Lama Absen, Mazda Buka Peluang Tampil di Ajang Balap 24 Hours of Le Mans

23/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Lama Absen, Mazda Buka Peluang Tampil di Ajang Balap 24 Hours of Le Mans
Lama Mazda tidak tampil di ajang balap 24 Hours of Le Mans setelah yang terakhir tahun 1996, Mazda yang pernah mencapai masa keemasan saat tampil di ajang balap bergengsi tersebut pada tahun 1991 kini dikabarkan membuka peluang untuk balik lagi ke lintasan balap.

Mazda pernah menyandang nama besar di 24 Hours of Le Mans, yaitu balap ketahanan selama 24 jam yang digelar di Circuit de la Sarthe, Le Mans, Prancis. Keikutsertaannya di ajang bergengsi tersebut sudah dimulai sejak 1975 dimana Buchet C, dan Rondeau J. turun mengendarai Mazda S 124 A. Catatatan paling apik ditorehkan tim Mazdaspeed dari Jepang pada tahun 1991. Turun dengan Mazda 787B bermesin rotary yang disopiri pembalap 3 pembalap WEIDLER V. , HERBERT J. , GACHOT B. Mazda berhasil meraih podium tertinggi dengan menjadi juara 1.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Mazda CX-30 2019: SUV Berdimensi Compact Terbaru Dari Mazda

Foto Mazda 787B tahun 1991 di Le Mans Prancis

Mazda pernah menjadi yang terbaik di ajang 24 Hours Of Le Mans

Setelah tahun tersebut prestasi Mazda terus menurun. Terakhir, Mazdaspeed hanya meraih posisi 25 saat turun di ajang 24 Hours of Le Mans tahun 1996. Mobil Mazda DG4 dinahkodai TERADA Y. , DOWNING J. , dan FREON F. kalah jauh dari Porsche TWR WSC 95 milik time Joest Racing yang dikemudikan REUTER M. , JONES D. , WURZ A.. Porsche TWR WSC 95 menjadi yang terbaik dengan meraih podium juara 1.

Setelah sekian lama absen, Mazda kini kembali membuka peluang untuk kembali sirkuit De La Sarthe di ajang 24 Hours of Le Mans. Carcoops, (18/3/2019) menulis peluang itu disampaikan langsung oleh kepala eksekutif Mazda Amerika Utara, Masahiro Moro kepada The Drive saat ditemui di ajang Sebring 12 Hours beberapa waktu lalu. Menurut Masahiro, peluang untuk kembali ke Le Mans memang ada, namun keputusan akhirnya belum bisa dipastikan mengingat ada banyak hal yang harus diperhatikan.

"Saya pikir untuk saat ini belum ada rencana pasti yang dapat saya bagikan terkait turun di balapan 24 Hours of Le Mans. Kami memang telah berbicara dengan ACO (Automobile Club de l'Ouest), dan secara pribadi saya juga akan bertemu dengan Pierre Fillon dan Jean Todt untuk membahasnya," ujar Moro-san.

>>> Peringati Ulang Tahun ke-50, Porsche 917 Mendapatkan Restorasi Modern

Foto Mazda RT24 P tampak dari depan samping

Mazda RT24-P siap tampil di ajang balap international

Jika niatan Mazda ini benar-benar berlanjut, mau tidak mau Mazda harus mengikuti aturan baru yaitu menggunakan mobil DPi (Daytona Prototype International). Peraturan ini sudah diberlakukan secara universal di seluruh International Motor Sport Association (IMSA) seperti, WeatherTech SportsCar Championship dan World Endurance Championship (WEC). Mazda sendiri untuk mobil berjenis DPi sudah punya Mazda RT24-P yang siap digunakan meski harus ada sedikit penyesuaian.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

>>> Berita otomotif terbaru lainnya, klik di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top