Libur Kompetisi, Mercedes-AMG F1 Bikin Ventilator Bantu Perangi Corona

16/04/2020

Pasar mobil
Share this post:
Libur Kompetisi, Mercedes-AMG F1 Bikin Ventilator Bantu Perangi Corona
Di tengah kompetisi yang libur panjang akibat wabah Covid-19, tim Formula 1 Mercedes-AMG F1 mengalihkan sumber dayanya untuk membuat ventilator untuk membantu perawatan pasien Corona.

Biasanya, para insinyur dan teknisi Mercedes-AMG F1 sibuk merancang mobil balap paling kencang sejagat raya. Kini, tim yang mendominasi era hybrid Formula 1 itu mengisi kekosongan waktu di tengah berhentinya musim 2020 dengan sebuah misi mulia, yakni membantu penanganan pandemi Covid-19.

>>> Corona vs Motorsport: Sampai kapan pandemi ini menunda gelaran balap 2020?

Markas Mercedes-AMG High Performance Powertrain

Mercedes-AMG mengubah pabrik mesin F1 nya menjadi pembuat CPAP

Bekerja sama dengan University College London (UCL) dan dokter Rumah Sakit UCL, Mercedes mengembangkan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP), alat bantu pernafasan untuk pasien dengan infeksi paru-paru akibat virus Covid-19 ketika tabung oksigen dari ventilator saja tidak cukup.

Development kurang dari 100 jam, 10.000 unit sudah dipesan

Dikutip dari halaman resmi Mercedes-AMG F1, proses desain dan produksi pertama memakan waktu yang sangat singkat, tidak sampai 100 jam. CPAP juga telah dievaluasi UCLH dan sejumlah rumah sakit lainnya di London, dan telah memenuhi regulasi kesehatan pekan lalu. Sampai saat ini, sudah lebih dari 10.000 CPAP dipesan layanan kesehatan Inggris.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas dari berbagai merek di sini

Pabrik Mercedes-AMG High Performane Powertrains

Pabrik Mercedes-AMG HPP dapat memproduksi 1.000 unit CPAP per harinya

Pusat teknologi Mercedes AMG High Performance Powertrain di Brixworth juga disulap sebagai pabrik pembuatan CPAP. Setidaknya 40 mesin yang biasanya dipakai untuk memproduksi piston mesin F1 kini membuat 1.000 unit CPAP per harinya.

Paten diberikan secara gratis, bagian dari Project Pitlane

Hebatnya lagi, Mercedes-AMG F1 beserta UCL menggratiskan paten CPAP. Yang berarti semua orang bisa mengakses blueprint, sampai material penyusun alat bantu pernafasan itu untuk diproduksi secara massal sebagai salah satu upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

>>> Berita paling baru seputar pasar mobil bisa Anda temukan di sini

Detail alat bantu pernafasan CPAP

Mercedes-AMG juga memberikan akses paten CPAP secara gratis

"Membuat desain dan spesifikasi manufaktur tersedia dalam basis sumber yang terbuka akan memungkinkan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia memproduksi alat ini secara cepat dan skala besar untuk mendukung respon global terhadap Covid-19," kata Managing Director Mercedes-AMG High Performance Powertrain Andy Cowell.

Sebagai catatan, proyek CPAP yang dikerjakan Mercedes-AMG F1 ini merupakan bagian dari Project Pitlane yang digagas oleh tujuh tim F1 yang bermarkas di Inggris; Haas, McLaren, Mercedes, Racing Point, Red Bull, Renault dan Williams.

>>> Berita otomotif terbaru, tips & trik terlengkap, serta pilihan mobil baru dan bekas terlengkap bisa Anda temukan semua di sini

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

Obituari Sir Stirling Moss (1929-2020): Pembalap Terbaik F1 Tanpa Gelar Juara Dunia

15/04/2020

Pasar mobil

8 menit

Legenda Formula 1 asal Inggris, Sir Stirling Moss, meninggal di umurnya yang ke-90. Meski tanpa titel juara dunia F1, ia didaulat sebagai pembalap terbaik yang pernah ada. Bagaimana sepak terjangnya?

Lihat juga

F1 GP Bahrain dan Vietnam Ikut Batal Gara-Gara Virus Corona

16/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Menyusul Australia dan Cina, F1 GP Bahrain dan Vietnam dibatalkan karena penyebaran Virus Corona. Alhasil, musim balap 2020 baru akan dimulai paling cepat awal Mei.

Lihat juga

Virus Corona Juga Tunda Penerapan Regulasi F1 2021

20/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak hanya balapan yang terkena dampak virus corona, regulasi F1 2021 juga baru akan diperkenalkan 2022 setelah semua tim sepakat menunda penerapan regulasi terbaru F1.

Lihat juga

Kompetisi Libur Sampai Juni, F1 Gelar Balapan Virtual

26/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Untuk mengisi kekosongan, Formula 1 menggelar balapan virtual F1 untuk menggantikan putaran yang ditunda atau dibatalkan sampai Juni mendatang. Yang menarik, Anda juga berkesempatan main bareng pembalap F1 sungguhan.

Lihat juga

Tatap Musim 2020, Tim F1 Mercedes-AMG Siapkan Livery Baru

12/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Jelang bergulirnya kompetisi balap, Mercedes-AMG Petronas Team memperkenalkan livery yang akan dipakai pada mobil Mercedes W11 yang akan dipakai pada F1 2020.

Lihat juga