Kota Cimahi Mulai Berlakukan Sistem Ganjil Genap

23/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah Kota Cimahi Jawa Barat berlakukan sistem ganjil genap di dua ruas jalan utama dalam kota mulai 23 Agustus 2021, dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Sistem ganjil genap di Kota Bogor ‘menjalar’ ke berbagai daerah Jawa Barat yang lain, seperti Kota Bandung, Kota Cirebon, dan Kota Tasikmalaya.

Yang terbaru Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi memberlakukan pembatasan yang sama di Kota Cimahi. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka mendukung Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

>>> Ini 19 Kendaraan yang Bebas Masuk Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Tanpa batas waktu

Dikutip dari NTMC Polri, sistem ganjil genap diberlakukan di dua ruas jalan utama dalam kota, yaitu Jalan Jenderal Amir Machmud dari mulai Persimpangan Sangkuriang sampai dengan Simpang Tiga Jalan Daeng Moch Ardiwinata, serta Jalan Gandawijaya dari mulai Cimahi Mall sampai dengan Simpang Tiga Kolonel Masturi.

Adapun waktunya setiap hari kerja mulai Senin, (23/8/2021) dari pukul 08.00-18.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional ganjil genap tidak berlaku.

Foto salah satu ruas jalan Kota Cimahi Jawa Barat

Ganjil genap untuk menekan mobilitas masyarakat

Ganjil genap ini berlaku sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Pemkot dan Kepolisian bakal melihat perkembangannya seperti apa, untuk kemudian menentukan diakhiri atau tetap dilanjutkan.

“Kita uji coba dulu sekalian sosialisasi pada pengendara. Kita lihat besok seperti apa perkembangannya setelah itu diterapkan,” kata KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Herinduansyah di NTMC Polri, Minggu (22/8/2021).

Pengecualian

Sebagaimana wilayah lain, sistem ganjil genap di Kota Cimahi berlaku juga mengecualikan jenis kendaraan tertentu, seperti kendaraan medis dan angkutan umum, termasuk ojol.

“Untuk ojol memang dikecualikan. Karena kan tujuannya menekan mobilitas warga, nah ojol yang membawa pesanan makanan itu untuk mengamankan jalur distribusi logistik atau makanan ke rumah masyarakat juga selama mereka diam di rumah,” kata Iptu Erin.

Lebih lengkapnya berikut 11 jenis kendaraan yang dikecualikan:

  1. Kendaraan bermotor operasional TNI, POLRI, DISHUB, SATPOL PP, dan kendaraan pemerintah (TNKB warna merah dasar).
  2. Kendaraan angkutan umum dengan TNKB warna dasar kuning.
  3. Kendaraan ambulance.
  4. Pemadam kebakaran.
  5. Kendaraan angkutan online baik sepeda motor atau mobil
  6. Kendaraan khusus pengangkut BBM (Bahan Bakar Minyak) atau BBG (Bahan Bakar Gas).
  7. Kendaraan angkutan kebutuhan bahan pangan sehari-hari.
  8. Kendaraan bertanda khusus yang membawa penyandang disabilitas.
  9. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
  10. Kendaraan pengangkut uang bank indonesia, antar bank, pengisian ATM dengan pengawasan dari petugas POLRI
  11. Kendaraan untuk kepentingan tertentu dengan pengawalan dan atau sesuai asas diskresi petugas POLRI.

>>> Ini 19 Kendaraan yang Bebas Masuk Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Foto menunjukkan Area ganjil genap Kota Cimahi

Hanya kendaraan jenis tertentu yang bebas melintas di kawasan ganjil genap

Bagi kendaraan bermotor yang tidak masuk pengecualian tersebut tidak diperbolehkan melintas di kawasan ganjil genap yang bukan jatahnya. Meski demikian, petugas tidak memberikan sanksi tilang dan hanya memberikan sanksi putar balik.

Seperti diketahui, sistem ganjil genap PPKM pertama diberlakukan di Kota Bogor, yaitu pada 19 Mei 2021. Disusul ganjil genap di ibu kota mulai 12 Agustus 2021 dan daerah-daerah lain.

>>> Satgas COVID-19 Bogor Terapkan Ganjil-Genap Selama PPKM Level 4

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top