Liburan 11 Hari, Ada 1,14 Juta Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatra

06/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Liburan 11 Hari, Ada 1,14 Juta Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatra
Selama 11 hari masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 lebih dari 1,14 juta kendaraan lewat di Jalan Tol Trans Sumatra, baik tol operasional maupun yang dibuka fungsional.

Masa liburan panjang akhir tahun lalu memberi dampak pada Volume Lalu Lintas (VVL) di jalan tol berbagai daerah. Termasuk di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola mencatatkan peningkatan VLL secara signifikan bila dibanding hari-hari biasa.

Lebih dari 1,14 juta

Menurut Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J. Aries Dewantoro, perusahaan mencatat lebih dari 1,14 juta kendaraan lewat di Jalan Tol Trans Sumatra dalam 11 hari masa liburan. Mereka akumulasi dari lalu lintas di seluruh ruas yang dibuka, baik secara operasional maupun fungsional.

“Sejak tanggal (24/12/2020) hingga kemarin (3/1/2021) total VLL kendaraan yang melintas di JTTS mencapai 1.140.833 kendaraan. Ini merupakan akumulasi dari seluruh ruas yang ada di JTTS baik yang sudah beroperasi penuh maupun fungsional.” tutur Aries seperti dirilis Hutama Karya, (5/1/2021).

>>> Sepanjang 2020 Hutama Karya Garap 10 Jalan Tol Trans Sumatra

Foto menunjukkan antrean kendaraan di Gerbang Tol Binjai

Trafik jalan tol meningkat pesat di libur Natal dan Tahun Baru

Aries menambahkan, 2 ruas tol fungsional juga memberikan kontribusi bagi kenaikan VVL. yaitu Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) dan Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia).

“Adapun untuk VLL kendaraan ruas fungsional yakni Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) tercatat 10.862 kendaraan melintas dan untuk Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) tercatat sebanyak 160.002 kendaraan melintas selama momen Nataru tersebut,”. Kata Aries

Protokol Kesehatan

Seperti diberitakan sebelumnya, HK telah mempersiapkan diri menghadapi momen liburan akhir tahun. Untuk kenyamanan disiapkan sejumlah rest area dengan fasilitas-fasilitas pentingnya seperti tempat ibadah, kuliner, minimarket, dan tempat istirahat.

Untuk keselamatan dan keamanan ada koordinasi HK dengan pihak kepolisian dan TNI, serta mempersiapkan fasilitas seputar Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Kelancaran, Ketertiban Arus Lalu Lintas).

Mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19, Hutama Karya mengoptimalkan pelayanan dengan protokol kesehatan yang ketat. Beberapa rest area dijadikan check point untuk memeriksa kesehatan pengunjung.

“Kami mewajibkan seluruh petugas menggunakan masker, face shield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area serta memberikan fasilitas cek kesehatan gratis dimana pengguna jalan tol tidak hanya di cek suhu tubuhnya, tetapi juga dapat mengecek kondisi kesehatannya, melakukan tes rapid gratis, maupun menggunakan fasilitas rekreasi gratis yang ada di Rest Area,” jelas Aries.

>>> Alasan Pengendara Harus Mampir di Rest Area Jalan Tol

Foto Check Point Tol Pekanbaru-Dumai

Pengunjung rest area wajib mematuhi protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan dengan sabun)

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top