Lebih Banyak Sales Promotion Girl Di Dealer Mobil Ketimbang Salesman, Ternyata Ini Alasannya!

06/05/2019

Pasar mobil
Share this post:
Lebih Banyak Sales Promotion Girl Di Dealer Mobil Ketimbang Salesman, Ternyata Ini Alasannya!
Tidak ada aturan baku tenaga penjual mobil atau si sales harus laki-laki atau perempuan. Namun faktanya, Sales Promotion Girl lebih banyak dan dominan dibanding dengan salesman.

Membeli mobil pastilah harus melalui sebuah proses dan pertimbangan yang matang karena harga sebuah mobil bukan termasuk harga yang murah. Tidak hanya soal biaya yang membuat orang frustasi, mencari mobil yang tepat bisa dikategorikan sebagai hal yang membingungkan. Apalagi disuguhkan dengan banyak sales yang menawarkan banyak produk. Sebenarnya konsumen seringkali tidak peduli siapa yang jadi sales karena keinginan membeli mobil lebih dulu datang sebelum dia bertemu si sales.

Foto Sales diler mobil bekas sedang memberi penjelasan tentang produk kepada calon konsumen

Sudah tugas si sales untuk meyakinkan calon konsumen

Begitu pula dari sisi sales tidak ada ketentuan baku si sales harus laki-laki atau perempuan, yang penting mereka bisa meyakinkan kepada konsumen kalau produk yang mereka tawarkan mempunyai kualitas bagus. Hanya saja pada kenyataannya lebih banyak Sales Promotion Girl atau tenaga penjual wanita di dealer mobil daripada salesman. Nah, simak ulasannya berikut ini.

Alasan Kenapa Lebih Banyak Sales Promotion Girl Di Dealer Mobil

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya kenapa lebih banyak Sales Promotion Girl di dealer mobil? Banyak yang bilang karena mobil adalah dunianya para kaum adam. Jadi seorang sales girl ibarat pemanis yang biasanya ditambahkan untuk menarik atau memikat para konsumennya.

Sebenarnya ada banyak penggolongan yang diberlakukan secara tidak resmi dalam dunia anak jaga. Bahkan ada banyak sebutan, seperti Sales Promotion Girl atau yang lebih dikenal dengan istilah SPG, female presenter atau , umbrella girl dan masih banyak sebutan lainnya yang biasanya digunakan untuk menawarkan sebuah produk kepada para konsumennya.

>>> Bukan Mitsubishi dan Toyota, Inilah Penjual Mobil Terbanyak Di Dunia

Pembagian Kelas SPG Dari A, B Dan C

Sales juga mempunyai tingkatan pembagian contohnya saja kelas C yang bisa dibilang kelas sederhana. Biasanya mereka bertugas untuk menjaga pada sebuah ajang promosi dalam supermarket atau kelas promosi menengah. Sedangkan kelas B, biasanya digunakan dalam ajang perhelatan motor show, biasanya seorang sales dalam tingkatan ini bertugas pada gerai suku cadang atau sebuah stan kecil.

Sedangkan dalam tingkatan kelas A atau bisa disebut dengan usher atau female presenter ini  mempunyai dua tingkatan yaitu kelas rendah yang hanya bertugas pada sebuah booth pada pabrik mobil besar. Sedangkan tingkatan atas biasanya mereka bertugas untuk menawarkan produk kepada konsumen secara langsung.

>>> Baca juga berita pasar mobil terbaru dan terlengkap lainnya disini

Foto Usher Suzuki sedang memberi penjelasan tentang produk kepada pengunjung pameran

Tidak hanya menarik, usher juga dituntut memiliki pengetahuan mumpuni soal produk

Selain itu inilah alasan yang sebenarnya kenapa lebih banyak usher di dealer mobil? Karena seorang usher bisa mendapatkan gaji yang cukup besar. Misalnya pada sebuah acara Indonesia International Motor Show yang hanya membutuhkan waktu 10 hari, jadi seorang usher dealer mobil bisa mengantongi uang sampai puluhan juta rupiah, namun kembali lagi tergantung pada shiftnya.

Selain mendapatkan bonus yang cukup besar, para usher ini juga mempunyai kesempatan untuk melakukan interaksi dengan banyak orang, hal ini menjadikan mereka bisa membuka pintu baru untuk menambah jaringan koneksi atau networking. Bakan menjadi seorang usher juga bisa menjadi batu loncatan supaya bisa memasuki ranah hiburan. Seperti mendapatkan job menjadi bintang iklan dan masih banyak keuntungan  yang didapatkan dengan menjadi seorang usher dealer mobil.

>>> Hati-Hati Dengan Uang Tanda Jadi Saat Beli Mobil

Tips Menjadi Seorang Sales Promotion Girl atau Salesman

1. Jeli Dalam Melihat Prospek

Jika Anda sudah menemukan sebuah prospek yang bagus sebagai sales, anda juga memerlukan banyak belajar untuk mengidentifikasi sebuah prospek. Hal ini penting untuk anda miliki supaya bisa bersaing dengan kompetitif.

2. Pandai Membangun Hubungan

Dalam dunia sales, sebuah komunikasi sangat penting, namun bukan cara untuk mengenalkan sebuah produk atau melakukan presentasi dalam penjualan. Langkah terpenting ini digunakan untuk membangun koneksi, jadi membangun hubungan yang baik sangat dibutuhkan. Misalnya anda bisa menunjukan rasa kepedulian anda, memahami dan mengetahui permasalahan mereka dan mengungkapkan jika anda hanya ingin membantu dalam memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi.

>>> Cintamobil.com Telah Sukses Membantu Penjual dan Pembeli Mobil di Indonesia

Foto User Suzuki berpose di balik kemudi mobil

Tak dipungkiri kehadiran Usher memang jadi daya tarik untuk sebuah produk yang dipamerkan

3. Hindari Melakukan Kesalahan Bagi Sales Pemula

Sebenarnya banyak orang yang memiliki basic skill untuk menjadi seorang sales baik Sales Promotion Girl maupun salesman. Sayangnya mereka gagal dalam perjalanannya. Hal ini terjadi hanya karena kesalahan dalam sebuah prosesnya. Jadi anda harus mencermati semua sales yang sudah lama bekerja dalam perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan agar anda tidak melakukan kesalahan.

4. Memahami produk

Ini adalah bagian penting dan tak boleh diabaikan, sebagai tenaga penjual mobil pengetahuan tentang produk mobil yang dijajakan harus benar-benar dikuasai. Tidak lucu kan saat ada calon konsumen datang si sales hanya menyambutnya dengan senyum manis, sementara saat dimintai penjelasan dia alihkan kepada temannya atau orang lain. Untuk hal yang satu ini yang terpenting adalah belajar, membaca, memahami tentang seluk beluk produk baik melalui brosur, buku manual maupun kepada para senior di perusahaan.

>>> Baca juga berita otomotif dari seluruh dunia hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tiga Bulan Diluncurkan, Kebijakan DP 0 Persen Belum Mengangkat Penjualan Mobil

03/05/2019

Pasar mobil

Kebijakan DP 0 persen yang disahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhir Desember 2018 dianggap belum memberi dampak signifikan pada meningkatnya penjualan mobil di tanah air.

Lihat juga

Satu Bulan Diluncurkan, Penjualan All New Ertiga Suzuki Sport Melebihi Target

27/04/2019

Pasar mobil

Diluncurkan pada 22 Maret 2019, penjualan All New Ertiga Suzuki Sport mencapai angka yang menggembirakan. Ditargetkan sebanyak 500 unit, SPK yang masuk telah mencapai 582 unit.

Lihat juga

[IIMS 2019] Honda Sambut Lebaran dengan New Honda BR-V serta Program Penjualan Terbaru

25/04/2019

Event - Promosi

3 menit

Bersamaan dengan wajah baru New Honda BR-V, Honda juga meluncurkan program terbaru mereka yang disebut dengan “Semarak Mudik Bersama Honda” pada gelaran Telkomsel IIMS 2019

Lihat juga

Terjual 35.580 unit Dalam Tiga Bulan, Ini Yang Mendominasi Penjualan Mitsubishi Motors Selain Xpander

19/04/2019

Pasar mobil

Mitsubishi Xpander masih mendominasi penjualan Mitsubishi Motors dengan torehan yang sangat membanggakan. Dalam tiga bulan pertama, sebanyak 19.355 unit mobil terkirim ke diler di berbagai wilayah Indonesia.

Lihat juga

Keren, Penjualan All Nissan Livina Satu Bulan Samai Penjualan Grand Livina Setahun

13/04/2019

Mobil baru

Belum genap dua bulan mengaspal di Indonesia, All New Nissan Livina telah membuat Nissan Motor Indonesia (NMI) bahagia. Penjualan di bulan pertamanya telah mampu menyamai penjualan Nissan model lama sepanjang tahun 2018.

Lihat juga
 
back to top