Lagi, Diskon PPnBM 100% Kerek Penjualan Honda

12/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Honda kembali meningkat pada bulan Juli 2021 berkat perpanjangan diskon PPnBM 100 persen yang diberikan pemerintah hingga bulan Agustus 2021.

PT Honda Prospect Motor (HPM) melaporkan hasil positif pada bulan Juli 2021. Penjualan Honda ke konsumen (retail) meningkat sebesar 8,7% dibanding bulan sebelumnya.

"Untuk penjualan retail sebesar 8.234, atau naik 8,7 persen bila dibandingkan dengan bulan lalu.” kata Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy dalam keterangan resminya belum lama ini.

Terbantu Diskon PPnBM

Billy menjelaskan meningkatnya penjualan Honda tak lepas dari insentif yang diberikan Pemerintah berupa diskon PPnBM 100%. Terlebih pada saat yang bersamaan tengah berlangsung penanganan Covid-19 berupa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

>>> Harga Honda CR-V Turun Rp 36,5 Juta Berkat Diskon PPnBM

“Tentunya adanya PPKM dan (perpanjangan) PPnBM ini sudah dipertimbangkan matang-matang oleh pemerintah, bersama dengan kondisi ekonomi (nasional)," kata Billy.

PPKM sendiri cukup berdampak turunnya angka pemesanan, khususnya di kawasan perkotaan dimana pembatasan aktivitas jauh lebih ketat. Sedangkan di daerah pemesanan masih cukup stabil.

"Memang, penetrasi pasar tidak terlalu turun seiring dengan adanya pandemi. Kebijakan PPKM ini juga akan kami monitor terus. Pemesanan kendaraan ada penurunan di bulan lalu. Tapi, ada inden di beberapa model dan daerah, sehingga kami fokus untuk delivery ke customer secepatnya. Kami fokus ke back order yang sudah ada untuk konsumen," papar Billy.

Penjualan semester I

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di tanah air meningkat signifikan di semester I 2021.

Penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mencapai 393.469 unit, naik 50,8% dibanding semester I 2020 yang terjual sebanyak 260.932 unit. Sedangkan penjualan retail (dealer ke konsumen) mencapai 387.827 unit, naik 33,5% dibanding tahun lalu yang terjual 290.580 unit.

Honda sendiri berada di peringkat ketiga merek terlaris, baik untuk wholesales maupun retail sales. Untuk wholesales naik 25,1% dengan pengiriman sebanyak 48.481 unit dari tahun lalu 38.769 unit. Sedangkan untuk retail sales naik 21,1% dengan penjualan sebanyak 49.439 unit dari tahun 40.812 unit.

Diskon PPnBM 100% yang diberikan sejak Maret 2021 menjadi faktor besar meningkatnya penjualan di atas. Dan bulan ini (Agustus) menjadi bulan terakhir.

>>> Honda Ngebet Datangkan Mobil Listrik ke Indonesia

Foto Honda Brio Satya tampak depan

Brio Satya dan RS paling besar berkontribusi terhadap penjualan Honda

>>> Tertarik mobil Honda, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top