Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat

26/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat
Permintaan akan BBM non subsidi jenis Pertamina Dex di Tol Trans Jawa pada musim libur Nataru melonjak hingga tujuh kali lipat dibanding hari-hari biasa. Karenanya pasokan BBM pun ditambah oleh Pertamina.

Selama musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini, permintaan akan bahan bakar Pertamina non subsidi mengalami lonjakan. Utamanya pada BBM jenis Pertamina Dex. Setidaknya hal itu terlihat dari konsumsi BBM Pertamina di Tol Trans Jawa.

>>> Libur Nataru, Pertamina Siapkan Layanan Pengiriman BBM Pakai Motor

Mas'ud Khamid, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina menuturkan, saat mengunjungi SPBU 51.632.22 Rest Area KM575A Tol Ngawi, Jawa Tengah, pada Selasa, 24 Desember 2019, pihaknya mendapati lonjakan konsumsi BBM dibanding kondisi normal.

Dex Paling Banyak Dicari

nozzle SPBU Pertamina

Permintaan BBM non subsidi melonjak di Tol Trans Jawa, paling tinggi Pertamina Dex

Mas'ud menyebutkan, konsumsi BBM Pertamina di SPBU Ngawi tersebut pada hari-hari biasa sekitar 11,3 kiloliter. Namun di musim libur Nataru kali ini, konsumsi BBM naik jadi 44 kiloliter per hari.

>>> Promo mobil baru menarik di akhir tahun ada disini

"Prosentase kenaikan tertinggi pada produk BBM non subsidi. Yaitu Pertamina Dex naik 700 persen, Pertamax naik 500 persen, Pertalite (430 persen), Dexlite (300 persen), Pertamax Turbo (230 persen), dan Biosolar (150 persen)," katanya.

Pasokan BBM ke SPBU Ditambah

seremoni di SPBU Pertamina Tol Ngawi

Pertamina tambah pasokan bahan bakar untuk konsumen sampai 25 persen dibanding hari biasa

Karena kenaikan konsumsi bahan bakar inilah, maka Mas'ud menegaskan Pertamina juga menambah volume ketersediaan BBM terutama untuk SPBU yang berada di ruas jalan tol. "Untuk gasoline volumenya kita naikkan 3,5-4 persen dari pasokan normal. Untuk gasoil naik 7 persen. Sedangkan di jalan tol yang menjadi jalur utama mudik dinaikkan mencapai 16-25 persen," ungkapnya.

>>> Cari mobil bekas berkualitas? Pilihan paling lengkapnya ada disini

Dirinya juga memastikan layanan tambahan tersedia pada setiap titik rest area di ruas tol Trans Jawa. Layanan tersebut meliputi SPBU Kantong di 123 titik, 200 Pertamina Delivery Service di 19 titik dan Kiosk Pertamax sebanyak 4 titik.

Layanan ini diluar fasilitas Pertamina pada jalur utama mudik yakni jalur Pantura (Pantai Utara) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pansela (Pantai Selatan) sebanyak 77 SPBU, Jalur Tol Jawa 72 SPBU, Jalur Tol Sumatera 14 SPBU dan Jalur Tol Kalimantan 1 SPBU.

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top