Lelucon April Fools’ Day Volkswagen Tuai Kritikan Pedas

01/04/2021

Pasar mobil

2 menit

Lelucon April Fools’ Day Volkswagen Tuai Kritikan Pedas
Keinginan Volkswagen meluncurkan lelucon atau prank dalam April Fools’ Day tahun ini berbalik arah dengan banyaknya kritikan kepada pabrikan mobil tersebut.

Volkswagen menyebutkan bahwa mereka akan mengubah nama brand ikonik ini menjadi Voltswagen di Amerika Serikat sebagai bagian konsentrasi mereka untuk menyasar segmen mobil listrik. Tapi ternyata hal tersebut hanyalah bagian dari tradisi April Fools’ Day 2021 dari Volkswagen tahun ini.

Tipu berbagai media

Nama baru Voltswagen dipersiapkan setelah meluncurkan SUV Volkswagen ID.4 bertenaga listrik di Amerika pada awal bulan Maret lalu. Produsen mobil asal Jerman tersebut bahkan memperbarui nama profil akun Twitter resmi mereka menjadi “Voltswagen”.

Pernyataan tersebut menyebutkan perubahan ini adalah “deklarasi publik mengenai investasi masa depan perusahaan dalam mobilitas kendaraan listrik”. Mereka mengumumkan model listrik akan diproduksi dengan nama Voltswagen, sedangkan kendaraan berbahan bakar internal akan tetap dikenal dengan nama Volkswagen.

nama baru Voltswagen dalam April Fools' Day 2021
Volkswagen mengumumkan hal ini dalam akun Twitter resmi mereka

"Kami mungkin mengganti K kami menjadi T, tetapi yang tidak kami ubah adalah komitmen merek ini untuk membuat kendaraan terbaik di kelasnya bagi pengemudi dan orang dimanapun," kata Scott Keogh, presiden dan CEO Volkswagen of America, dalam pernyataannya hari Selasa.

Penamaan ini langsung ramai di media besar. Tak kurang media luar seperti CNN, NBC News, bahkan The Washington Post, dan berbagai media dalam negeri, memberitakan penamaan ini. Berdampak positif pada lonjakan saham Volkswagen yang melonjak hampir 9% pada Selasa lalu, jauh melampaui perusahaan mobil besar lainnya.

>>> Achtung VW Virtual 2021, Ajang Temu Kangen Para Pencinta Volkswagen

Dapatkan kritikan

Meski Volkswagen telah mengumumkan bahwa penamaan baru ini merupakan bagian dari tradisi April Fools's Day yang sudah berjalan selama ratusan tahun, sebagian besar respons yang didapatkan tak terlalu menyenangkan. Mereka akhirnya mengkonfirmasi untuk mengirimkan pernyataan baru pada hari Rabu (31/03/2021) untuk mengklarifikasi tidak akan mengubah nama mereknya.

>>> 450.000 Unit Mobil Listrik Volkswagen Siap Dikirim ke Konsumen

mobil baru Volkswagen ID.4 berwarna biru
Volkswagen memang baru saja meluncurkan SUV ID.4

Kritikan berhamburan mengingat Volkswagen ‘menyalahi’ aturan lelucon yang seharusnya dilakukan pada tanggal 1 April. Jadi Volkswagen bukan hanya membocorkan jokes beberapa hari lebih awal, tapi juga memutuskan untuk membingungkan khalayak ramai, termasuk media mainstream.

Tahun ini, tradisi yang dikenal dengan nama April Mop di Indonesia memang terbilang sepi. Dimana tak terlihat unggahan lain dari pabrikan otomotif yang bisa ditemukan. Mengingat dunia masih berjuang melawan pandemi COVID-19. Termasuk Google yang menghentikan tradisi prank April Fools’ Day mereka dalam dua tahun berturut-turut sejak tahun lalu.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top