Lebih Dekat dengan Toyota Vios Generasi Pertama, Si Sedan Rp 50 Jutaan

09/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Lebih Dekat dengan Toyota Vios Generasi Pertama, Si Sedan Rp 50 Jutaan
Mari lebih dekat dengan Toyota Vios generasi pertama, suatu sedan kecil dengan harga Rp 50 jutaan hemat yang punya masa edar tahun 2003 hingga 2006...

Jika dana Anda mentok Rp 50 juta dan nnggak mau beli mobil bekas taksi, maka mobil ini yang sangat kami rekomendasikan. Populasi cukup banyak, spare part berlimpah, serta modelnya masih oke meski usianya sudah menginjak di atas 10 tahun. So, mari lebih dekat dengan Toyota Vios generasi pertama, sebuah sedan kecil dengan harga Rp 40 hingga 50 jutaan yang hemat BBM dan punya masa edar tahun 2003 hingga 2006.

Penerus Hegemoni Toyota Soluna

Munculnya Soluna pada 2000 telah membuka mata semua orang bahwa sedan tidak selamanya mahal. Tak cuma itu, hadirnya Soluna juga memberikan paradigma baru bahwa mobil berharga terjangkau pun dapat hadir dengan kualitas sebaik model-model lebih mahal. Dan pengalaman Soluna pun memberikan bekal bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam memperkenalkan model pengganti yang dinamai VIOS yang punya akronim Very Intelligent Outstanding Sedan.

Gambar Toyota Soluna

Kiprah Vios di 2003 menggantikan Soluna facelift yang pensiun di 2002

Sebelum hadir di Tanah Air, Vios sempat terlebih dulu muncul dalam sosok bernama T-1 Concept di Auto China bulan Juni 2002. Diluncurkan pertama kali di China, Vios akhirnya menginjakkan rodanya di aspal Bumi Pertiwi pada bulan Mei 2003. Sesuai kebijakan regional TMC (Toyota Motor Corporation) saat itu, Vios diproduksi di Toyota Gateway Plant, Gateway City, Thailand. Tak heran sedan tersebut masuk ke Indonesia awalnya berformat CBU (Completely Built Up).

Gambar Toyota Vios generasi pertama tahun 2003-2005

Desain bodi masih enak dilihat bahkan hingga hari ini

Dibandingkan Soluna, desain Toyota Vios bagaikan quantum leap. Bodi membulat dengan siluet menyerupai Corolla Altis, serta pantas disebut sebagai model tercantik di segmen small sedan. Bahkan, lewat penyegaran terjadi tahun 2005 wajah Vios tetap segar terlepas segala daya upaya dilakukan rival-rivalnya. Hadir dengan mesin legendaris 1NZ-FE berdaya 109 dk, Vios merupakan sosok sedan yang cocok diajak mengarungi lintasan perkotaan yang padat.

Gambar mesin Toyota Vios generasi pertama

Teknologi VVT-i pertama kali masuk Indonesia melalui Toyota Vios

Selain dimensi kompak, konsumsi bbm-nya juga sangat efisien. Dipadu performa hebat, menjadikan tagline Fuelsaver, Speedmaker bukan sekadar pepesan kosong. Bahkan, hasil uji sejumlah media saat itu menunjukkan Vios unggul uji konsumsi bbm jika dibandingkan kompetitornya yang selalu mengklaim irit. Cintamobil.com pun sudah mencoba sendiri, dengan kondisi mesin sehat dan kampas kopling baik untuk mencapai angka 13 kilometer per liter di dalam kota, Toyota Vios generasi pertama ini dengan mudah menggapainya.

Gambar Toyota Vios XP40

Vios menjadi sedan canggih pertama yang dijual PT TAM

Pergeseran tren juga membuat fitur-fiturnya, terutama di sektor safety, jauh lebih lengkap dibandingkan Soluna. Mulai dari sistem pengereman dengan cakram depan dan belakang dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist) pun tak ketinggalan untuk tipe G. Sementara untuk trim E rem belakangnya masih teromol saja serta tak menggunakan ABS, EBD dan BA. 

Gambar Toyota Yaris TTI

Sebelum pakai Yaris  TTI lebih dulu mengandalkan Vios untuk comeback ke dunia balap

Tahun 2004 PT TAM sempat merilis Toyota Vios Tom’s Limited Edition. Penampilannya sangat sporty dan dinamis jika diperhatikan dari luar. Itu karena adanya aplikasi body kit Tom’s di luar dan aksesoris bernuansa balap buatan rumah modfikasi dari Jepang tersebut di luar dan dalam kabin. Edisi terbatas ini terdapat pada model manual dan otomatis.Lantaran krisis ekonomi, Toyota sempat undur diri dari dunia balap Nasional. Di tahun 2004, Toyota Team Indonesia (TTI) melakukan comeback dengan mengandalkan Toyota Vios generasi pertama ini. Keikutsertaannya langsung menuai hasil juara nasional tim di grup N (ISP).

>>> Simak juga sejarah lengkap Toyota Fortuner di sini

Facelift Di 2006

Toyota menyegarkan Vios di tahun 2006 demi menahan gempuran Honda City. Headlamp, bumper depan, grille, velg, serta stoplamp jadi menu ubahan utama pada Toyota Vios generasi pertama facelift ini. Tak sampai disitu, interiornya menggunakan corak wood panel serta head unitnya diganti Toyota dari kelir silver ke warna hitam serta kemampuannya ditingkatkan dan lebih lengkap seperti mobil Toyota kelas di atasnya.

Gambar Toyota Vios 2006

Vios generasi pertama mengalami penyegaran di tahun 2006

Toyota Vios kini menjadi pilihan menarik sebab harganya sudah bertengger di angka Rp 40 hingga Rp 50 jutaan, bahkan untuk kondisi istimewa Toyota Vios generasi yang pertama ini bisa dibanderol hingga melewati angka Rp 60 juta. Untuk Anda keluarga muda yang baru menikah, atau baru memiliki satu anak, ingin mobil yang nyaman, irit, reliable, dan menghindari kredit mobil, maka mobil ini yang kami rekomendasikan untuk Anda.

>>> Mau beli mobil Toyota Vios bekas? Coba cari di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top