Rest Area Bakal Dibatasi 50% saat Libur Panjang Cuti Bersama

26/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Rest Area Bakal Dibatasi 50% saat Libur Panjang Cuti Bersama
Penggunaan rest area di sejumlah ruas jalan tol bakal dibatasi hingga 50%. Langkah ini diambil demi mencegah penyebaran Covid pada libur panjang cuti bersama.

Arus lalu lintas diprediksi melonjak pada libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1421 H. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan oleh pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk. 

Para pengendara yang berniat untuk melakukan perjalanan ke luar kota diimbau agar menghindari pergi di saat puncak volume lalu lintas.

lalu lintas libur panjang

Diprediksi akan ada lonjakan arus lalu lintas

>>> 3 Minggu Dibuka Gratis, 170 Ribu Kendaraan Lewat Tol Manado-Bitung

Rest Area Dibatasi Hingga 50%

Di samping itu, Jasa Marga juga bakal kawasan rest area dibatasi hingga 50% demi menekan angka penyebaran virus corona. 

“Khusus pada layanan di tempat istirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50%, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam siaran persnya, Senin (26/10/2020). 

Heru memprediksi akan ada lonjakan volume lalu lintas saat libur panjang cuti bersama yakni pada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2020 dan prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada hari Minggu tanggal 1 November 2020. 

kawasan rest area

Kawasan rest area bakal dibatasi karena berpotensi menambah kasus aktif corona

Jasa Marga juga menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan serta bekerjasama dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas buka/tutup tempat istirahat saat terjadi antrean kendaraan.

“Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk dapat disiplin protokol kesehatan dimanapun berada. Bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan," sebut Heru. 

"Jika harus mampir ke rest area untuk istirahat, kami imbau untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak, memilih untuk take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa peralatan ibadah pribadi dan tidak perlu berlama-lama di rest area,” jelas Heru lagi.

>>> 749 Personel Polda Metro Siap Amankan Lalu Lintas Libur Panjang

Siapkan Kendaraan dan Kondisi Tubuh yang Prima

Heru menambahkan, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, terutama dengan kondisi curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Selain itu, pastikan saldo uang elektronik cukup serta patuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Hal senada juga diungkap Polda Metro Jaya. Pihak kepolisian juga sudah mengantisipasi potensi lonjakan kasus penyebaran Covid-19 saat libur panjang di penghujung Oktober ini. Itulah yang menjadi alasan rest area dibatasi. 

"Libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momentum untuk bersyukur. Mari tetap bersabar menunggu vaksin dan bersama menekan angka laju persebaran Covid19," tulis Humas Polda Metro Jaya dalam laman instagramnya. 

>>> Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top