Lagi, Filipina Hancurkan Puluhan Mobil Mewah dan Supercar Langka!

19/06/2021

Pasar mobil

2 menit

Presiden Durtete lagi-lagi menghancurkan puluhan mobil mewah dan supercar hanya karena mobil tersebut masuk dan diimpor secara ilegal untuk menghindari pajak.

Filipina yang dikenal dengan peraturannya yang tegas terhadap pengedar narkoba masih menjadi negara yang menakutkan bagi penyelundup mobil. Kali ini, puluhan mobil mewah dan supercar yang menjadi tumbalnya. Mobil yang diselundupkan guna menghindari pajak yang tinggi di negara tersebut akhirnya dihancurkan menjadi rongsokan.

Hancurkan mobil selundupan

Pada Agustus 2020, pihak berwenang Filipina menyita supercar McLaren 620R yang langka setelah importir mengklaim bahwa mobil tersebut adalah Porsche Cayman. Dan 620R menjadi salah satu dari tujuh mobil dihancurkan secara bersamaan, setelah Filipina mengunggah penghancuran 17 supercar dan mobil mewah lainnya pada bulan 9 Februari 2021 silam.

mobil mewah McLaren 620R berwarna putih dan hitam
McLaren 620R langka yang akhirnya hancur jadi rongsokan

>>> Apes Banget! SUV Ini Masuk ke Lubang saat Terparkir, Hilang Dalam Hitungan Detik

Biro Bea Cukai Filipina menghancurkan mobil-mobil yang diimpor secara ilegal antara 2018 hingga 2020. Selain McLaren 620R, mobil mewah lainnya yang turut diremukkan dengan bulldozer termasuk Bentley Continental Flying Spur 2007, Porsche 911 C2S, Toyota Solara, dan berbagai mobil eksotis lainnya.

“Biro Bea Cukai (BOC) kembali memimpin penghancuran 21 kendaraan bermotor selundupan yang bernilai P58,55 juta (Rp 16 triliun) pada hari Jumat, 18 Juni 2021, di Manla dan Cagayan de Oro secara bersamaan.” ungkap Biro Bea Cukai Filipina dalam akun Facebook resminya.

>>> Honda Mobilio Berhenti Produksi di Filipina, Indonesia Ikutan?

Sejak 2017

Sejak tahun 2017, Presiden Filipina Rodrigo Roa Durtete memerintahkan agar kendaraan yang diimpor secara ilegal dihancurkan untuk menunjukkan bahwa pemerintah serius dalam menindak importir illegal. Kumpulan mobil terbaru yang dihancurkan bernilai lebih dari $ 1,1 juta (sekitar Rp 16 triliun).

Durtete memang dikenal sebagai presiden yang suka menghancurkan kendaraan yang masuk secara ilegal. Pada 2018 lalu, pemerintah Filipina menghancurkan mobil mewah senilai lebih dari $ 6 juta (Rp 87 triliun) dengan hampir 100 unit dihancurkan tahun itu.

Menghancurkan mobil di depan umum dirancang untuk mencegah calon importir ilegal. Meskipun sudah banyak pengimpor yang tertangkap, namun tak memberikan efek jera bagi penjahat yang selalu menemukan cara baru guna menghindari undang-undang impor mobil yang ketat serta pajak yang tinggi di negara tersebut.

>>> Dapatkan mobil baru dan bekas terbaik hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top