Lagi Pandemi, Banyak Orang Beli Mobil Tunai Ketimbang Kredit

15/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Di situasi perekonomian sulit seperti saat ini banyak orang yang beli mobil secara tunai lantaran leasing kini lebih ketat menerapkan pemberian kredit.

Penyebaran virus corona membawa banyak dampak terhadap industri otomotif Tanah Air. Salah satu yang dirasakan cukup berat bagi pada pabrikan adalah merosotnya penjualan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Merosotnya penjualan tersebut diakibatkan oleh adanya penutupan dealer dan showroom untuk di daerah yang telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau disingkat PSBB.

Beli Mobil Tunai Meningkat

Belum berhenti sampai di situ, banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) juga membuat masyarakat lebih hati-hati dalam membelanjakan uangnya apalagi untuk membeli mobil.

Daihatsu Sigra

Sigra menjadi mobil terlaris Daihatsu 2 tahun belakangan

>>> Daihatsu Ogah Jor-joran Kasih Diskon saat Pandemi Corona

Perusahaan pembiayaan atau leasing pun kin lebih ketat dalam menyaring calon konsumennya. Rasanya sulit untuk menemukan leasing yang dapat memberikan nilai Down Payment rendah di tengah pandemi.

Tak mau mengambil risiko konsumennya tidak bisa membayar cicilan di kemudian hari, sebagian leasing pun memilih untuk menaikkan uang muka yakni di kisaran 40-50 persen. Hal tersebut justru membuat transaksi beli mobil tunai malah meningkat ketimbang kredit. 

“Yang banyak sekarang membeli ini kan dulu (sebelum corona) 80 persen kredit, 20 persen cash, sekarang sampai Mei kemarin cash-nya meningkat jadi 25 persen kreditnya 75 persen. Mei kreditnya 65 persen cash 35 persen, jadi naik terus yang cash,” ucap Marketing & Costumer Relation Divisi Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso pada kesempatan video conference.

 

>>> Lagi Musim Corona Gini, Masih Adakah Orang yang Mau Beli Mobil Baru?

Banyak yang Mau Ganti Model Baru

Kebanyakan konsumen Daihatsu di tengah pandemi ini adalah mereka yang ingin mengganti mobilnya dengan model baru. Bagi mereka yang memiliki riwayat pembayaran baik pun mempermudah leasing untuk memberikan persetujuan.

“Kalau dilihat ini customer yang repeat order atau replace karena approval dari leasing ketat sekali. Dengan indikator angka tadi pastinya banyak pembeli yang replace atau repeat order karena sangat memudahkan approvalnya. Pembeli pertama turun,” lanjut Hendrayadi.

 

Penjualan di dealer mobil

Beli mobil tunai meningkat ketimbang yang kredit

>>> Cek disini harga mobil baru dengan diskon yang menarik sambil tetap #dirumahaja

Kenaikan angka beli mobil tunai ini juga dialami oleh PT Toyota Astra Motor. Ketatnya persyaratan dari leasing juga membuat calon konsumen Toyota yang melakukan beli mobil tunai tercatat lebih banyak dibandingkan kredit.

Namun yang berbeda dengan Daihatsu yakni konsumen mobil Toyota justru lebih banyak berasal dari pembeli pertama dan juga replacement. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyebut mobil masih dibutuhkan untuk memenuhi aktivitas sehari-hari.

“Jadi rasanya kita masih melihat kebutuhan di mobil pertama dan kebutuhan pembeli mobil replacement,” tutur Anton.

>>> Berita otomotif terlengkap, tips & trik terbaru, dan pilihan kendaraan berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top