Lebih Dari 1 Juta Unit Mobil LCGC Bertebaran Di Indonesia Sejak 2013, Ini Yang Paling Laris

03/10/2018

Pasar mobil
Dari tujuh mobil LCGC atau mobil murah yang dijual di Indonesia, satu diantaranya menjadi juara dengan mencatatkan penjualan paling tinggi sejak kali pertama diluncurkan tahun 2013. Siapa mobil LCGC paling laris ini dan berapa penjualan yang berhasil ditorehkan?

Foto lalu lintas jalan tol

Kehadiran mobil LCGC meningkatkan industri otomotif dalam negeri

Terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau telah melahirkan satu segmen kendaraan roda empat di Indonesia, yaitu segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau yang populer dengan sebutan mobil murah. Sesuai dengan namanya, segmen ini diisi oleh mobil-mobil ramah lingkungan dan dijual dengan harga terjangkau.

Antusiasme tinggi ditunjukkan masyarakat pasca aturan baru dari Menperin ini.  Lima tahun berlalu lebih dari 1 juta unit mobil LCGC terjual dan mengaspal di berbagai wilayah di Indonesia. Harga yang murah dan konsumsi bahan bakar yang terkenal sangat irit membuat mobil-mobil LCGC sangat digemari. Pemerintah memang mengatur mobil-mobil LCGC tidak boleh lebih dari 1.200 cc dan konsumsi BBM minimal harus 20 km/liter. BBM-nya pun harus yang beroktan 92 atau minimal Pertamax demi menghasilkan dampak polusi yang lebih rendah.

Di awal kelahirannya tahun 2013 segmen LCGC hanya diisi empat model dari tiga merek, yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya dan Suzuki Wagon R. Setahun berselang Datsun hadir dengan GO dan GO+ Panca. Lalu tahun 2016, dua mobil LCGC lahir dengan kapasitas 7 penumpang yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Hingga sekarang 7 mobil LCGC itulah yang mengisi jalanan Indonesia. Merek lain seperti Mitsubishi, Nissan dan yang lain belum kepikiran untuk bermain di mobil kelas bawah tersebut.

Foto seorang model bersama Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, dua mobil LCGC dengan kapasitas 7 penumpang

Siapa mobil LCGC paling laris?

Data wholesales yang dihimpun Cintamobil.com dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mendapati Toyota Agya sebagai model paling laris dan digemari masyarakat Indonesia sejak kali pertama diluncurkan tahun 2013. Disusul oleh Daihatsu Ayla ditempat kedua dengan selisih yang cukup jauh dan Honda Brio Satya di tempat ketiga. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merangsek ke peringkat empat dan lima. Meski baru dua tahun mengaspal, dua mobil kembar ini langsung dicintai konsumen. Dua merek terakhir menempati peringkat enam dan tujuh yaitu Datsun GO dan GO+ Panca serta Suzuki Wagon R.

Seorang model berpose bersama Toyota Agya

Toyota Agya, mobil LCGC paling laris di Indonesia

Berikut data penjualan wholesales mobil LCGC di Indonesia dari 2013 hingga Agustus 2018:

Toyota Agya 239.977 unit
Daihatsu Ayla 179.769 unit
Honda Brio Satya 174.137 unit
Toyota Calya 164.257 unit
Daihatsu Sigra 109.268 unit
Datsun GO dan GO+ 92.457 unit
Suzuki Wagon R 51.828 unit
TOTAL 1.011.693 unit

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top