461.206 Kendaraan Diputar Balik Selama Ada Larangan Mudik 2021

18/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pada larangan mudik lebaran 2021 petugas kepolisian berhasil memutar balik sebanyak 461.206 kendaraan kembali ke kota asalnya.

Selama larangan mudik lebaran diberlakukan sejak tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 ratusan ribu pemudik berhasil diputar balikan oleh petugas. Tidak main-main tercatat sebanyak 461.206 kendaraan harus mengurungkan niatnya untuk kembali ke kampung halaman pada mudik lebaran tahun ini.

>>> 12 Hari Operasi Ketupat, Polisi Tindak 835 Travel Gelap

Gambar menunjukan Polisi

Penyekatan arus balik akan terus dilakukan hingga 24 Mei 2021

Terjadi Penurunan Jumlah Kendaraan

Korlantas Polri, Irjen Pol Istiono di pos penyekatan Tol Jakarta Cikampek KM 46 seperti dikutip dari laman NTMC Polri (5/18) mengatakan di hari terakhir larangan mudik yakni, Senin (17/5), terjadi penurunan jumlah kendaraan. Penurunan itu sebanyak 25%.

“Selama operasi yang diputarbalikkan 461.206 kendaraan dan Travel gelap yang ditindak 83. Kondisi saat ini volume arus yang masuk Jakarta masih mengalami penurunan 25% dari volume normal. Tapi bila dibanding dengan volume arus kemarin hari ini lebih banyak, hari ini 23 ribu, kemarin 21 ribu. Secara bertahap mungkin arus yang dari Jawa menuju Jakarta setiap hari akan meningkat.” ungkapnya.

Diketahui, larangan mudik lebaran berakhir pada Senin (17/5) kemarin. Meski demikian, polisi masih melakukan penyekatan arus balik hingga 24 Mei. Sebelumnya, polisi juga melakukan tes antigen secara random kepada pemudik selama periode larangan mudik 6-17 Mei. 

>>> Sudah Tahu Arti Marka Jalan Yellow Box Junction?

Gambar menunjukan Tes Covid-19 di jalan

Ratusan pemudik terindeksi terinfeksi Covid-19

114 Pemudik Reaktif Covid-19 saat Tes di Pos Penyekatan

Dilaporkan juga dari jumlah sampel acak sebanyak 32 ribu orang yang menjalani tes antigen pada sejumlah Pos Penyekatan pemudik sebanyak 114 orang reaktif Covid-19. Random test ini digalakan di seluruh Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19 para pemudik. Istiono mengatakan dari 32 ribu orang yang menjalani tes antigen itu, 114 di antaranya reaktif.

“Yang reaktif 114 orang,” tandasnya.

Kakorlantas juga menyampaikan jumlah kendaraan yang memasuki wilayah Jabodetabek usai libur lebaran masih terpantau normal dengan jumlah sekitar 21.000 unit. Kakorlantas memperkirakan puncak arus balik lebaran 2021 akan terjadi pada akhir pekan depan dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, serta Pulau Sumatera menuju Jabodetabek.

Bagi kendaraan yang melintas akan diperiksa jika tidak memenuhi persyaratan yang berlaku, seperti membawa surat bukti bebas Covid-19. Jika tidak menunjukan surat tersebut, pengemudi akan diputar balik oleh petugas.

>>> Mau Balik ke Jakarta Usai Mudik? Siapkan Ini Kalau Tak Mau Diputar Balik!

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top