Ini Dia Rendering Land Rover Defender 130 Tanpa Kamuflase

25/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Land Rover Defender 130 menjadi pilihan konsumen yang butuh daya angkut delapan orang penumpang dan tiga baris kursi untuk petualangan bersama keluarga

Setelah beberapa waktu lalu beredar foto-foto Land Rover Defender versi delapan penumpang yang memakai selubung kamuflase, lebih kurang beginilah sosok hasil rendering jika tanpa baju. O iya, Land Rover menjanjikan akan merilis anggota ketiga dalam keluarga Defender ini pada tahun depan. Bulan Maret 2021, Land Rover telah mengumumkan secara resmi untuk merilis varian Defender versi delapan penumpang dan tiga baris kursi dalam waktu 18 bulan mendatang.  .  

>>> 7 Tips Membeli Land Rover Bekas, Si Sangar yang Bertenaga

Varian Paling Panjang  

gambar land rover

Tidak akan berbeda jauh dengan versi kamuflasenya

Render ini adalah hasil karya Kolesa.ru dan menampilkan sosok Defender 130 alias versi delapan penumpang dan tiga baris kursi dalam pilihan warna bodi yang paling populer untuk Land Rover. Warna bodi kehijauan ini memang menjadi salah satu ciri khas Land Rover sejak dulu. Sejatinya, “balon” konsumen Defender 130 lebih mementingkan aspek teknis lain di luar urusan penampilan. Dengan kata lain, mereka tidak ambil pusing dengan penampilan keseluruhan Defender 130 yang kemungkinan tidak akan berbeda jauh dari  versi kamuflasenya.  

gambar land rover

Konsumen mobil ini lebih mementingkan aspek fungsional daripada aspek kosmetik

Hasil render ini menegaskan perbedaan mendasar antara  Defender 130 dan Defender 110 memang terletak pada pemanjangan bodi di belakang pilar C. Berbekal bodi sepanjang  5.100 mm atau melar  342 mm dibanding Defender 110, kabin Defender 130 dapat menampung delapan orang penumpang dengan nyaman dalam tiga baris  kursi. Tentunya, tambahan bobot membutuhkan penyesuaian pada suspensi belakang. Selain itu bisa diprediksi harga Defender 130 akan lebih mahal daripada Defender 110.  

Pilihan Mesin 

gambar mesin V8

Mesin V8 supercharged menawarkan performa istimewa 

Terkait pilihan mesin, kemungkinan besar Defender 130 akan memakai dapur pacu yang sama seperti Defender 90 dan Defender 110. Artinya, akan tersedia pilihan mesin yang beragam sesuai dengan alokasi Land Rover untuk pasar tersebut. Alhasil, “the family hauler” bakal dipasarkan dengan mesin bensin turbo, mesin diesel turbo, hybrid dan mesin V8 supercharged 550 hp. Semoga saja rencana peluncuran pada akhir tahun 2022 tidak meleset. O iya, saat ini belum diketahui pasar mana saja yang mendapatkan kuota Defender 130.  

>>> Land Rover Defender 130 Terpantau Sedang Dites, Siap Libas G-Class?
 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top