Mobil Listrik Pertama Lamborghini Meluncur 2024

19/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebelum mobil listrik pertamanya diluncurkan, Lamborghini akan tetap fokus pada mesin pembakaran, lalu melakukan transisi ke mesin hybrid pada akhir 2024.

Dikenal sebagai pencipta mobil eksotis nan garang, Lamborghini ternyata baru menyiapkan rencana kendaraan elektrifikasi di masa depan. Belum lama merek Italia di bawah naungan Volkswagen Group itu mengumumkan roadmap bertajuk ‘Direzione Cor Tauri’ terkait rencana peluncuran mobil ramah lingkungan.

"Rencana elektrifikasi Lamborghini adalah perubahan yang dibuat perlu oleh konteks yang berubah secara radikal, di mana kami ingin memberikan kontribusi kami dengan terus mengurangi dampak lingkungan dengan proyek yang nyata." kata Stephan Winkelmann, Chairman dan CEO Automobili Lamborghini, di laman resminya, (18/5/2021).

Mobil listrik pertama

Dalam paparannya disebutkan, perusahaan bermaksud memperkenalkan mobil listrik (BEV) pertamanya pada paruh kedua dekade ini. Artinya, kemungkinan besar peluncuran resminya dilakukan 5 tahun dari sekarang.

>>> Mengintip Besar Pajak Mobil Lamborghini di Indonesia

Gambar menunjukkan plan elektrifikasi Direzione Cor Tauri Lamborghini

Lamborghini sudah punya plan untuk elektrifikasi masa depan

Bukan tanpa alasan, perusahaan tengah menunggu baterai terbaik yang mampu menyesuaikan jangkauan dan performa model konvensionalnya. Lamborghini tidak ingin mobil listrik ciptaannya ‘loyo’ sehingga kehilangan karakter sebagai mobil berperforma tinggi.

Sebelum mobil listrik pertamanya diluncurkan, Lamborghini akan tetap fokus pada mesin pembakaran pada 2021-2022, lalu melakukan transisi ke mesin hybrid pada akhir 2024. Versi produksi mobil hybrid saat ini tengah dipersiapkan dan akan diluncurkan pada 2023. Kemudian tahun 2024 seluruh model bakal dialiri listrik.

Rencana ini dilakukan sebagai respon atas tuntutan penurunan emisi CO2 di Eropa. Dengan seluruh model dialiri listrik kadar emisi karbon dioksida bakal berkurang drastis hingga 50%.

Satu hal yang juga disebutkan bahwa transisi ke model hybrid dan listrik berpotensi ‘merugikan’ perusahaan. Selama empat tahun ke depan Lamborghini harus mengeluarkan biaya investasi sebesar 1,5 miliar Euro atau setara Rp 26,2 triliun (kurs Rp 17,4 ribu). Itu merupakan terbesar dalam sejarah Lamborghini.

Model lamborghini

Saat ini Lamborghini memiliki 3 model utama, yaitu Aventador bermesin V12 (4 varian), Huracan bermesin V10 (6 varian), dan SUV Urus (3 varian). Perusahaan juga punya model terbatas, yaitu Sian FKP 37 dan Sian Roadster. Sedangkan untuk model konsep ada Terzo Millennio, Asterion, dan Estoque.

>>> Cetak Gol ke-100 di Juventus, Paulo Dybala Beli Lamborghini Aventador

Foto Chairman dan CEO Automobili Lamborghini, Stephan Winkelmann

Lamborghini dikenal dengan modelnya yang eksotis

>>> Tertarik mobil Lamborghini, cek harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top