Lazada Indonesia Bantu Kembangkan Pengusaha Otomotif Lokal

20/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Melalui kanal Pojok Otomotif di marketplace Lazada Indonesia, mereka pun berkomitmen penuh untuk turut serta mengembangkan pengusaha otomotif lokal...

Lazada Indonesia melihat industri otomotif merupakan salah satu sektor yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan berbagai data, penjualan mobil tahun 2021 tercatat tumbuh 10,54% dibandingkan tahun lalu, sedangkan penjualan motor tercatat mengalami kenaikan sebesar 68%, meskipun sempat mengalami penurunan sebelumnya.

Indikator tersebut menunjukkan industri otomotif selama tahun 2021 industri otomotif sudah mulai bangkit, tentunya  memberikan peluang besar bagi para seller dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang fokus  menjual produk-produk otomotif.

>>> Gandeng Lazada, BMW Indonesia Hadirkan Penjualan Mobil Mewah Secara Online

Melihat peluang tersebut, Lazada Indonesia memperkenalkan Pojok Otomotif, yaitu kanal khusus otomotif di Lazada Indonesia yang dikembangkan dengan menggandeng seller dan UMKM lokal, untuk memberikan produk dan servis berkualitas baik untuk mobil maupun motor dengan harga terjangkau bagi konsumen.

Lazada Indonesia Berkomitmen Gandeng UMKM

“Seiring dengan meningkatnya penjualan motor dan mobil di Indonesia, Lazada melihat adanya pertumbuhan pesat di kategori otomotif Lazada, baik dari sisi penjualan yang meningkat hingga 3x lipat, dan juga dari sisi traffic  yang meningkat hingga 2x lipat selama 1 tahun terakhir. Pojok Otomotif adalah kanal terbaru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk otomotif lokal berkualitas global dan harga terjangkau, dengan menggandeng seller otomotif lokal," ujar Ferry Kusnowo selaku Chief Customer Officer dan Head of GM Category, Lazada Indonesia di ajang NGOVSAN (NGOBROL VIRTUAL SANTAI) yang digawangi Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Ferry Kusnowo, Lazada Indonesia

Ferry Kusnowo Chief Customer Officer dan Head of GM Category, Lazada Indonesia

Pria berkacamata ini juga melanjutkan, "Kami melihat di Indonesia banyak seller produk-produk otomotif yang potensial, sehingga, kami merangkul para seller hingga ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tujuannya tentu agar konsumen produk otomotif, bisa dengan mudah menjangkau mereka serta bagi para seller dapat memperluas jangkauan pasarnya. Hal ini juga sejalan dengan komitmen kami di Lazada yang selalu mendukung seller lokal, mengembangkan industri otomotif Indonesia, hingga pada akhirnya berkontribusi dalam menstimulasi perekonomian nasional,” papar Ferry Kuswono.

>>> Ternyata Banyak Perbedaan Suzuki Carry Pickup Export vs Lokal

Melalui Pojok Otomotif, Lazada secara aktif melakukan berbagai kolaborasi untuk memudahkan seller pelaku UMKM otomotif, salah satunya berkolaborasi dengan berbagai dealer untuk memudahkan seller dan pelaku UMKM otomotif mendapatkan spare parts dengan harga yang lebih terjangkau, tanpa harus membeli secara grosir. Lazada juga menggandeng bengkel lokal untuk menjual servisnya di Pojok Otomotif.

Gandeng Bengkel Dan Pengusaha Otomotif

“Selain melakukan kolaborasi yang bermanfaat , khususnya bagi pengusaha kecil dan konsumen, kami juga berinisiatif menggandeng bengkel-bengkel, untukmemasarkan servis mereka secara online lewat Pojok Otomotif di Lazada. Hal ini membantu bengkel menjangkau konsumen yang lebih luas, dan membuka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru," tambah Ricky Sanjaya, Manager, Key Account Management Automotive Category, Lazada Indonesia di kesempatan yang sama.

Ricky Sanjaya, Lazada Indonesia

Ricky Sanjaya, Manager, Key Account Management Automotive Category, Lazada Indonesia

"Konsumen pun dapat lebih mudah memilih servis yang mereka inginkan, dan menyelesaikan transaksi dengan nyaman di aplikasi, sebelum membawa kendaraan mereka ke bengkel pilihan. Hingga saat ini ada lebih dari 700 - 800 bengkel yang menawarkan servis mereka di Lazada, dan rata-rata telah merasakan peningkatan pengunjung hingga 2 kali lipat,” lanjut Ricky Sanjaya dikutip Cintamobil.com.

>>> Dealer Mobil Bekas CARRO Gaet Marketplace Lagi

Untuk merangkul lebih banyak konsumen, Pojok Otomotif kerap menghadirkan beragam kampanye promo mingguan untuk konsumen, seperti Bursa Suku Cadang Otomotif, Pameran Otomotif Online, Pojok Otomotif serta Pejantan Tangguh. Saat ini, sampai akhir tahun 2021, Lazada berkolaborasi dengan Yamaha Indonesia dalam program Give Away Pojok Otomotif, yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan satu unit motor Yamaha setiap bulan. Untuk syarat dan ketentuan, cek di Instagram @Lazada_id dan kunjungi Pojok Otomotif di platform Lazada.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top