Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Ini Daftar Tol Yang Gratis

03/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Ini Daftar Tol Yang Gratis
Bagi Anda yang mau bepergian saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 bisa memanfaatkan beberapa ruas tol yang gratis berikut untuk menghemat waktu dan biaya.

Tidak lama lagi libur Natal dan Tahun Baru 2020 tiba. Anda mungkin sudah punya rencana bepergian ke suatu tempat buat mengisi waktu. Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya sejak sekarang, termasuk sarana transportasi. Buat Anda yang memilih transportasi udara atau kereta api bisa mulai booking sejak sekarang untuk mendapatkan tiket pemberangkatan sesuai yang diinginkan dengan harga terbaik.

Atau buat Anda yang ingin menggunakan mobil rental bisa menghubungi jasa rental untuk memastikan ketersediaan unit yang akan Anda sewa. Bila perlu booking sekalian agar unit tak kedahuluan orang lain.

>>> Tertarik membeli mobil baru atau bekas, Cek koleksi dan harganya di sini!

Foto kepadatan lalu lintas di jalan bebas hambatan

Siapkan segala sesuatunya sebelum berangkat liburan

Nah. khusus buat Anda yang menggunakan mobil pribadi pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum dipakai bepergian. Segera servis jika mobil belum diservis. Jangan tunggu sampai mepet sebab biasanya menjelang liburan panjang sering terjadi kepadatan di tempat servis.

Siapkan juga perbekalan yang mencukupi, terutama uang untuk bahan bakar (BBM), makan minum, hingga membayar tol. Pastikan e-toll dalam kondisi terisi dan mencukupi agar tidak terjadi masalah saat di gerbang tol gara-gara saldo e-toll kurang.

Untuk yang terakhir ini yang menarik. Ada informasi dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di musim libur Natal dan Tahun Baru 2020 yang segera datang beberapa ruas tol akan dibuka secara fungsional untuk mendukung kelancaran lalu lintas. Seluruh pengendara mobil tidak akan dikenakan biaya sepersen pun melintas di tol-tol tersebut.

"Kalau fungsional nggak ada tarifnya, ya gratis," tutur Menteri PUPR, Basuki usai mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, pada Senin (2/12/2019).

>>> Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil

Berikut daftar tol gratis selama libur Natal dan Tahun Baru 2020 yang dimaksud Menteri Basuki:

  1. Ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 km,
  2. Ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 9,5 km,
  3. Ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km,
  4. Ruas tol Manado-Bitung sepanjang 26 km,
  5. Ruas tol Jakarta-Cikampek Elevated sepanjang 39 km.

Manfaatkan ruas tol fungsional buat menghemat biaya

Terkait waktunya mulai kapan untuk menggratiskan tol-tol di atas, Menteri Basuki belum bisa memberi penjelasan baik tanggal mulainya atau tanggal berakhirnya. Hanya saja khusus ruas Tol Jakarta-Cikampek Elevated rencanananya dibuka pada minggu kedua Desember 2019 dan akan digratiskan hingga musim libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Japek elevated insyaallah diresmikan pada minggu kedua Desember 2019. Mudah-mudahan full minggu kedua Desember, rencananya gratis sampai Nataru nanti," kata pak Menteri seperti dikutip dari DetikFinance, (2/12/2019).

Jadi, buat Anda yang mau bepergian saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 silahkan manfaatkan ruas tol-tol di atas. Selain jarak tempuh bisa lebih cepat, juga akan menghemat biaya untuk BBM maupun membayar tol. Selamat berlibur!

>>> Akhir Tahun, Yuk Pilih Mobil Paling Cocok Buat Liburan!

Foto udara Tol Jakarta-Cikampek Elevated

Tol Jakarta-Cikampek Elevated jelang dioperasikan

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap dan terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

5 Pilihan SUV Diesel Bekas untuk Liburan Akhir Tahun

06/12/2019

Jual beli

5 menit

Ada beberapa pilihan SUV diesel bekas yang bisa Anda miliki di akhir tahun ini. Apalagi jika Anda berniat liburan berpetualang bersama keluarga di malam pergantian tahun.

Lihat juga

Promo Akhir Tahun Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport: Bunga Ringan hingga Liburan ke Jepang

04/11/2019

Event - Promosi

2 menit

Promo akhir tahun semakin ramai dengan hadirnya kerja sama baru BRI Finance dan Mitsubishi Sun Star Prima Motor. Diluncurkan pada Sabtu, (2/11) lalu, promo bunga ringan 3.69% bisa Anda dapatkan untuk setiap pembelian Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport.

Lihat juga

Akhir Tahun, Yuk Pilih Mobil Paling Cocok Buat Liburan!

31/10/2019

Jual beli

3 menit

Pergantian tahun semakin dekat. Bagi Anda yang punya rencana berlibur ada baiknya dipersiapkan mulai sekarang, Termasuk untuk urusan transportasi, pilih mobil paling cocok buat liburan dan sesuai dengan kebutuhan.

Lihat juga

Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil

25/10/2019

Pengemudian

3 menit

Supaya liburan bersama keluarga menggunakan mobil terasa nyaman, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

Lihat juga

Mau Liburan Road Trip, Ini 6 Mobil Andal Yang Bisa Anda Pilih

31/12/2018

Jual beli

4 menit

Apakah Anda ingin merasakan sensasi liburan yang dijamin unik dan berbeda? Kalau iya, liburan road trip barangkali akan jadi pilihan yang sangat cocok untuk Anda pertimbangkan. Dengan begitu, pengalaman berlibur Anda pun akan dijamin seru dan susah untuk dilupakan! Jangan lupa satu lagi, bawa mobil handal agar perjalanan Anda lebih nyaman.

Lihat juga