Lama Dihentikan, Pabrik Ford Buka Lagi Mulai 18 Mei

18/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Lama Dihentikan, Pabrik Ford Buka Lagi Mulai 18 Mei
Ford Motor Company mengumumkan pabrik utamanya di Amerika beroperasi lagi pada 18 Mei 2020 setelah dihentikan cukup lama sejak 30 Maret 2020.

Tidak dipungkiri pandemi virus Corona (COVID-19) menimbulkan dampak besar bagi industri otomotif global, terutama dengan pembatasan yang diterapkan sejumlah negara. Permintaan pasar menurun, sejumlah pabrikan mobil juga harus menutup produksinya, seperti pabrik Ford di Amerika Utara yang tutup sejak 30 Maret 2020.

Putuskan buka lagi

Satu setengah bulan berlalu Ford Motor Company mengumumkan memulai lagi aktivitas produksi di pabrik mulai 18 Mei 2020. Keputusan diambil setelah melalui proses diskusi dan mendapat persetujuan dari pemerintah negara bagian dan federal serta serikat pekerja setempat.

“Kami telah bekerja dengan sungguh-sungguh dengan pemerintah negara bagian dan federal, mitra serikat pekerja kami dan sejumlah besar tenaga kerja kami untuk membuka kembali fasilitas Amerika Utara kami,” kata Jim Farley, Chief Operating Officer Ford, Jumat (8/5/2020).

>>> Ford Perkirakan Rugi 600 Juta Dolar AS karena Virus Corona

Foto menunjukkan proses produksi mobil di pabrik Ford

Pabrik Ford di Amerika Utara buka lagi untuk kegiatan produksi mulai 18 Mei 2020

Meski dinyatakan beroperasi lagi, kegiatan belum dikembalikan seperti saat sebelum pandemi. Ford memulainya dengan pengurangan shift, yang sebelumnya beroperasi dengan pola tiga shift dibuat menjadi dua shift, dan yang beroperasi dengan pola dua shift akan kembali pada satu shift. Untuk yang bekerja satu tetap beroperasi dengan satu shift.

Dua pabrik Ford Flat Rock Assembly Plant di Flat Rock, Michigan dan Oakville Assembly Complex di Oakville, Ontario, termasuk yang yang menerapkan kerja satu shift. Diharapkan untuk memulai produksi secara maksimal pada minggu 25 Mei setelah melalui tahap persiapan satu pekan.

>>> Begini Tips Memilih Ford Fiesta Bekas yang Punya Harga Mirip LCGC

Utamakan keselamatan

Cukup dipahami jika pandemi menyebar begitu dahsyat di Amerika Serikat. Namun itu tak menghentikan Ford untuk membuka kembali pabrik. Sebagai konsekuensi seluruh pekerja di pabrik Ford harus mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan ketat, khususnya mereka yang harus datang ke lokasi pabrik karena tidak bisa melakukan pekerjaannya dari rumah, jumlahnya sekitar 12.000 pekerja. Minimal mereka wajib memakai masker dan kacamata keselamatan atau pelindung wajah.

Mereka juga harus melewati pengecekan suhu tubuh serta membatasi interaksi antar sesama karyawan dengan menjaga jarak dan kontak langsung.

“Kami telah mengembangkan protokol keselamatan ini dalam koordinasi dengan mitra serikat kami, terutama UAW, dan kita semua tahu itu akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan mereka,” kata Gary Johnson, Chief Manufacturing and Labour Officer Ford Motor Company. "Kami bersama-sama dan berencana untuk kembali ke pola operasi normal kami segera setelah kami yakin sistem siap mendukung." lanjutnya.

>>> Berikut Kelebihan Ford Everest sebagai pilihan SUV Bongsor 7 Penumpang

Foto menunjukkan penanda physical distancing di pabrik Ford

Mulai lagi aktivitas produksi, seluruh pekerja di pabrik Ford wajib patuhi physical distancing

Di kesempatan yang lain Presiden Ford, Grup Pasar Amerika dan Internasional, Kumar Galhotra, mengatakan pihaknya menjadi pabrikan mobil pertama di Amerika yang membuka kembali produksi setelah lama tutup, guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Sekarang Ford siap memimpin dalam memulai kembali dengan aman pabrik-pabrik AS kami, membuka kembali fasilitas lain yang penting untuk mengirimkan kendaraan yang dibutuhkan pelanggan kami dan melakukan bagian kami untuk membantu memulai kembali negara." tutur Galhotra dalam pernyataannya, (13/5/2020).

>>> Tertarik membeli mobil Ford, cek koleksi dan harganya di sini!

>>> Berita mobil terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Proyek Mobil Listrik Ford Bareng Rivian Dibatalkan karena Virus Corona

29/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Ford bersama Rivian secara resmi telah membatalkan rencana mereka untuk bersama-sama hadirkan kendaraan listrik untuk merek Lincoln karena virus corona.

Lihat juga

Ford Mustang Cobra Jet ini Pakai Motor Listrik Bertenaga 1.400 HP

29/04/2020

Pasar mobil

4 menit

Jika membahas soal mobil drag, tentu yang terlintas dalam otak kita adalah mobil dengan mesin big block yang menghasilkan tenaga ribuan HP. Namun, Ford menemukan metode lain untuk mengembangkan Mustang Cobra Jet 1.400 nya, yakni dengan elektrifikasi.

Lihat juga

FCA, GM dan Ford Potong Gaji Karyawannya di Tengah Penyebaran Wabah Corona

01/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus corona yang terjadi di seluruh dunia tidak hanya berdampak pada kesehatan. Tapi juga mengancam kesehatan keuangan produsen mobil FCA, GM dan Ford.

Lihat juga

Pria Ini Temukan Harta Karun Ford Popular Terkubur di Halaman Rumahnya

25/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Siapa sangka aktivitas lockdown bisa mendatangkan hal yang menarik. Seorang pria di Inggris temukan Ford Popular terkubur di halaman rumahnya ketika berkebun.

Lihat juga

Layanan Ford Home Service Siap Layani Konsumen Saat Wabah Covid-19

17/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Bagi Anda yang punya mobil bermerk Ford, Anda tak perlu khawatir saat pandemi seperti ini, karena Ford Home Service siap merawat mobil Ford kesayangan Anda

Lihat juga
 
back to top