Larangan Parkir Bagi Warga Depok yang Punya Mobil Tak Punya Garasi Baru Berlaku 2022

15/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Larangan Parkir Bagi Warga Depok yang Punya Mobil Tak Punya Garasi Baru Berlaku 2022
DPRD Kota Depok memang sudah menegsahkan Perda tentang larangan parkir di bahu jalan bagi warga yang punya mobil tak punya garasi. Tapiperaturan ini baru akan diimplementasikan pada Januari 2020.

Sebelumnya sempat tersiar kabar akan adanya peraturan tentang larangan parkir di bahu jalan di kawasan Kota Depok, Jawa Barat. Peraturan ini pun sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan.

>>> Warga Depok, Kalau Punya Mobil Tak Punya Garasi Bakal Didenda Rp20 Juta

Kabar lainnya menyebut kalau pelanggar dari Peraturan Daerah (Perda) itu akan dikenai denda maksimal Rp20 juta. Bahkan pihak DPRD Kota Depok sudah mengesahkan peraturan baru ini.

Baru Efektif Januari 2022

parkir mobil di bahu jalan

Perda tentang larangan parkir di bahu jalan ini baru efektif Januari 2022

Namun Dadang Wihana, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok mengatakan, aturan tersebut baru akan efektif diterapkan 2 tahun mendatang setelah resmi disahkan oleh pihak DPRD. "Sudah disahkan pada sidang paripurna DPRD Kota Depok pada 8 Januari 2020 lalu, tapi baru akan diimplementasikan 2 tahun mendatang," katanya.

>>> Promo mobil baru terbaik di awal tahun 2020 semuanya ada disini

Selama jeda waktu dua tahun itu kata Danang, banyak yang harus dilakukan oleh pihak DPRD Kota Depok. "Tahun pertama untuk menyusun regulasi pedoman teknis dan mekanisme pengaturan. Tahun kedua untuk sosialisasi, fasilitasi, asistensi, dan edukasi untuk seluruh warga Kota Depok," jelas dia.

Pelanggar Denda Rp2 Juta

mobil menutupi bahu jalan

Mekanisme lebih detilnya akan diatur dalam peraturan Walikota Depok

Lebih lanjut Danang juga menjelaskan lebih rinci mengenai Perda yang merupakan revisi dari Perda LLAJ Nomor 2 Tahun 2012 tersebut. Misalnya pada Pasal 34A yang mengatur tentang garasi. Poin Pertama berisi, setiap orang atau badan usaha yang memiliki kendaraan bermotor, wajib memiliki atau menguasai garasi.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap dan termurah ada disini

Kemudian pada Poin Kedua, sebut Danang, berisi tentang kepemilikan garasi yang bisa berupa milik sendiri, sewa, atau milik bersama. "Kemudian di Poin Ketiga ada aturan lanjut tentang penguasaan atau kepemilikan garasi," kata Danang.

Masih pada Pasal yang sama, kata Danang disitu juga disebutkan tentang sanksi bagi para pelanggar warga Depok melanggar dengan memarkir mobilnya di bahu jalan. Antara lain ada sanksi peringatan tertulis, sanksi administratif, sampai sanksi denda maksimal Rp2 juta. "Nantinya peraturan lebih lanjut akan dirumuskan dalam Peraturan Walikota Depok," tukas dia.

>>> Berita otomotif terbaru lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Berapa Sih Idealnya Ukuran Garasi Mobil di Rumah?

16/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Saat memiliki mobil, maka Anda juga wajib memiliki garasi. Tapi terkadang Anda bingung menentukan seberapa luas ukuran garasi mobil di rumah yang ideal agar mobil tersimpan dengan aman dan nyaman.

Lihat juga

Penelitian ini Jelaskan Tips Mencari Tempat Parkir Berdasarkan Perhitungan Matematika

25/09/2019

Pengemudian

4 menit

Matematika bisa digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Yang terbaru, para peneliti menghitung waktu dan keadaan paling ideal dalam mencari tempat parkir berdasarkan perhitungan matematika.

Lihat juga

Tak Jelas Pelakunya, Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mobil yang Diparkir Tertabrak?

27/04/2019

Pengemudian

Ketika kembali ke parkiran, pasti mengesalkan ketika mobil yang diparkir tertabrak. Lalu, apa yang harus Anda lakukan ketika mobil Anda tiba-tiba saja tergores atau mendapatkan tanda-tanda tertabrak?

Lihat juga

Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp 2 Juta...

16/09/2019

Editor rate:

Setelah 3 tahun masa peredaran di bumi Indonesia, akhirnya Toyota Calya mendapatkan penyegaran yang cukup banyak. Inilah review kami mengenai mobil Toyota New Calya 1.2 tipe G yang pada hari ini (16/9) PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Calya versi penyegaran ini ke pasar mobil tanah air.

Lihat juga

Toyota Kijang Innova 2020: Harga mobil Kijang Innova & Promo Oktober

01/10/2020

Toyota

Gelar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) primadona keluarga Indonesia, tentu akan selalu merujuk kepada Toyota Kijang Innova. Bahkan produk legendaris besutan Toyota ini, sering kali disebut “Mobil sejuta umat”. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena nama Toyota Kijang sendiri sudah menemani masyarakat Indonesia hampir 40 tahun. Apa saja fitur unggulan pada versi terbarunya kini? Berapa harga Toyota Kijang Innova terbaru 2020?

Lihat juga