Kurangi Tabrakan di Persimpangan, Honda Kembangkan Fitur 'Melihat di Balik Dinding'

07/10/2018

Pasar mobil
Perihatin dengan terlalu seringnya kasus tabrakan di persimpangan, Honda kini tengah mengembangkan sebuah fitur 'Melihat di Balik Dinding' bernama Smart Intersection. Fitur ini memungkinkan mobil mendeteksi keberadaan objek lain tak terlihat yang berada di balik bangunan saat di persimpangan.

Foto tabrakan di perempatan

Kecelakaan di persimpangan paling sering terjadi di Amerika

Honda Amerika tengah mengembangkan sistem yang disebut 'Smart Intersection', yang dirancang untuk mengurangi tabrakan kendaraan di persimpangan. Dilakukan di Kota Marysville Washington fitur keamanan baru ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi Vehicle To Everything (V2X) yang dimiliki kota kecil ini dan Negara bagian Ohio.

Dalam demonstrasi yang dilakukan, para insinyur Honda dari Jepang memperlihatkan bagaimana sistem ini bekerja meminimalkan tabrakan yang sering terjadi di persimpangan. Sebagaimana diketahui dari banyak kasus kecelakaan yang terjadi di Amerika Serikat, 40 persennya terjadi di persimpangan karena kegagalan pengemudi melihat objek atau kendaraan lain yang tertutup bangunan. Pun demikian dari 35.000 kasus kematian yang disebabkan kecelakaan, 20 persennya terjadi di persimpangan. Ini yang membuat Honda menyadari betapa bahayanya lalu lintas persimpangan dan mereka mulai berpikir bagaimana hal ini bisa diatasi.

Sistem Smart Intersection dikembangkan menggunakan perangkat lunak pengenal objek milik Honda. Dipadukan dengan kamera yang dipasang di persimpangan dan teknologi komunikasi V2X memungkinkan mobil untuk secara virtual melihat, menembus dan mengelilingi bangunan serta dinding.

>>> Truk Dam Picu Tabrakan Beruntun di Lamongan Jawa Timur, Satu Pengemudi Ninja Tewas

Foto kamera persimpangan jalan

Selain lampu lalu lintas, persimpangan jalan di Amerika dilengkapi dengan kamera pengawas

Sistem Smart Intersection melibatkan empat kamera yang dipasang di atas lampu lalu lintas di setiap sudut persimpangan yang mampu menangkap objek kendaraan dan pejalan kaki di sekitarnya hingga jarak 300 kaki. Perangkat lunak Honda yang dipasang dalam mobil lalu mengubah umpan kamera tersebut menjadi gambar 360 derajat dari persimpangan, mengklasifikasikan kendaraan dan objek bergerak lainnya, seperti pejalan kaki, dan meneruskan informasi ke kendaraan di sekitarnya melalui sinyal komunikasi jarak pendek khusus (DSRC). Monitor di mobil bakal memberikan peringatan jelas kalau ada objek sedang bergerak atau berhenti di balik dinding bangunan sehingga pengemudi lebih berhati-hati.

>>> Baca juga: Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018

Sebagai bahan uji coba, sistem Smart Intersection ini bakal di pasang pada 200 mobil Honda dan hasilnya bakal dievaluasi. Kedepan, tak menutup kemungkinan sistem keamanan baru ini diterapkan di kota lain di Amerika dan dunia yang telah memiliki teknologi komunikasi Vehicle To Everything (V2X).

"Honda percaya bahwa teknologi V2X adalah komponen penting dari ekosistem transportasi yang lebih cerdas dan lebih aman dan dapat memainkan peran dalam mimpi kami untuk masyarakat tanpa tabrakan," tutur Ted Klaus, Wakil Presiden Penelitian Strategis di Honda R & D Americas.

"Dengan bermitra dengan Kota Marysville dan Negara Bagian Ohio, kami percaya penelitian ini akan memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi V2X dapat lebih maju dan paling efektif digunakan untuk kepentingan semua pengguna jalan." lanjutnya.

Sementara itu Walikota Marysville, JR Rausch mengungkapkan kebanggaannya kota Marysville dipilih untuk pengembangan dan uji coba Sistem Smart Intersection Honda.

“Kota Marysville punya sejarah panjang dengan Honda America dan kami saling menghargai satu sama lain. Kami berkomitmen untuk kemitraan kami dengan mereka untuk mendukung pengembangan dan pengujian kendaraan otonom,” tutur JR Rausch. “Kami bangga mereka memilih Marysville untuk menyebarkan teknologi Smart Intersection ini di sini.” tutupnya.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas termurah? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Berikut gambaran kinerja sistem keamanan Smart Intersection:

Gambaran fitur Smart Intersection

Gambaran fitur Smart Intersection di monitor

Gambaran fitur Smart Intersection

Gambaran fitur Smart Intersection di monitor

Gambaran fitur Smart Intersection

Gambaran fitur Smart Intersection di monitor

Smart Intersection mendeteksi adanya objek di ruas jalan lain di persimpangan lalu mengirimkannya ke monitor dalam mobil

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top