Lexus LF-1 Limitless, Mengukir Definisi Luxury Crossover Tanpa Batasan di Masa Depan

25/07/2019
Membayangkan masa depan memang tidak pernah ada batasan, semua mimpi dan ide akan masa depan sangat potensial terjadi, di saat perkembangan teknologi sudah semakin maju. Lalu akan seperti apa masa depan segmen kendaraan crossover dunia? Mungkin, saat ini Anda bisa melihat jawabannya dalam torehan karya Lexus ini.

Nama Lexus dalam jajaran brand mobil premium dunia sudah memiliki presensi kuat. Divisi mobil premium Toyota ini memposisikan diri sebagai ikon mobil Jepang yang sangat menjunjung passion akan kemewahan paripurna dalam sebuah kendaraan.

Lexus RX 300 mencetus segmen Luxury Crossover di dunia

Membangun mimpi menciptakan kendaraan mewah dari negeri Sakura, Lexus banyak mempelopori terciptanya segmen-segmen premium, salah satunya crossover. Ya, Lexus secara de facto adalah pelopor segmen luxury crossover, melalui line-up Lexus RX300 di tahun 1997.
Lewat sebuah ide menciptakan mobil tangguh nan stylish dan ramah digunakan di perkotaan, Lexus sontak menjadi pelopor sekaligus sebagai pencetus arah genre mobil Luxury Crossover dunia, sampai saat ini. 

Gambar menunjukkan generasi mobil Lexus LF-1 Limitless berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tiga ikon Luxury Crossover Lexus: Lexus RX (atas), Lexus NX (bawah kiri), Lexus UX (bawah kanan)

>>> Diperkenalkan, Lexus GX 460 Model 2020 Dengan Grill Besar Mirip BMW X7

Bahkan di tengah-tengah berjamur pemain dari tanah Eropa yang bermain di segmen ini, mindset publik terhadap line-up sukses mereka seperti Lexus UX, Lexus NX, dan Lexus RX masih positif dan menjadi benchmark yang diperhitungkan di mata rival.
Kesuksesan gemilang yang diraih saat ini, tak serta merta membuat Lexus berhenti berinovasi di segmen Luxury Crossover. Seperti pepatah Mahatma Gandhi yang mengatakan “The Future Depends on What We Do in the Present”, masa depan segmen mobil ini sangat ditentukan oleh langkah dan ide Lexus yang akan mengukir definisi masa depan Luxury Crossover.
Dan hal tersebut yang kemudian Lexus cetuskan lewat inspirasi dan kreasi masa depan Flagship Crossover, sebuah kasta tertinggi di Luxury Crossover, yang ditandai oleh debut mobil konsep Lexus LF-1 Limitless.

Gambar sebuah mobil Lexus LF-1 Limitless berwarna golden dilihat dari sisi depan

Lexus LF-1 Limitless membawa interpretasi Lexus akan flagship crossover di masa depan

Menggabungkan performa tinggi dengan kemewahan yang tidak terbatas, Lexus LF-1 Limitless adalah karya teknologi, inovasi dan evolusi desain terbaru dari Lexus. Mobil konsep ini diperkenalkan perdana kali pada ajang North American International Auto Show 2018, dan menjadi salah satu bentuk komitmen Lexus dalam mengukir definisi luxury crossover di masa depan yang tanpa batas.
“Makna” tanpa batas, atau Limitless, memiliki interpretasi yang sangat kuat di dalam mindset Lexus. Lewat tema Limitless, Lexus menciptakan probabilitas dalam hal inovasi powertrain yang tidak terbatas. Lexus memungkinkan mobil konsep Lexus LF-1 Limitless dapat ditenagai oleh teknologi fuel cell, hybrid, plug-in hybrid, mesin internal combustion, bahkan EV sekalipun.

Gambar mobil Lexus LF-1 Limitless yang masih pakai cover saat luncurkan

CALTY Design Research California menjadi otak di balik desain Lexus LF-1 Limitless

>>> Lexus Luncurkan Kendaraan ‘Alien’ di Men in Black: International, Begini Spesifikasinya

Interpretasi ini juga mengakibatkan mobil konsep Lexus ini memiliki penampilan yang benar-benar di luar konsep standar crossover. Dirancang oleh CALTY Design Research di California, Amerika Serikat, Lexus LF-1 Limitless lahir dari tangan para desainer atas inspirasi yang sangat sederhana namun elegan, yang diyakini sebagai inti dari bahasa desain Molten Katana.
Molten Katana menjadi refleksi Lexus akan pedang Jepang tradisional yang dibentuk secara organik melalui logam cair yang ditempa. Visualisasi desain ini mengakibatkan bentuk Lexus LF-1 Limitless membentuk tema desain yang kontemporer namun tetap terasa agresif. 

Bumper depan pada mobil Lexus LF-1 Limitless

Pendekatan agresif pada fascia depan Lexus LF-1 Limitless

Pendekatan desain Molten Katana berpadukan proporsi rasio dash-to-axle yang tepat, menciptakan presensi profil atletik LF-1 Limitless profil atletik yang lebih kuat unsur sports car. Hal ini disempurnakan penampilan agresif pada fascia depan yang memadukan desain Spindle Grille ikonik dengan penggunaan sistem pencahayaan LED yang mengisi sisi-sisi grille berbentuk three-dimentional dengan proporsi sangat dominan pada area fascia depan. 
Sekalipun ingin menciptakan profil atletik layaknya sports car, namun Lexus LF-1 Limitless yang memiliki panjang 5014 mm, lebar 1986 mm, dan tinggi 1.605 mm ini tetap mempertahankan elemen Luxury Crossover melalui roofline rendah dan posisi mobil yang tinggi dan penggunaan pelek 22 inci berdesain agresif dan kokoh. 

>>> Review Lexus LFA 2011: Salah Satu Tonggak Sejarah Supercar Dunia

Gambar sebuah mobil Lexus LF-1 Limitless berwarna orange saat luncurkan

Pendekatan desain kontemporer dari sisi samping Lexus LF-1 Limitless

Lekukan garis bodi samping yang kontemporer juga membuat lekuk fender terkesan berotot, meskipun tercipta dari paduan lekuk dan garis desain yang lembut. Efek dari desain ini mengarah pada format taillight LED yang dibentuk secara menarik mengikuti kontur bodi, serta dipadukan elemen air vents pada bumper belakang. Adapun citra mobil konsep yang sangat memikat perhatian ditutup secara sempurna melalui elemen split spoiler yang menguatkan profil kaca belakang yang didesain berdimensi besar. 
Sebagai tradisi Jepang yang mengedepankan pendekatan keramahan, atau omotenashi, membuat desainer Lexus di CALTY Design Research menciptakan kenyamanan paripurna untuk semua penumpang.

Gambar menunjukkan desain interior mobil Lexus LF-1 Limitless

Interior Lexus LF-1 Limitless hadirkan nuansa futuristik dengan sentuhan kemewahan paripurna

>>> Aplikasikan Teknologi Digital Outer Mirrors, Lexus Jepang Mulai Tinggalkan Spion Manual Bulan Depan

Lexus LF-1 Limitless membawa pendekatan futuristik yang diperkirakan menjadi teknologi relevan di masa depan. Salah satu highlight penting ialah penggunaan 4D navigation system yang akan menjadi “concierge” bagi pengemudi saat perjalanan, baik itu menentukan rute perjalanan, merekomendasikan restoran maupun rest area selama perjalanan, bahkan mengatur pemesanan kamar hotel. 
Sistem ini akan tampil dalam layar in-dash monitor yang juga terkoneksi dengan rear seat entertainment screen maupun smartphone secara wireless. Adapun kontrol sistem navigasi dan infotainment cerdas pada Lexus LF-1 Limitless bisa melalui trackpad dengan kemampuan touch-responsive haptic controls.

Gambar menunjukkan desain bagian setir dari mobil Lexus LF-1 Limitless

Kokpit pengemudi dirancang memudahkan pengemudi untuk mengontrol mobil maupun berkendara secara otonom

Sebagai kendaraan masa depan, Lexus LF-1 Limitless menghadirkan Chauffeur mode yang memungkinkan mobil konsep ini berjalan secara otonom demi memberikan pengalaman berkendara yang tanpa beban, serta meminimalisir risiko insiden maupun menjaga efisiensi powertrain. 
Lexus juga memastikan pengemudi mobil konsep ini langsung mengambil komando dan memaksimalkan konfigurasi mobil melalui ragam tombol berkendara di area setir. Bahkan sepanjang mata pengemudi memandang, informasi seputar mobil akan tersaji secara real time dan informatif, termasuk visual sisi kiri-kanan mobil yang didapat melalui penggunaan kamera sebagai pengganti kaca spion.

Gambar menunjukkan desain bagian kursi mobil Lexus LF-1 Limitless

Sentuhan Chiffon White perforated leather hadir melapisi jok pengemudi dan penumpang Lexus LF-1 Limitless

Dan bukan Lexus namanya jika tidak menjunjung tinggi kemewahan tertinggi pada sektor kabin. Ia hadir dengan format kursi 4-penumpang yang dibalut Chiffon White perforated leather. Elemen metallic interior trim dengan efek warna champagne yang dikemas dengan sentuhan efek satin, serta secara sukses menyatu dengan dark Cocoa Bean leather trim. 
Sistem pencahayaan di dalam kabin juga dirancang dramatis, baik saat mengaktifkan mobil maupun berpindah mode berkendara. Panel wooden door trim pada Lexus LF-1 Limitless memiliki perforasi berdimensi kecil agar menghasilkan efek cahaya berwarna yang dihasilkan oleh LED yang tertanam, serta memperkaya pencahayaan yang ada di dalam kabin.
Sinergi antara teknologi masa depan berpadu penampilan menawan, menciptakan mobil konsep Lexus LF-1 Limitless sebagai representasikan mimpi sekaligus mencetuskan ide-ide yang diperkirakan menjadi relevan pada segmen mobil Luxury Crossover di masa depan. 
>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel news yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
9

berita lain