Lestarikan Sejarah Motorsport, Pria Ini Buat Museum Mobil Balap

23/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Lestarikan Sejarah Motorsport, Pria Ini Buat Museum Mobil Balap
Melihat mobil balap secara langsung beraksi di sirkuit adalah sebuah kenikmatan tiada tara. Namun dibalik kecepatan yang membuat mata terngaga, ternyata tidak sedikit jagoan sirkuit yang berakhir sebagai barang rongsokan. Hal ini memicu seorang pria membuat museum mobil balap untuk melestarikan mobil yang sudah jadi bagian sejarah motorsport Indonesia itu.

Berbeda dari negara lain dengan kultur otomotif kuat seperti Jepang yang memiliki banyak sekali museum otomotif, nasib mobil balap legendaris di Indonesia sangat memilukan. Saat masa edarnya di sirkuit telah usai dan diganti dengan mobil baru, mantan jagoan sirkuit itu seolah tak memiliki nilai sama sekali, bahkan tak sedikit yang berakhir di tempat mobil rongsokan, atau yang biasa disebut kampakan.

>>> Berburu mobil yang pernah mejeng di Sentul? Cek sini deh

Berangkat dari hal ini, Anthon Novianto selaku pemilik Roemah 7A menjadikan tempat yang biasanya menjadi function house dan gallery menjadi museum mobil balap, meski memiliki lahan terbatas namun berisikan banyak mobil balap legendaris dan ikonik pada masanya.

Mobil balap turing di Indonesia Motorsport Heritage Museum

Berbagai mobil balap direstorasi dan dirawat di sini

“Kebetulan saya memang suka mobil retro dan juga sejarah, kadang kalau lagi main ke bengkel atau kampakan suka menemukan mobil ngejogrok, atau dalam kondisi mengenaskan. Dan kalau kita lihat lagi, kadang-kadang mobil itu bukanlah mobil sembarangan, justru mobil yang punya cerita dan sejarah di motorsport Indonesia. Itu adalah sebuah heritage, kan sayang banget,” ujar Anthon kepada Cintamobil.com.

“Coba kalo kita lihat di luar negeri, misalnya Jepang, tiap-tiap pabrikan pasti punya museum sendiri-sendiri, dan sangat mengapresiasi mobil balap legendaris yang dianggap sebagai pahlawan merek tersebut. Mobil tersebut dipajang di tempat dan layak, dan dengan segala macam merchandise, informasi, keterangan, dan foto yang bisa menceritakan betapa berjasanya mobil itu.”

Anda mungkin masih ingat Mazda Savanna RX7 SA22C dan Toyota Starlet TOM’S KP47 yang sempat jadi bintang balap di Ancol pada akhir 70-an sampai awal 80-an, itu baru dua dari puluhan mobil balap legendaris di museum Mobil Balap Roemah 7A, yang disebutnya sebagai Indonesia Motorsports Heritage Museum Wannabe.

Mazda RX7 SA22C 1989 yang terpajang manis di Indonesia Motorsports Heritage Museum Wannabe

Salah satu jagoan Sirkuit Ancol yang mejeng di musim milik Anthon, Mazda Savanna RX7 SA22C

Soal pemilihan mobil yang dikoleksi museum mobil balap ini, Anton memfokuskan pada balap touring era 70-80 hingga 90-an awal saat Sirkuit Ancol masih jadi kiblat balap Indonesia sebelum lahirnya sentul pada tahun 1993, dan juga balap reli 80-an akhir sampai era 90-an. Ya, pria yang kerap disapa om Anthon ini juga memiliki dua buah mobil WRC Group A, Toyota Celica Turbo 4WD ST185 dan ST205.

>>> Temukan mobil idaman Anda di sini

“Wannabe kan kalau bahasa Indonesia artinya ingin menjadi atau ingin seperti, ini kan sebenarnya museum tapi saya belum berani bilang ini museum, karena ini masih alakadarnya lah ya. Makanya saya tambahin wannabe di belakangnya, atau istilahnya museum-museuman lah. Mungkin nanti kalau sudah lebih baik lagi kata-kata wannabenya kita turunkan lah,” lanjut om Anthon.

“Pemikiran awalnya, saya coba menyelamatkan mobil yang memiliki sejarah dalam dunia motorsport di Indonesia, ya sekarang mana yang ketemu aja. Semisal saya menemukan mobil reli, sepanjang saya bisa selamatkan saya akan coba. Besoknya saya ketemu mobil balap touring, saya akan coba selamatkan semampu saya.

>>> Selalu update kabar seputar pasar mobil di sini

“Cuman kalo segi tahun, untuk balap turing saya lebih suka tahun 70-80an, zaman itu masih di Sirkuit Ancol, mungkin 90-an awal juga. Kalau rally, itu tahun 80-an akhir sampai 90-an, udah masuk eranya AWD, four-wheel drive awal-awal gitu.”

Toyota Celica ST185 & ST205 milik Indonesia Motorsport Heritage Museum Wannabe

Jika Anda pemain Sega Relly, tentu sudah tidak asing dengan model mobil ini

Kita memang tak bisa menahan perkembangan teknologi, yang pada akhirnya membuat mobil balap akan selalu berevolusi dari waktu ke waktu. Namun, kita masih bisa tetap menghidupkan sejarah, kisah, dan cerita yang dihadirkan dengan menempatkan mobil balap legendaris itu di tempat yang layak, seperti museum mobil balap Indonesia Motorsports Heritage Museum Wannabe milik Anthon Novianto. Penasaran koleksi mobil balap yang ada di tempat yang kami sebut sebagai museum balap Indonesia ini? Kami sudah membuat videonya khusus untuk Anda.

 
Cerita Mobil: Restorasi Mobil Balap di Indonesia

Sejak era balap di Sirkuit Ancol, Indonesia memiliki harta karun mobil balap era 80-an. Teman-Teman Pencinta Mobil yang belum pernah melihatnya langsung mungkin bisa mengintip koleksi yang ada di Roemah 7 A. Tonton perbincangan kami bersama Anthon Novianto berikut . Baca berita otomotif lainnya di Cintamobi.com >> https://bit.ly/CMBerita --- Sukai juga media sosial kami lainnya! FB: Pasar Mobil Cintamobil dan Cintamobil.com Instagram: @cintamobilcom Youtube: Cintamobil TV Grup Cintamobil TV: http://bit.ly/GrupCTV --- #Mobil #Cintamobil #Cintamobilcom #JualBeliMobilBaruBekasTercepat

Posted by Cintamobil.com on Friday, December 6, 2019

>>> Berita otomotif lainnya dapat Anda lihat di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ingin Jadi Pembalap Dengan Biaya "Murah" Honda Indonesia Kasih Solusi Ini...

11/11/2019

Event - Promosi

3 menit

Anda suka balap, namun terbentur biaya? Honda Indonesia kasih solusi jadi pembalap dengan biaya "murah"

Lihat juga

Honda Dream Racing Project: Program Balap Untuk Anak Muda

11/11/2019

Event - Promosi

3 menit

Untuk menarik minat lebih banyak anak muda terhadap olahraga balap, PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerjasama dengan Dealer Honda Sunter memperkenalkan program “Honda Dream Racing Project”. Sebuah program balap untuk anak muda

Lihat juga

T2 Motorsport Siap Asah Potensi Pebalap Indonesia di Asian le Mans Series 2019/2020

09/11/2019

Event - Promosi

2 menit

Usai berlaga di Blancpain GT World Challenge Asia 2019, tim balap T2 Motorsport siap menatap ajang balap Asian Le Mans Series sebagai syarat utama untuk berlaga di 24 Hours of Le Mans

Lihat juga

Tatap Musim Balap 2020, Ferrari Perkenalkan 488 GT3 Evo

29/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Seolah tak ingin kalah dengan Lamborghini yang baru saja meluncurkan mobil balap Urus ST-X, Ferrari memamerkan Ferrari 488 GTE Evo yang akan menjadi andalan pada kategori GT3 musim 2020.

Lihat juga

BMW Indonesia Siap Ramaikan Debut Balap Formula E Jakarta Tahun Depan

23/09/2019

Event - Promosi

3 menit

Menjelang musim balap ABB Formula E Championship 2019/2020, Indonesia didapuk sebagai salah satu tuan rumah dari balap ini dan akan diselenggarakan di Jakarta. Dan BMW sebagai salah satu brand yang berada di dunia balap mobil listrik ini siap memberikan dukungan penuh terhadap suksesnya ajang balap ini di tahun depan.

Lihat juga