Laris Manis, Tesla Kuasai 80% Pasar Mobil Listrik di Korea

23/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Laris Manis, Tesla Kuasai 80% Pasar Mobil Listrik di Korea
Tesla tidak hanya laris manis di negara asalnya, tapi juga di berbagai negara. Salah satunya Tesla nyaris menguasai pasar mobil listrik di Korea Selatan.

Tren mobil listrik merambah semakin mewarnai pasar otomotif dunia. Berbagai produsen mulai mengembangkan mobil listriknya sendiri. Beberapa masih rencana dan prototype, namun tak sedikit yang sudah memproduksi dan memasarkan secara global. Salah satunya Tesla. Merek mobil listrik asal Amerika Serikat ini sudah merambah berbagai negara, dari Eropa hingga Asia.

Kuasai Pasar Korea

Diberitakan Insideevs, (22/10/2020) media-media otomotif Korea Selatan melaporkan penjualan mobil Tesla di negaranya benar-benar mendominasi. Terhitung sejak Januari hingga September 2020 jumlah mobil listrik Tesla yang terjual sebanyak 10.518 unit. Tesla menguasai 79,6 persen dari seluruh penjualan mobil listrik di Korea Selatan yang jumlahnya 13.214 unit. Sisanya yang 2.696 unit dibagi untuk pabrikan lain.

Kantor Berita Yonhap melaporkan pada bulan September saja penjualan Tesla mencapai 2.056 unit, atau 91 persen dari total pasar mobil listrik di bulan itu.

>>> Mari Mengenal Apa Itu Mobil Tesla

Foto menunjukkan Lalu lintas di Kota Seoul Korea Selatan

Lalu lintas di Seoul Korea Selatan, salah satu yang terpadat di dunia

Tesla Model 3 Terlaris

Tesla memang populer. Tahun ini sudah menjual sebanyak 139.593 unit mobil listrik. Dan Model 3 menjadi yang terlaris dibanding model lain. Gabungan Model 3 dan Model Y telah terjual 124.318 unit.

Di Korea Selatan Tesla Model 3 diluncurkan pada Agustus 2019. Sejak saat itu Tesla telah menjadi pemain utama di segmen ini. Hingga saat ini ekspansi terus dilakukan, salah satunya dengan mengoperasikan banyak stasiun pengisian daya, yaitu 32 Supercharger dan sekitar 450 titik pengisian daya umum. Soal ketersediaan produk tak dicemaskan. Giga Factory 3 di Shanghai telah dioperasikan untuk produksi secara massal dengan kapasitas 250 ribu unit.

Tentu, kehadiran Tesla Model 3 menjadi tantangan tersendiri bagi penguasa lokal, Hyundai dan KIA. Apakah mereka mampu menahan mengejar laju Tesla, atau setidaknya menahannya agar tidak terlalu jauh di depan.

Hyundai punya banyak model mobil ramah lingkungan, yaitu IONIQ Hybrid, IONIQ Electric, SONATA Hybrid, GRANDEUR Hybrid, KONA Hybrid, KONA Electric, dan NEXO berbahan bakar hidrogen.

Sedangkan KIA punya Niro Plug-in Hybrid, Niro EV, Soul EV, Sorento Hybrid, K5 hybrid, K7 hybrid, dan Bongo EV.

>>> Tesla Model 3 Dinobatkan sebagai Mobil Listrik Paling Populer di Dunia

Foto Tesla Model 3 warna merah

Tesla Model 3 kuasai pasar mobil listrik di Korea, kalahkan yang lain

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top