Lebih Mudah, Polda Metro Siapkan Layanan BPKB Online

20/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Setelah sebelumnya menghadirkan layanan SIM online dan tilang elektronik (ETLE), Polda Metro Jaya mempersiapkan BPKB online untuk menyongsong era digital.

Kemunculan SIM online adalah bagian baru dari digitalisasi yang dicanangkan oleh pihak Kepolisian Indonesia. Termasuk beberapa pelayanan di bidang Lalu Lintas yang siap digitalisasi, contohnya tilang elektronik. Tak berhenti sampai di situ yang terbaru, adalah pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang akan dilakukan secara digital.

BPKB Online

Pihak Kepolisian menyebutkan layanan pembuatan BPKB nantinya akan bisa diakses melalui aplikasi secara daring atau online. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Subdit Regiment Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Adjun Komisaris Besar Polisi I Nyoman Yogi Hermanan.

layanan SIM online dari Kepolisian
Seperti SIM, layanan pembuatan BPKB bisa dilakukan secara online

>>> Polisi Segera Terapkan Perpanjang SIM Lewat Aplikasi HP

Layanan BPKB online dicanangkan sebagai upaya Polda Metro Jaya mengadaptasi perkembangan teknologi digital 4.0 dan bagian dai program kerja Kapolri jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, memindahkan layanan pembuatan BPKB dari offline menjadi online merupakan salah satu upaya Kepolisian untuk menghindari pungutan liat atau pungli dan calo yang dianggap meresahkan.

“Sehingga masyarakat tidak perlu hadir, cukup dengan menggunakan aplikasi. Setelah selesai, akan dikirim by delivery system aplikasi Si Ondel,” jelasnya kepada wartawan. “Dengan program ini, tidak ada celah oknum melakukan pungli.

>>> Perpanjangan SIM Lewat Aplikasi Dimulai Bulan Ini

Bagian aplikasi Si Ondel

Sebelumnya, digitalisasi layanan polisi di bidang lalu lintas terlihat dari tilang elektronik ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement hingga perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C melalui aplikasi digital. Peluncuran BPKB online merupakan bagia program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Bukan hanya itu, peluncuran aplikasi Si Ondel nantinya akan menggawangi layanan digital untuk mempermudah kualitas pelayanan pihak kepolisian. Serta menjawab kebutuhan pelayanan di masa pandemi COVID-19, dimana masyarakat disarankan untuk menjaga jawark dan menghindari kerumunan, jelas Argo.

aplikasi Si Ondel yang bisa mengantarkan SIM
Aplikasi Si Ondel yang diluncurkan beberapa waktu lalu

Terakhir, Argo menjelaskan pihak Kepolisian mencanangkan 16 program prioritas mengenai penataan kelembagaan, termasuk aplikasi Si Ondel, untuk meningkatkan SDM Polri di era Police 4.0.

"Peluncuran aplikasi tersebut memberikan alternatif bagi masyarakat yang sudah semakin akrab dengan dunia digital dan sangat menekankan pada kecepatan dan kemudahan mendapatkan pelayanan," ungkap Argo, Sabtu (8/5/2021) lalu.

>>> Dapatkan beragam mobil baru dan bekas lainnya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top