Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat

26/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat
Permintaan akan BBM non subsidi jenis Pertamina Dex di Tol Trans Jawa pada musim libur Nataru melonjak hingga tujuh kali lipat dibanding hari-hari biasa. Karenanya pasokan BBM pun ditambah oleh Pertamina.

Selama musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini, permintaan akan bahan bakar Pertamina non subsidi mengalami lonjakan. Utamanya pada BBM jenis Pertamina Dex. Setidaknya hal itu terlihat dari konsumsi BBM Pertamina di Tol Trans Jawa.

>>> Libur Nataru, Pertamina Siapkan Layanan Pengiriman BBM Pakai Motor

Mas'ud Khamid, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina menuturkan, saat mengunjungi SPBU 51.632.22 Rest Area KM575A Tol Ngawi, Jawa Tengah, pada Selasa, 24 Desember 2019, pihaknya mendapati lonjakan konsumsi BBM dibanding kondisi normal.

Dex Paling Banyak Dicari

nozzle SPBU Pertamina

Permintaan BBM non subsidi melonjak di Tol Trans Jawa, paling tinggi Pertamina Dex

Mas'ud menyebutkan, konsumsi BBM Pertamina di SPBU Ngawi tersebut pada hari-hari biasa sekitar 11,3 kiloliter. Namun di musim libur Nataru kali ini, konsumsi BBM naik jadi 44 kiloliter per hari.

>>> Promo mobil baru menarik di akhir tahun ada disini

"Prosentase kenaikan tertinggi pada produk BBM non subsidi. Yaitu Pertamina Dex naik 700 persen, Pertamax naik 500 persen, Pertalite (430 persen), Dexlite (300 persen), Pertamax Turbo (230 persen), dan Biosolar (150 persen)," katanya.

Pasokan BBM ke SPBU Ditambah

seremoni di SPBU Pertamina Tol Ngawi

Pertamina tambah pasokan bahan bakar untuk konsumen sampai 25 persen dibanding hari biasa

Karena kenaikan konsumsi bahan bakar inilah, maka Mas'ud menegaskan Pertamina juga menambah volume ketersediaan BBM terutama untuk SPBU yang berada di ruas jalan tol. "Untuk gasoline volumenya kita naikkan 3,5-4 persen dari pasokan normal. Untuk gasoil naik 7 persen. Sedangkan di jalan tol yang menjadi jalur utama mudik dinaikkan mencapai 16-25 persen," ungkapnya.

>>> Cari mobil bekas berkualitas? Pilihan paling lengkapnya ada disini

Dirinya juga memastikan layanan tambahan tersedia pada setiap titik rest area di ruas tol Trans Jawa. Layanan tersebut meliputi SPBU Kantong di 123 titik, 200 Pertamina Delivery Service di 19 titik dan Kiosk Pertamax sebanyak 4 titik.

Layanan ini diluar fasilitas Pertamina pada jalur utama mudik yakni jalur Pantura (Pantai Utara) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pansela (Pantai Selatan) sebanyak 77 SPBU, Jalur Tol Jawa 72 SPBU, Jalur Tol Sumatera 14 SPBU dan Jalur Tol Kalimantan 1 SPBU.

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

STNK Habis Masa Berlaku Saat Libur Nataru, Ada Dispensasi Hingga Satu Pekan

25/12/2019

Pengemudian

3 menit

Kepolisian bakal memberikan dispensasi satu pekan bagi pemilik kendaraan bermotor yang masa berlaku STNK-nya habis saat libur Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Lihat juga

Jadi Tumpuan Libur Nataru, 30 Ribu Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Pejagan

09/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Diperkirakan terjadi kenaikan volume kendaraan yang melintas di Tol Pejagan-Pemalang pada musim libur Natal dan Tahun Baru, dari sebelumnya 27 ribu menjadi 30 ribu unit kendaraan. Bagaimana kesiapan pihak pengelola?

Lihat juga

Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar

23/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Pertamina sudah siap untuk memasrkan bahan bakar solar jenis baru, yaitu Biodiesel B30. Bahkan harga bahan bakar ini diklaim lebih murah dari solar biasa.

Lihat juga

Review Audi S6 2019: Diesel Pada Sedan, Tak Begitu Buruk Adanya

02/06/2019

Editor rate:

Sedan yang menonjolkan performa mesin diesel, mungkin Audi S6 adalah salah satu kandidat terbaik. Di Eropa mobil satu ini memang terbilang sangat populer, apalagi pasca perilisan tiga model barunya yakni Audi S6, A6 dan A7. Untuk pertama kalinya, Audi menggabungkan mesin V6 TDI dengan kompresor elektrik dan sistem elektrik 48 Volt. Inilah review Audi S6 2019.

Lihat juga

Harga BMW X2 : Daftar Harga mobil BMW X2 terbaru Oktober

01/10/2020

BMW

Setiap lini BMW dengan nomenklatur angka genap seringkali membawa karakteristik yang lebih menarik dan eksentrik dibandingkan lini BMW ber-nomenklatur ganjil. Salah satu contoh ialah BMW X2 yang baru saja dirilis ke Indonesia pada kuartal keempat 2018. Kira-kira seperti apa impresi terbaru dari Sport Active Coupe kompak ini? Dan berapa harga BMW X2 ini?

Lihat juga