Lebih Nyata! Game Balap Gran Turismo Akan Gunakan Resolusi 8K untuk PS 5

23/02/2020
Ingin meningkatkan pengalaman bermain bagi PlayStation 5, Sony mempersiapkan kemampuan resolusi 8K dan frame rate 240 fps untuk game balap Gran Turismo.

Bukan rahasia lagi bahwa konsol generasi terbaru akan lebih kuat dibandingkan pendahulunya. Salah satunya yang terjadi pada game untuk PlayStation 2 hingga PlayStation 5. Yang terbaru, Sony akan menggunakan game balap Gran Turismo untuk memberikan pengalaman bermain di layar beresolusi 8K.

Dengan perkembangan konsol game yangs emakin cepat, produser game balap Gran Turismo Sport Kazunori Yamauchi mengatakan bahwa dia ingin melihat tim produksi untuk melampaui batas frame rate untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih baik bagi pemain. Termasuk memanfaatkan frame rate yang lebih tinggi untuk resolusi yang lebih baik.

tampilan layar Gran Turismo PS5 dengan tiga mobil 
Gran Turismo nantinya bisa dinikmati dengan resolusi 8K dan 240 fps

>>> Gran Turismo Sport Hadirkan 5 Mobil dan Gameplay Terbaru Dalam Bentuk DLC

"Saya pikir, untuk menampilkan resolusi, resolusi 4K sudah cukup," kata Yamauchi kepada GTPlanet dalam sebuah wawancara minggu ini. "Dalam hal frame per detik, daripada bertahan pada 60 fps, saya lebih tertarik untuk meningkatkannya menjadi 120 fps atau bahkan 240 fps. Saya pikir itulah yang akan mengubah pengalaman dari sekarang ke depan."

Tapi masalah yang akan dihadapi Yamauchi untuk menggunakan 240 fps pada 4K hampir sama dengan penggunaannya pada 8K. Kebanyakan TV beresolusi 4K hanya mampu membaca 120Hz dengan frame rate maksimum. Bahkan kabel HDMI 2.1 terbaru belum mampu mendukung 4K pada 240Hz.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Demi mendapatkan pengalaman menikmati iterasi terbaru Gran Turismo adalah dengan menggunakan monitor gaming yang jauh lebih kecil. Layar 4K yang mampu membaca 240Hz bisa didapatkan menggunakan layar 24 hingga 30 inci. Namun maukah Anda menggunakan layar yang lebih kecil untuk tampilan yang lebih mulus?

balapan Gran Turismo di lintasan balap 
Iterasi terbaru Gran Turismo saat ini sedang dikembangkan untuk PlayStation 5

Baik Microsoft dan Sony telah membicarakan kemampuan resolusi 8K untuk resolusi game terbarunya dengan waktu pemuatan yang lebih cepat serta frame rate yang lebih tinggi. Hanya saja untuk perkembangan game, masih belum banyak perkembangan mendetail yang diberikan.

Perbedaan antara konsol PlayStation 4 dan PlayStation 5 diprediksi tidak akan sebesar lompatan generasi sebelumnya, seperti dari PlayStation One ke PlayStation 2. "Beralih dari PS1 ke PS2 ada seratus kali perbedaan kinerja antara kedua generasi konsol," ungkap Yamauchi. "Kemajuan seperti itu tidak mungkin lagi."

>>> Berita otomotif lainnya bisa Anda lihat di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain