Korsel Buat Aplikasi Navigasi Mirip Waze

22/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Korsel Buat Aplikasi Navigasi Mirip Waze
Pemerintah Korea Selatan sedang mempersiapkan satu aplikasi navigasi buatan lokal yang kabarnya mirip dengan Waze, untuk membantu setiap pengemudi di suatu area tertentu guna memberikan notifikasi kondisi lalu lintas seccara real time.

Google Maps dan Waze adalah dua aplikasi navigasi yang saat ini paling populer di dunia. Namun tidak dapat dipungkiri, perusahaan teknologi informasi lain juga terus mengembangkan aplikasi serupa untuk bisa menyainginya.

Apple contohnya yang terus mengembangkan Apple Maps sebagai alternatif Google Maps dengan mencoba menyajikan fitur yang lebih lengkap. Bahkan kini Apple Maps juga memiliki laporan secara real time dari pengguna lainnya akan kondisi dan situasi jalan seperti yang ada pada Waze. Kelemahannya cuma satu, Apple Maps cuma bisa dinikmati para pengguna perangkat berbasis sistem operasi iOS.

>>> Gara-gara Ikuti Aplikasi Peta Digital, Mobil Ini Terjun ke Sungai

Beberapa Negara Kembangkan Aplikasi Navigasi Buatan Lokal

Aplikasi Waze terbaru

Beberapa negara mulai kembangkan aplikasi buatan lokal

Keberadaan aplikasi peta digital ini ternyata juga dimanfaatkan oleh pemerintahan dari beberapa negara. Misalnya pemerintah India yang bekerja sama dengan mitra domestik untuk membangun satu aplikasi navigasi tersendiri buatan lokal untuk menjadi saingan Google Maps.

Dan kini dikutip dari Autoevolution, Senin (22/02/2021), laporan terbaru menyebutkan Korea Selatan (Korsel) juga akan meluncurkan sistem manajemen lalu lintas baru yang cara kerjanya disebut-sebut mirip dengan Waze. Pemerintah di negera tersebut tengah bekerja sama dengan pengembang lokal guna memberikan informasi melalui aplikasi navigasi kepada para warganya.

Informasi ini kabarnya akan menjadi solusi terbaik untuk mengirimkan pemberitahuan kepada pengemudi secara real time terkait kondisi lalu lintas di area tertentu. Termasuk jika terjadi kecelakaan atau situasi lalu lintas tersebut terlampau padat. Sehingga nantinya pihak kepolisian setempat bisa mengurai kemacetan yang ditimbulkan agar tak berdampak makin besar.

>>> 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Lewat Aplikasi

Bisa Langsung Dinikmati Setiap Pengemudi

Google Maps Android Auto

Korsel akan punya aplikasi mirip Waze buatan lokal

>>> Review DFSK Glory i-Auto 2020: SUV Kaya Fitur Terbaru DFSK

Apa yang dilakukan pemerintah Korea Selatan mungkin akan cukup mengganggu Google. Pasalnya sistem aplikasi yang tengah mereka kembangkan ini, kabarnya bukan hanya bisa dinikmati para pengguna ponsel cerdas. Sebab notivikasi mengenai situasi jalan tersebut nantinya akan dikirim langsung ke sistem pada kendaraan yang terhubung.

Mengingat saat ini teknologi pada kendaraan bermotor sudah jauh lebih canggih, maka pihak Kementerian Ekonomi dan Keuangan negara tersebut meyakinkan jika informasi mengenai kondisi traffic secara real time melalui aplikasi navigasi buatan lokal itu kemungkinan besar akan langsung dapat dinikmati di semua kendaraan produksi terbaru. Adapun jadwal peluncuran aplikasi peta digital ini ditargetkan terjadi pada tahun 2025.

Namun tentunya Google tak tinggal diam menghadapi makin ketatnya persaingan di aplikasi navigasi digital ini. Karena perusahaan raksasa tersebut sudah menyiapkan konsep Android Automotive yang akan menjadi platform baru bagi semua kendaraan yang tadinya sudah memiliki fitur Andorid Auto. Beberapa produsen otomotif pun sudah setuju untuk menggunakan Andorid Automotive ini, termasuk Polestar dan General Motors.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang perawatan mobil

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top