Lahirnya Merek Stellantis Hanya Tinggal Menunggu Waktu

05/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Lahirnya Merek Stellantis Hanya Tinggal Menunggu Waktu
Penggabungan antara FCA dan PSA menjadi merek Stellantis akan selesai pertengahan Januari mendatang. Menarik untuk menunggu mobil baru yang akan dilahirkan.

Merger antara Fiat Chrysler Automobiles dan PSA menjadi merek Stellantis akan menjadi kenyataan pada 16 Januari mendatang. Proses merger hanya tinggal menyisakan transisi dan penawaran saham Stellantis di tiga bursa: Paris, Milan, dan New York.

>>> Bos FCA Mike Manley Jadi Kandidat Kuat CEO Baru Ferrari

Gambar menunjukan Logo mobil

Merger antara dua perusahaan

Stellantis Segera Memasuki Bursa Saham

Fiat Chrysler Automobiles dan Peugeot SA masing-masing telah memutuskan untuk mengadakan rapat umum pemegang saham masing-masing dari kedua perusahaan pada Senin, 4 Januari 2021 untuk menyetujui langkah merger ini. Dengan selesainya kesepakatan kedua perusahaan, transisi ini diharapkan selesai pada 16 Januari dan akan menjadi resmi setelah saham merek Stellantis memasuki pasar pada 18 Januari.

Perusahaan baru ini akan memiliki kapasitas produksi hingga 8,7 juta mobil setahun, di belakang Volkswagen, Toyota dan Renault-Nissan, dan menghasilkan penghematan tahunan sebesar 5 miliar euro. Selain itu Stellantis juga telah diatur menjadi produsen mobil terbesar keempat di dunia

Merger antara produsen mobil asal Italia, Amerika dan Prancis ini juga dibangun di atas dasar penghematan biaya dalam industri yang saat ini membutuhkan dana besar dalam pergeseran teknologi ke powertrains listrik dan teknologi mengemudi otonom. Tetapi yang masih harus dilihat adalah apakah itu akan mampu mempertahankan dukungan dari 14 merek di pasar global yang saat ini masih bertarung melawan efek dari pandemi.

Stellantis akan menyatukan merek dengan sejarah mulai dari 75 hingga lebih dari 120 tahun dengan daya tarik emosional yang kuat di pasar Italia, AS dan Perancis. CEO PSA Peugeot Carlos Tavares  pada pertemuan pemegang saham virtual mengatakan bahwa merger ini lebih baik dibandingkan berjalan sendiri-sendiri.

“Bersama-sama kita akan lebih kuat dari pada secara individu," kata Tavare seperti dikutip dari Associated Press. “Kedua perusahaan dalam keadaan sehat. Kedua perusahaan ini memiliki posisi yang kuat di pasar mereka masing-masing," tutupnya.

>>> Ternyata Ini Penyebab Airbag Tidak Mengembang saat Kecelakaan

Gambar menunjukan Logo mobil

Logo merek Stellantis

Arti Nama Merek Stellantis

Stellantis memiliki filosofi mendalam, diambil dari bahasa latin “stello” yang memiliki arti “menerangi bersama bintang”. Hal ini menjadi representasi dari semangat optimisme, energi, dan pembaharuan dari penyatuan berbagai brand ke dalam inovasi. Stellantis siap untuk menjadi pemimpin pada era baru mobilitas yang berkelanjutan.

Perlu diketahui Grup PSA memiliki brand Peugeot, Citroen, DS Automobile, Vauxhall, dan Opel dan FCA merupakan pemilik brand dari Fiat, Chrysler, Alfa Romeo, Lancia, Jeep, Dodge, Maserati, dan RAM. Penyatuan kedua brand tersebut menjadikan Stellantis sebuah raksasa otomotif baru di industri otomotif.

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Honda dan FCA Bekerjasama dengan Tesla untuk Hindari Denda Emisi Uni Eropa

03/11/2020

Pasar mobil

3 menit

Honda berupaya menghindari denda emisi Uni Eropa dengan menggabungkan armada listriknya dengan Tesla tahun ini. Sebelumnya FCA telah melakukan hal yang sama.

Lihat juga

Penjualan Mobil Online FCA Meningkat Hingga 45 Persen

22/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Memberikan pengalaman lebih mudah saat bertransaksi membuat penjualan mobil online Fiat Chrysler Automobiles (FCA) tahun ini telah meningkat hingga 45 persen.

Lihat juga

FCA Pertimbangkan Recall Hingga 1 Juta Mobil Bermesin 2,4 Liter

07/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Fiat Chrysler Automobiles dikabarkan berencana recall hingga 1 juta mobil bermesin 2,4 liter. Penarikan ini dikarenakan masalah emisi knalpot yang berlebihan.

Lihat juga

Bukan Mobil, Peugeot Rayakan Usia ke-210 Tahun dengan Rilis Jam Tangan Spesial

22/12/2020

Mobil baru

3 menit

Peugeot rayakan usia ke-210 tahun dengan tiga jam tangan. Dari ketganya paling murah dijual Rp 2 juta dan tertinggi Rp 2,5 juta dan dapat dibeli secara online.

Lihat juga

Peugeot Umumkan Detail Hypercar Balap LMH, Pakai Mesin V6 Hybrid

15/12/2020

Mobil baru

3 menit

Jelang debut kompetitifnya di WEC kategori LMH tahun 2022, Peugeot meungumumkan detail hypercar balap milknya. Seperti apa spesifikasinya? Simak artikel ini sampai habis

Lihat juga
 
back to top