Lexus NX Terbaru Andalkan Yamaha Performance Damper

09/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Lexus NX Terbaru Andalkan Yamaha Performance Damper
Lexus kembali mempercayakan Yamaha Performance Damper untuk menunjang kapabilitas suspensi Lexus NX terbaru mereka, lantas sebagus apa sih suspensi ini?

Hari ini Yamaha Performance Damper secara resmi telah dipilih oleh Lexus untuk digunakan pada SUV crossover seri NX mereka. Lexus NX generasi terbaru yang dimaksud dengan varian Lexus NX 450h+, Lexus NX 350h dan Lexus NX 350 F-SPORT).

Sekadar informasi, Yamaha Performance Damper telah diadopsi pada Lexus NX generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2014 dan keputusan ini menandai kelanjutan penggunaan Damper tersebut.

Yamaha Performance Damper adalah perangkat peredam getaran sasis yang dipasang di area struktural utama kendaraan. Ini dirancang untuk mengontrol dan menyerap deformasi dan getaran kecil yang terjadi saat berlangsung, berkontribusi pada peningkatan stabilitas penanganan dan kenyamanan onboard.

Gambar suspensi Lexus NX

Lexus NX

Sejak pertama kali digunakan dalam model produksi massal pada April 2004, telah dipasang di berbagai jenis kendaraan dan mencapai 2 juta unit dalam produksi kumulatif pada 2020.

Saat ini, Yamaha Performance Damper tidak terbatas pada penggunaan di mobil; perusahaan juga menawarkan variasi perangkat untuk digunakan pada sepeda motor. Kedepannya, Yamaha akan terus berupaya untuk menghadirkan perangkat seperti ini kepada sebanyak mungkin pelanggan.

Peredam Getaran

Saat dikemudikan, sasis mobil terus-menerus mengalami deformasi bodi kecil di bawah 1 mm. Karena sasis adalah rakitan dari beberapa pegas dan bagian serta komponen elastis, hanya ada sedikit gaya redaman yang bekerja untuk meredam gaya deformasi ini sebagian besar terakumulasi tanpa terkendali, menyebabkan siklus deformasi yang berulang pada frekuensi alaminya.

Untuk mengatasi hal ini, Performance Damper memperkenalkan elemen peredam ke sasis, menyerap gaya deformasi dan membuangnya sebagai energi panas. Ini menghambat efek kecepatan deformasi yang berlebihan pada bodi kendaraan, sehingga memberikan performa berkendara yang sangat baik dan stabilitas pada kecepatan sehari-hari maupun pada kecepatan tinggi, ketika deformasi sasis relatif lebih besar.

Gambar Damper Suspensi Yamaha

Cara kerja damper

Penggunaan sistem suspensi ini tidak hanya menghasilkan stabilitas, namun juga memperbaik tingkat kenyamanan yang lebih besar. Yamaha Performance Dampers adalah teknologi baru yang mengurangi distorsi, kebisingan, dan getaran saat sasis bergerak.

>>> Inilah Mitos VS Fakta Seputar Mobil Hybrid Dan Elektrifikasi

Ini adalah komponen mobil pembuat zaman yang memungkinkan kualitas tinggi dan kenyamanan di kelas yang sama sekali berbeda dari kendaraan konvensional. Performance Dampers adalah teknologi yang benar-benar baru yang dikembangkan oleh Yamaha Motor untuk meningkatkan performa sasis.

Peredam getaran Yamaha

Damper menahan getaran seperti ini

Saat sasis bergerak, distorsi dinamis dibatasi hanya beberapa mikron. Bodi kendaraan logam memiliki karakteristik elastis dan tidak memiliki kekuatan redaman, yang berarti bahwa energi distorsi eksternal terakumulasi dan dilepaskan hampir tidak berubah, mengulangi siklus distorsi pada frekuensi alami.

>>> Lexus NX 2021 Diluncurkan, Hadir Dengan Opsi Plug-in Hybrid

Performance Dampers menambahkan elemen peredam ke sasis yang menyerap energi distorsi dan melepaskannya sebagai panas. Ini membatasi kecepatan distorsi sasis yang berlebihan, tidak hanya meningkatkan kenyamanan berkendara pada kecepatan normal, tetapi juga mencapai mobilitas tinggi dan stabilitas yang sangat baik pada kecepatan tinggi, yang disertai dengan distorsi sasis yang relatif besar.

Getaran Suspensi Mobil

Saat bergerak bodi mengalami distorsi getaran terus menerus

Sasis adalah rakitan beberapa elemen pegas. Saat bergerak, ia mengalami distorsi dan getaran terus menerus. Performance Dampers menghubungkan dua titik pada sasis menggunakan peredam kejut (elemen redaman) berperforma tinggi khusus, membatasi distorsi mikro dan getaran dengan sengaja meningkatkan viskositas sasis. Desain Performance Damper didasarkan pada arsitektur peredam oli bermuatan nitrogen bertekanan tinggi.

Teknologi Utama

1. Peningkatan kinerja redaman pada kecepatan piston ultra rendah.
2. Pembatalan gaya reaksi gas.
3. Optimalisasi sifat redaman.

>>> Mau beli mobil Lexus bekas? Klik di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top