Laku Keras di Indonesia, Suzuki Jimny Dikonversi Jadi Sebuah Pick-up

19/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Laku Keras di Indonesia, Suzuki Jimny Dikonversi Jadi Sebuah Pick-up
Siapa sih tidak tahu Suzuki Jimny? SUV mungil yang jadi fenomena di seluruh dunia itu disulap menjadi sebuah pick-up di Selandia Baru. Bagaimana sih detailnya?

Saat ini, popularitas Suzuki Jimny di seluruh dunia tengah meroket karena reputasi SUV mungil dengan kapabilitas off-road yang bisa disejajarkan dengan mobil lebih mahal. Dan di Selandia Baru, sebuah dealer Suzuki mengkonversi generasi keempat Jimny jadi sebuah pickup.

Ambil basis Jimny paling murah

>>> Suzuki Jimny disulap jadi mini G-Class atau Land Rover Defender, kenapa tidak?

Adapun basis dari Suzuki Jimny Pick-up ini merupakan varian entry-level JX, modifikasinya dimulai dengan memotong bagian belakang Jimny JX, dan menggantinya dengan bak kecil. Menariknya, modifikasi ini justru diakui oleh pabrikan dan tidak akan menghanguskan garansi Jimny.

Bagian belakang Suzuki Jimny pick-up

Perbedaan paling signifikan adalah pada bagian belakang yang dipasangkan bak

Standarnya, Jimny JX menghadirkan ruang kursi belakang yang relatif kecil dan tak terlalu nyaman diduduki oleh orang dewasa berpostur tinggi. Oleh karena itu, konversi Jimny Pick-up ini sedikit banyak tidak terlalu mengorbankan kepraktisan mobil, kecuali bagian bagasi yang kini terbuka.

>>> Suzuki Jimny 5 Pintu Hadir Tahun Depan di India

Mengingat Suzuki Jimny Pick-up mengambil basis dari varian JX di Selandia baru, maka jangan berharap kehadiran lampu LED dan pelek besi, Anda hanya mendapat lampu halogen standar dan pelek kaleng, opsi transmisi juga hanya ada manual 5-percepatan.

Suzuki Jimny varian JX yang disulap menjadi sebuah pick-up

Bagaimana tampilan Jimny Pick-up satu ini, keren kan?

Juga jangan berharap banyak untuk fitur hiburannya, Anda tidak akan dapat head unit touchscreen dan A/C climate control seperti yang Anda dapatkan di sini, sebagai gantinya hadir head-unit standar 2-DIN dengan fitur koneksi bluetooth. Setir yang digunakan masih hadir dengan tombol, meski tidak dibalut dengan kulit. Jantung pacu Suzuki Jimny Pick-up tetap mengusung mesin K15B, 4-silinder segaris 1.500 cc yang menghasilkan tenaga 100 HP dan torsi 140 Nm.

>>> Inspirasi modifikasi lainnya dapat Anda temukan di sini

Ongkos konversi pick-up ini dibanderol $7.300 (setara Rp 112 juta). Tidak murah memang, karena dengan budget sebanyak ini Anda punya pilihan mobil komersial lain yang lebih baik secara muatan, tapi jelas Anda tidak akan mendapatkan mobil niaga keren seistimewa Suzuki Jimny Pick-up ini.

Jadi barang langka di Indonesia

Sejak diperkenalkan pada ajang IIMS 2019, popularitas Suzuki Jimny meroket dengan banyaknya peminat SUV mungil Suzuki itu. Sayangnya, hal tersebut tak diimbangi dengan ketersediaannya yang hanya 50 unit per bulan, alhasil para peminat Jimny tak hanya harus menunggu sampai hitungan bulan namun sampai 4 tahun! Alhasil, Suzuki Indomobil Sales sebagai APM resmi Suzuki di Indonesia menghentikan pemesanan Jimny untuk sementara.

Suzuki Jimny test drive dengan Julian Johan

Peminat Jimny di Indonesia harus menunggu lama, bahkan sampai 4 tahun

"Maka dari itu untuk beberapa diler dengan antrian inden panjang sudah tidak menerima pemesanan. Selanjutnya akan kami tinjau pada Mei 2020 mendatang," ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra beberapa waktu lalu.

>>> Tips & trik terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top