Lagi, Kecelakaan Kendaraan Swakemudi Google Kembali Terjadi di Arizona

09/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Lagi, Kecelakaan Kendaraan Swakemudi Google Kembali Terjadi di Arizona
Sebuah mobil van swakemudi yang merupakan bagian dari tes Google mengalami kecelakaan di Arizona pada Jumat. Polisi bagian Arizona saat ini sedang melakukan penyelidikan terhadap kecelakaan swakemudi yang dimiliki oleh Google Waymo tersebut.

Kecelakaan swakemudi Waymo ini terjadi ketika sebuah sedan Honda banting setir untuk menghindari mobil lain dan melaju ke lajur lalu lintas yang berlawanan. Polisi di Chandler, Arizona, mengatakan bahwa mobil Waymo berada dalam mode otonom, meskipun ada seorang penumpang di kursi pengemudi.

Kecelakaan tersebut terjadi di Chandler, Arizona, pinggiran kota di sebelah tenggara Phoenix dimana Waymo, sebuah divisi dari perusahaan induk Google Alphabet sedang menguji kendaraan swakemudi-nya.

Video kecelakaan Waymo yang diterbitkan oleh kepolisian Arizona

Selain video yang diterbitkan oleh kepolisian Arizona, Waymo juga merilis video yang menunjukan bagaimana sedan berbelok di beberapa jalur sebelum kecelakaan terjadi. Beruntung, sopir yang mengendarai kendaraan yang sedang diuji coba tersebut hanya mengalami luka ringan.

>>> Baca juga Keterangan tentang kecelakaan swakemudi Uber

Dalam pernyataan resminya, Waymo berkata, “Misi tim kami adalah untuk membuat jalan kami lebih aman - ini adalah inti dari semua yang kami lakukan dan memotivasi setiap anggota tim kami. Kami prihatin tentang kesejahteraan dan keamanan pengemudi uji kendaraan kami dan berharap dia sembuh total."

Seorang juru bicara Polisi Chandler, Detektif Seth Tyler, mengatakan bahwa departemen kepolisian tidak menganggap kendaraan swakemudi ini menjadi salah karena tabrakan. Baik kendaraan Waymo dan sedan Honda rusak dan harus ditarik. Van Waymo ditutupi dengan terpal perak saat dibawa pergi.

Baik polisi maupun Waymo setuju bahwa sedan Honda tersebut mengemudi ke arah timur ketika membelok untuk menghindari menabrak kendaraan yang mengemudi ke utara dari arah yang berlawanan. Saat sedan membelok, mobil itu melanda van Waymo yang sedang melaju pada kecepatan rendah.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Gambar yang menunjukan mobil swakemudi berwarna putih yang dikembangkan oleh Waymo

Van swakemudi ini dikembangkan Waymo, bagian dari Google Alphabet

Kecelakaan yang melibatkan mobil swakemudi di Arizona telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah teknologi tersebut siap untuk diuji di ruang publik. Setidaknya ada tiga kecelakaan yang melibatkan kendaraan otonom Waymo di Chandler dalam dua tahun terakhir. Semuanya melibatkan pengemudi manusia yang menabrak mobil-mobil Waymo.

Gubernur Arizona, Doug Ducey memerintahkan pengujian mobil Uber dihentikan segera setelah kematian, tapi tidak semua operasi mobil swakemudi dihentikan. Uber menghentikan operasi swakemudi di tempat lain setelah penyelidikan kecelakaan mereka dilakukan.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top