Lamborghini Aventador Pamit! Hadirkan Versi Pamungkas Dengan 796 HP

08/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Setelah berkiprah selama 10 tahun, Lamborghini Aventador harus pamit. Sang banteng meluncurkan versi pamungkas bertenaga 796 HP, terbesar tanpa motor listrik.

Bertajuk Aventador LP 780-4 Ultimae, Lamborghini ini akan diperkenalkan di Goodwood Festival of Speed yang akan dilaksanakan pada 8 - 11 Juli 2021. Versi produksi terakhir Aventador ini menjadi Lamborghini bermesin konvensional dengan tenaga terbesar.

Gambar Aventador Ultimae

Lamborghini Aventador Ultimae LP 780-4 versi coupe

Bagi penggemar V12 Lamborghini, Anda tak perlu khawatir bahwa mesin dengan suara merdu ini akan punah dalam waktu dekat. Pabrikan asal Italia ini berencana untuk tetap menggunakan mesin 12-silinder naturally aspirated tersebut untuk pengganti Lamborghini Aventador untuk yang terakhir kalinya. Setelah itu, Lamborghini akan menggunakan unit mesin hybrid sebelum beralih ke motor elektris sepenuhnya di masa depan.

>>> Sosok BMW Seri 2 Terbaru Terkuak! Grill Lebih Manis Dari Sang Kakak

Kombinasi Kemewahan Versi S dan Performa SVJ

Ultimae menggabungkan elemen dari Aventador lain dengan "mengambil komponen terbaik" dari S dan SVJ. Secara keseluruhan, versi pamungkas ini memiliki kemewahan dari Aventador S yang digabungkan dengan performa dari SVJ.

Mobil ini diproduksi sebanyak 350 unit untuk coupe dan 250 unit untuk roadster, masing-masing dijual dengan plakat bernomor yang menandakan bahwa mobil ini diproduksi dalam jumlah terbatas.

Gambar Aventador Ultimae Coupe dan Roadster

Tersedia dalam dua versi yang diproduksi dalam jumlah terbatas

Kedua versi akan ditawarkan dalam berbagai skema warna yang unik, termasuk opsi grey-on-grey baru dengan elemen trim merah yang kontras, dan opsi panel atap carbon fibre yang tak dilapis cat untuk versi roadster.

Lamborghini Aventador Versi Jalanan Yang Tercepat

Mesin 6,5 liter pada Lamborghini Aventador Ultimae menghasilkan 10 HP lebih besar dari versi SVJ dengan tenaga 796 HP, atau 780 PS sesuai dengan namanya. Mobil ini memiliki torsi puncak 720 Nm yang sama dengan dengan SVJ.

>>> Tips Membersihkan Karpet Mobil Selama PPKM, Tak Butuh Peralatan Khusus

Masih bicara soal angka, Ultimae memiliki bobot 1.550 kilogram, menjadikannya 25 kg lebih ringan dari Aventador S sambil menawarkan rasio power-to-weight yang sama dengan SVJ.

Gambar Aventador Ultimae

Versi pamungkas lebih kencang dari SVJ

Ultimae dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik dan kecepatan tertinggi 355 km/jam. Dengan capaian tersebut, mobil ini mengklaim mahkota sebagai Aventador versi jalanan yang tercepat.

Gambar Interior Aventador Ultimae

Tampilan interior Aventador Ultimae

Untuk saat ini, Lamborghini masih belum membuka banderol untuk Aventador Ultimae. Namun, kabarnya mobil ini akan dijual dari harga € 467.000 atau setara dengan Rp 8,1 miliar untuk pasar Eropa.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top