda dengan sistem otonom yang digunakan oleh Tesla dan beberapa pabrikan mobil lainnya yang menggunakan sistem kamera dan radar. Henrik Green, CEO dari Volvo mengatakan bahwa sistem tersebut memiliki berbagai kelemahan. Terutama dalam melakukan keputusan saat mengemudi.

"Itu (LiDAR) membangun dan menambah akurasi dan keandalan sistem, yang menurut penilaian kami perlu menjadi sebaik pengemudi manusia dan yang diperlukan untuk menggantikan pengemudi manusia," ungkap Green.

Sistem ini diharapkan bisa mengurangi risiko kematian dan kecelakaan, meningkatkan teknologi collision avoidance yang sudah mapan dari Volvo. Sederhananya, Volvo ingin menetapkan tolok ukur dalam hal keselamatan mobil.

Gambar Volvo XC90

Volvo selalu menjadi standar tertinggi terhadap keselamatan berkendara

Setelah teknologi siap, perangkat lunak akan diperbarui melalui nirkabel untuk memungkinkan pengemudian otonom, jika pelanggan memilih untuk mendapatkan opsi itu. Tentu saja, pengemudian otonom hanya akan tersedia untuk digunakan di jalan bebas hambatan.

Fitur Highway Pilot tersebut hanya akan aktif setelah "diverifikasi aman untuk lokasi dan kondisi geografis individu."

>>> Ini 5 Tips Untuk Menghindari Pengemudi Mobil Arogan di Jalan

Disematkan Pada Atap XC90 2022

Fitur ini akan ditawarkan untuk pertama kalinya pada Volvo XC90 terbaru yang akan diluncurkan pada tahun 2022. Big SUV tersebut akan meluncur sebagai mobil listrik dengan berbagai sensor keselamatan, termasuk LiDAR.

Volvo mengatakan rangkaian sensor dan sistem tersebut akan menjadikan mobil tersebut sebagai asisten pengemudi dalam membantu dan meningkatkan kemampuan pengemudi pada situasi keselamatan yang kritikal.

Gambar LiDAR

Teknologi mobil LiDAR akan tersemat pada atap mobil Volvo

Dalam sistem LiDAR, cahaya dipancarkan dari laser yang menembak dengan cepat. Anda dapat membayangkan cahaya dengan cepat menyala dari sumber cahaya laser.

Cahaya ini merambat ke tanah dan memantul dari benda-benda seperti bangunan, mobil, dan cabang-cabang pohon. Energi cahaya yang dipantulkan kemudian kembali ke sensor LiDAR di mana ia direkam untuk kemudian melakukan serangkaian proses dalam mengambil keputusan.

Kelemahannya, sistem ini akan membutuhkan biaya tambahan, meskipun Volvo tidak memberikan detail mengenal hal tersebut. LiDAR bisa sangat mahal, versi atap yang dijual oleh Velodyne saja menelan biaya hingga $75.000.

Tetapi Luminar mengatakan bahwa pihaknya bertujuan untuk mengurangi biaya penggunaan sistem ini menjadi hanya $500 per unit untuk aplikasi ADAS dan sekitar $1000 per unit untuk aplikasi otonom.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top