Lahirnya Merek Stellantis Hanya Tinggal Menunggu Waktu

05/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Penggabungan antara FCA dan PSA menjadi merek Stellantis akan selesai pertengahan Januari mendatang. Menarik untuk menunggu mobil baru yang akan dilahirkan.

Merger antara Fiat Chrysler Automobiles dan PSA menjadi merek Stellantis akan menjadi kenyataan pada 16 Januari mendatang. Proses merger hanya tinggal menyisakan transisi dan penawaran saham Stellantis di tiga bursa: Paris, Milan, dan New York.

>>> Bos FCA Mike Manley Jadi Kandidat Kuat CEO Baru Ferrari

Gambar menunjukan Logo mobil

Merger antara dua perusahaan

Stellantis Segera Memasuki Bursa Saham

Fiat Chrysler Automobiles dan Peugeot SA masing-masing telah memutuskan untuk mengadakan rapat umum pemegang saham masing-masing dari kedua perusahaan pada Senin, 4 Januari 2021 untuk menyetujui langkah merger ini. Dengan selesainya kesepakatan kedua perusahaan, transisi ini diharapkan selesai pada 16 Januari dan akan menjadi resmi setelah saham merek Stellantis memasuki pasar pada 18 Januari.

Perusahaan baru ini akan memiliki kapasitas produksi hingga 8,7 juta mobil setahun, di belakang Volkswagen, Toyota dan Renault-Nissan, dan menghasilkan penghematan tahunan sebesar 5 miliar euro. Selain itu Stellantis juga telah diatur menjadi produsen mobil terbesar keempat di dunia

Merger antara produsen mobil asal Italia, Amerika dan Prancis ini juga dibangun di atas dasar penghematan biaya dalam industri yang saat ini membutuhkan dana besar dalam pergeseran teknologi ke powertrains listrik dan teknologi mengemudi otonom. Tetapi yang masih harus dilihat adalah apakah itu akan mampu mempertahankan dukungan dari 14 merek di pasar global yang saat ini masih bertarung melawan efek dari pandemi.

Stellantis akan menyatukan merek dengan sejarah mulai dari 75 hingga lebih dari 120 tahun dengan daya tarik emosional yang kuat di pasar Italia, AS dan Perancis. CEO PSA Peugeot Carlos Tavares  pada pertemuan pemegang saham virtual mengatakan bahwa merger ini lebih baik dibandingkan berjalan sendiri-sendiri.

“Bersama-sama kita akan lebih kuat dari pada secara individu," kata Tavare seperti dikutip dari Associated Press. “Kedua perusahaan dalam keadaan sehat. Kedua perusahaan ini memiliki posisi yang kuat di pasar mereka masing-masing," tutupnya.

>>> Ternyata Ini Penyebab Airbag Tidak Mengembang saat Kecelakaan

Gambar menunjukan Logo mobil

Logo merek Stellantis

Arti Nama Merek Stellantis

Stellantis memiliki filosofi mendalam, diambil dari bahasa latin “stello” yang memiliki arti “menerangi bersama bintang”. Hal ini menjadi representasi dari semangat optimisme, energi, dan pembaharuan dari penyatuan berbagai brand ke dalam inovasi. Stellantis siap untuk menjadi pemimpin pada era baru mobilitas yang berkelanjutan.

Perlu diketahui Grup PSA memiliki brand Peugeot, Citroen, DS Automobile, Vauxhall, dan Opel dan FCA merupakan pemilik brand dari Fiat, Chrysler, Alfa Romeo, Lancia, Jeep, Dodge, Maserati, dan RAM. Penyatuan kedua brand tersebut menjadikan Stellantis sebuah raksasa otomotif baru di industri otomotif.

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top