Lagi! Pos Penyekatan di Bekasi Jebol oleh Pemudik

10/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kejadian penerobosan pos penyekatan oleh pemudik kembali terjadi. Kali ini justru pihak kepolisian yang meloloskan masyarakat untuk menghindari kerumunan.

Cerita mudik Lebaran 2021 tak habis-habis. Meski dilarang, nyatanya tak menyurutkan semangat sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Buktinya banyak kendaraan yang diputar balik di pos penyekatan lantaran kedapatan akan mudik. 

Tapi tak sedikit juga yang justru lolos karena nekat menerobos penyekatan. Kejadian tersebut kembali terulang di pos penyekatan Kedungwaringin yang berada di perbatasan Bekasi-Karawang. Diunggah dalam akun instagram infobekasi, tampak para pemudik berkerumun dan siap menerobos barikade di pos penyekatan

>>> Viral! Titik Penyekatan di Karawang Dijebol Pemudik

Polisi Loloskan Pemudik untuk Cegah Kerumunan

pemudik terobos pos penyekatan

Antrean di titik penyekatan mencapai 5 km

Ini seolah menjadi trik terbaru yang dilakukan sejumlah pemudik, yakni menerobos bersama-sama dengan yang lainnya agar tetap bisa pulang ke kampung halaman. Tapi gayung seolah bersambut karena pihak kepolisian memberi jalan agar pemudik bisa melintas. Dijelaskan Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan, upaya meloloskan pemudik tersebut dilakukan agar tak menimbulkan kerumunan yang menjadi sumber utama penyebaran Covid-19. 

"Ya artinya karena ini terlalu padat dan juga kondisinya tadi tidak terlalu kondusif sehingga secara diskresi saya ambil kebijakan untuk dilepas, kita dengan koordinasi dengan yang lain, ini dinamika supaya juga tidak terlalu berkerumun dan ini juga berpotensi kalau terlalu banyak berkerumun berpotensi jadi penyebaran penyakit," jelas Hendra dikutip Cintamobil dari laman infobekasi, Senin (10/5/2021). 

Menurut Hendra, kondisi di titik penyekatan tersebut sudah amat padat. Bahkan terjadi antrean mengular hingga 5 km baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Pemudik boleh saja lolos di pos penyekatan itu. Hendra memastikan para pemudik bakal dicegat di pos penyekatan berikutnya. 

"Jadi kita buka sementara namun kita koordinasi dengan Karawang, Purwakarta, Subang, Cirebon, daerah penyekatan lain untuk melakukan penyekatan kembali, tidak berarti kita lepas disini, disana tidak disekat ya," kata Hendra.

>>> Ada Penyekatan di Jalan Tol, Volume Kendaraan Turun Drastis

Bukan yang Pertama

Foto menunjukkan Pemeriksaan kendaraan di Kota Bekasi

Penjagaan bakal makin ketat

Ya, ini bukan kali pertama para pemudik nekat menerobos pos penyekatan yang dijaga ketat aparat polisi. Sebelumnya titik penyekatan di Karawang juga ramai dijebol oleh para pemudik. Itu lantaran jumlah petugas yang berjaga kalah banyak dari pemudik.

Hal tersebut mengakibatkan barikade dengan mudah diterobos. Namun setelahnya, pihak kepolisan menambah petugas yang berjaga agar tak mudah ditembus pemudik. 

"Pada saat kejadian penerobosan, dikarenakan jumlah personil yang tidak sebanding dengan jumlah pemudik (diperkirakan terdapat 500 pemudik) sehingga pemudik menerobos secara paksa barikade rekayasa dengan cara melawan arus saat diperintahkan oleh petugas untuk putar balik," ungkap Kapolres Karawang Rama Samtama Putra.

>>> Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top