Krisis Chip Menggila, Makin Banyak Pabrik Mobil Setop Produksi

03/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Mau tidak mau para produsen mobil harus menghentikan kembali produksinya sebagai langkah efisiensi atas krisis chip semikonduktor yang tak kunjung selesai.

Krisis chip global menjadi ‘pandemi’ lain di industri otomotif selain Covid-19. Banyak produsen terpukul dan harus mengambil langkah penyesuaian dengan mengurangi produksi.

Menghentikan produksi

Dilansir dari Reuters, sejumlah produsen mobil dilaporkan telah menghentikan aktivitas produksi di sejumlah pabrik mereka. Sebagian lain dalam rencana sama, bakal menghentikan produksi untuk beberapa hari yang akan datang.

  • General Motors (GM)

GM bakal memangkas produksi di 8 pabriknya yang berada di Amerika Utara. Diantaranya pabrik GM Fort Wayne Indiana, GM Wentzville Missouri, GM Silao dan GM San Luis Potosi di Meksiko, serta pabrik GM di Equinox Kanada.

>>> Beli Mobil General Motors Kini Bisa Pakai Bitcoin

Foto menunjukkan aktivitas di salah satu dealer Chevrolet

Penjualan mobil turut terpengaruh krisis chip

GM juga menghentikan sementara aktivitas di pabrik Lansing Delta Township yang memproduksi Chevrolet Traverse dan Buick Enclave. Lalu pabrik Spring Hill Tennessee yang memproduksi GMC Acadia, Cadillac XT5 dan Cadillac XT6.

  • Ford

Merek Amerika ini menghentikan produksi Ford F-150 di pabrik Ford Kansas City hingga 6 September dan membatasi jam operasional pabrik di Michigan menjadi satu shift, dari sebelumnya tiga shift.

Pabrik Ford di Kentucky yang memproduksi pick up Super Duty, SUV Expedition dan Navigator juga bakal dipangkas jam operasionalnya pada 6 dan 13 September.

  • Toyota

Toyota bakal memangkas produksi global di bulan September sebesar 40% sebagaimana yang direncanakan, dari sebanyak 900 ribu unit menjadi 540 ribu unit.

>>> Terdampak Krisis Chip, Toyota Tutup Pabrik di China

Foto menunjukkan aktivitas produksi mobil Toyota

Toyota sudah menghentikan sementara produksi sebagian pabriknya di China

Setidaknya ada 14 pabrik Toyota di Jepang yang bakal menghentikan sementara aktivitas produksinya. Belum lagi pabrik yang lain yang tersebar di berbagai negara.

  • Scania

Produsen truk asal Swedia, Scania bakal menghentikan produksinya di Swedia, Prancis, dan Belanda selama seminggu penuh, serta pabrik di Amerika Selatan minggu depan.

"Kami melambat ke volume produksi yang lebih rendah sementara," tutur Kepala Pers Scania Karin Hallstan. "Mereka sekarang mempertahankannya selama beberapa hari ketika kami menahannya di sini di Eropa," lanjutnya.

  • Renault

Renault mengkonfirmasi penghentian sementara produksi di tiga pabrik di Spanyol hingga akhir tahun akibat krisis chip.

Pabrik Renault di Kota Palencia Spanyol yang memproduksi Kadjar dan Megane juga direncanakan untuk shutdown selama 61 hari. Sedangkan pabrik di Valladolid yang memproduksi SUV Renault Captur bakal dihentikan 40 hari.

  • Nio

Produsen mobil listrik China, NIO bakal memangkas pengiriman kendaraan ke dealer pada kuartal 3 tahun. Dari biasanya sekitar 23.000-25.000 unit kendaraan menjadi 22.500-23.500 unit. Alasannya pasokan chip yang tidak pasti dan tidak stabil.

Foto menunjukkan Mobil listrik NIO EC6

Mobil listrik NIO melawan dominasi Wuling dan Tesla di China

>>> Kekurangan Chip, Suzuki Pangkas Produksi Mobil di India Hingga 60%

Pabrik Mobil di Indonesia

Secara bukan hanya nama-nama di atas yang melakukan pemangkasan produksi karena krisis chip. Produsen lain seperti Honda, VW, Volvo, BMW, Mahindra dan yang lain juga mengambil langkah serupa untuk beberapa pabriknya.

Bagaimana dengan pabrik mobil di Indonesia?

Sejauh ini tidak ada informasi penghentian produksi pabrik mobil di Indonesia. Ini karena penggunaan chip semikonduktor di tanah air belum semasif di negara-negara maju di Amerika maupun Eropa.

"Kita masih belum setinggi mereka, seperti di negara maju, dalam penggunaan chip semikonduktor," ungkap Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, beberapa waktu lalu.

>>> Cari mobil bekas berkualitas, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top