Lebih Kencang dari Formula 1, Kompetisi Mobil Terbang Dirilis Tahun Ini

11/06/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Lebih Kencang dari Formula 1, Kompetisi Mobil Terbang Dirilis Tahun Ini
Alauda sedang mempersiapkan kompetisi mobil terbang yang akan dirilis pada pertengahan tahun 2021 melalui balapan yang diyakini lebih kencang dari Formula 1.

Beberapa perusahaan teknologi dilaporkan sedang mempersiapkan mobil terbang komersial untuk mengangkut penumpang. Sementara menunggu mobil ini dirilis, Alauda sedang mempersiapkan kompetisi baru yang lebih cepat dari balapan Formula 1 setelah meluncurkan Airspeeder Mk3 di Goodwood Speed Week tahun lalu.

Balapan mobil terbang

Dilansir dari Autoevolution, desainnya mengambil inspirasi dari balapan Grand Prix tahun 60-an. Tampilannya senada dengan model F1 dengan bagian depan yang meruncing layaknya jet tempur. Untuk memberikan struktur kuat di bawah kondisi balap yang ekstrem, Alauda sebagai pengembang memberikan rangka dan badan pesawat dari serat karbon.

mobil terbang Airspeeder Mk3 dengan baling-baling
Airspeeder memiliki desain gabungan F1, jet, dan helikopter

>>> Cezeri, Mobil Terbang Turki yang Sukses Uji Coba di Istanbul

Pesawat ini mewakili kombinasi mobil balap Formula 1, jet tempur, dan helikopter. Tapi dengan kompetisi balap udara, tentu saja sistem keselamatannya tak bisa disamakan dengan mobil Formula 1 biasa. Untuk menghadirkan balapan yang aman, Mk3 sudah dilengkapi dengan sistem penghindar tabrakan berbasis LiDar dan Radar.

Selama pengembangan, mobil tanpa awak ini akan dioperasikan oleh operator yang mengendalikannya dari jarak jauh. Setiap Airspeeder akan menggunakan pit stop selama 14 detik. Dengan begitu, Mk3 mendapatkan sistem “geser dan kunci”, sehingga memungkinkan penggantian baterai yang cepat.

>>> 5 Hal yang Bisa Anda Pelajari dari Formula 1 2021 Portuguese GP

Siap meluncur pertengahan 2021

Untuk balapan, Mk3 menggunakan motor listrik berdaya 320 kW. Memiliki performa Audi SQ7 yang mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam 2,8 detik. Meski memiliki berat hanya 130 kg, mobil terbang ini mampu mengangkat beban lebih dari setengah beratnya. Mampu terbang hingga 500 meter, Mk3 menawarkan rasio dorong-terhadap-berat melebihi jet tempur F-15 Strike Eagle.

desain mobil terbang Airspeeder Mk3 yang sedang dikembangkan
Pengembangan dilakukan untuk kompetisi pertengahan tahun ini

Dari berbagai media, Airspeeder sedang mempercepat produksi untuk persiapan balapan. Alauda menjelaskan bahwa mereka sudah mengembangkan 10 kendaraan untuk balapan yang nantinya akan dilangsungkan di tiga benua.

Seri balap Airspeeder diharapkan untuk terselenggara pada paruh kedua tahun ini. Alauda juga sedang merencanakan balapan berawak yang dijadwalkan mulai pada 2022. Formatnya mirip dengan Formula 1, di mana seorang pilot akan duduk di kokpit layaknya pembalap duduk di dalam mobil F1.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top