Inden Toyota Land Cruiser 300 Bisa 4 Tahun Gegara Krisis Chip

09/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Kabar terbaru yang disampaikan Toyota Jepang menyebutkan bahwa inden Toyota Land Cruiser 300 bisa mencapai 3 hingga 4 tahun akibat kelangkaan semikonduktor.

Berita buruk kembali berdatangan akibat krisis semikonduktor atau chip shortage yang melanda pabrikan di seluruh dunia. Kabar terbaru pun melanda penggemar Toyota Land Cruiser J300. Dimana Toyota menyebutkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menunggu model terbaru SUV premium mereka bisa mencapai 4 tahun.

Penutupan pabrik

Dilansir dari Carsguide, berita tersebut disampaikan langsung oleh Toyota Jepang. Mereka mengkonfirmasi bahwa kekurangan suku cadang dan chip memaksa raksasa otomotif tersebut untuk memangkas produksi hingga 40% pada bulan September.

dealer Toyota di Jepang dengan tulisan Jepang
Dealer Jepang kewalahan dengan permintaan yang tinggi dari Land Cruiser 300

>>> Takut Dipakai Teroris, Toyota Larang Land Cruiser 300 Dijual Kembali 

Land Cruiser 300 menjadi salah satu produk yang terkena dampak paling buruk. Pasalnya SUV premium yang populer di berbagai negara tersebut harus menghentikan kegiatan produksi setelah Toyota menutup pabrik Land Cruiser selama sebulan penuh.

Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri, mengingat antrean yang sudah terbentuk sejak awal Agustus lalu. Mengingat popularitasnya yang tengah melonjak akibat pembaharuan yang diberikan beberapa waktu lalu. Mulai dari desain yang lebih mewah, kelengkapan teknologi hingga VIN mikro untuk melacak model yang dicuri.

>>> Toyota Land Cruiser Seri 300 Dilengkapi VIN Mikro

Hingga 4 tahun

Dan berita terbaru dari dealer Toyota di Jepang menyebutkan skenario terburuk yang bisa terjadi yakni inden Toyota Land Cruiser yang bisa mencapai 4 tahun sebelum mobil tersebut dikirim ke pelanggan. Dengan penutupan pabrik Land Cruiser, maka waktu tunggu untuk model standar bisa mencapai 3 tahun. Sedangkan 90% dari pemesanan merupakan model Land Cruiser GR Sport dan ZX dengan waktu tunggu hingga 4 tahun.

Toyota Land Cruiser GR Sport berwarna putih
Peminat Toyota Land Cruiser GR Sport bisa menunggu 4 tahun

Menurut laporan dari media lokal, Toyota Jepang bahkan sudah kewalahan akibat minat besar yang diberikan pada mobil ini. Pasalnya, pre-order dari SUV generasi terbaru ini sudah melebihi kapasitas produksi domestik sebesar 400%. Dengan 20.000 pesanan, hanya 5.000 unit yang sudah dikirim ke pelanggan.

"Pengiriman Toyota Land Cruiser 300 yang sangat dinanti oleh pelanggan akan tertunda. Seperti yang disarankan sebelumnya, produksi Land Cruiser di Jepang telah dihentikan untuk sebagian Agustus dan sebagian besar September karena pembatasan COVID-19 di Asia Tenggara yang menyebabkan kekurangan suku cadang," jelas Toyota dalam sebuah pernyataan.

>>> Dapatkan harga mobil Toyota baru dan promo menarik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top