Last Car Running: Pengujian Spesial Cintamobil x GridOto

08/04/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Cintamobil dan GridOto bekerja sama dalam menguji empat mobil berteknologi hybrid dan konvensional. Mobil manakah yang akan memenangkan pertandingan Last Car Running?

Akhir-akhir ini banyak pabrikan mobil merilis mobil hybrid di pasar Indonesia. Sebut saja Toyota, Honda, Nissan, Hyundai, hingga pabrikan Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW. Dibandingkan dengan mobil konvensional, teknologi mobil hybrid diklaim memiliki banyak kelebihan. Mulai dari mobil lebih ramah lingkungan, berkendara yang lebih halus dan senyap, hingga irit BBM.

Efisiensi dan ekonomis memang menjadi tujuan dirilisnya mobil hybrid. Bahkan, selisih perbedaan konsumsi BBM mobil hybrid bisa mencapai 100-150% dibandingkan dengan mobil konvensional.

Last car running

Empat mobil akan diuji di Last Car Running

Untuk menjawab rasa penasaran, Cintamobil dan GridOto bekerja sama mencari tahu jawabannya. Lebih irit mana, mobil canggih berteknologi hybrid atau mobil konvensional melalui segmen Last Car Running yang hadir di channel YouTube Cintamobil TV dan GridOto.

Anda bisa menyaksikan Part 1 di YouTube GridOto pada Sabtu 10 April 2021 pukul 19.00 WIB dan Part 2 di YouTube Cintamobil TV pada Minggu 11 April 2021 pukul 19.00 WIB.

Tonton dulu Last Car Running Trailer Season 1 | Pengujian Spesial Cintamobil x Gridoto

>>> Hyundai Bangun Stasiun Pengisian Daya Baterai Secepat Pit Stop F1

Untuk membuktikan mobil manakah yang paling irit dan mampu melaju paling akhir, tim Cintamobil dan GridOto menguji empat mobil spesial yang berbeda bentuk, tipe, dan harga, yakni Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks e-Power, Honda Brio Satya, dan Suzuki Ignis.
Sebelum nonton Last Car Running, yuk ketahui dulu spesifikasi masing-masing mobil. Simak selengkapnya!

Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid

Mobil Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi mobil line up berteknologi hybrid paling murah yang ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Mobil ini menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan total tenaga mesin 122 PS yang terdiri dari 98 PS engine output + 24 PS electric motor, dengan torsi 305 Nm. Mesin ini juga menggunakan siklus kerja Atkinson Cycle yang lebih efisien dan Otto Cycle.

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power

Mobil hybrid Nissan Kicks e-Power menawarkan berbagai kelebihan dari teknologi mesin, efisiensi bahan bakar, fitur keselamatan, hingga harga yang cukup menggiurkan. Mobil ini menggunakan teknologi e-POWER, tak hanya digerakkan dengan motor listriknya tapi juga tetap dibekali mesin bakar konvensional yang berfungsi untuk mengisi daya baterai berkapasitas 1.57 kWh. Memiliki tenaga 129 PS atau setara 126 hop dengan torsi 290 Nm.

Honda Brio Satya

Honda Brio Satya

Honda Brio Satya

Jika berbicara tentang LCGC (Low Cost Green Car) mungkin Honda Brio Satya bisa langsung muncul di benak Anda. Meskipun masuk dalam mobil kelas LCGC, mobil ini memiliki banyak fitur, performa mumpuni di kelasnya, hingga desain mobil terus berubah. Jantung pacu Honda Brio Satya dilengkapi dengan mesin 1.2 liter 4-silinder i-VTEC yang teruji efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive khas mobil Honda. Memiliki tenaga 90 PS di putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm di putaran mesin 4.800 rpm. 

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis

PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan Suzuki Ignis pada pertengahan 2020 kemarin. Mobil ini memiliki kelebihan mesin bertenaga dan irit BBM, pengendalian lincah, dan fitur lengkap. Di tahun 2020, Suzuki Ignis merilis dua tipe, yakni GL dan GX yang secara umum keduanya hanya dibedakan melalui aksesorisnya saja.

Namun, untuk mesin masih menggunakan mesin yang sama sebelum facelift, yakni unit 4-silinder berkapasitas 1.200 cc dengan kode K12M. Mesin memiliki tenaga 83 Ps atau sekitar 85 Hp dengan torsi 113 Nm. Tenaga dan torsi disalurkan ke dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan atau Auto Gear Shift (AGS).

Nah, di antara empat mobil tersebut mobil manakah yang akan memenangkan ajang uji Last Car Running? Jangan sampai ketinggalan, ya!

>>> Baca review mobil lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top