Konvoi Mobil Mewah Tak Boleh Lagi Dikawal Polisi

16/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Konvoi Mobil Mewah Tak Boleh Lagi Dikawal Polisi
Konvoi mobil mewah untuk segala jenis kegiatan tak lagi boleh dikawal pihak kepolisian. Ini juga berlaku terhadap konvoi moge hingga pesepeda di Jakarta.

Di Indonesia, melihat konvoi mobil mewah dan mendapat pengawalan tampaknya bukan hal asing lagi. Tapi pengawalan semacam itu tampaknya tak akan lagi ditemui.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan pihaknya mengeluarkan kebijakan untuk anggotanya dilarang mengawal konvoi mobil mewah dan lainnya termasuk moge serta rombongan pesepeda.

>>> Berkendara dengan Lambat, 10 Supercar Ditilang Saat Sedang Konvoi di Jalan

Konvoi Mobil Mewah Tak Boleh Lagi Dikawal

konvoi mobil

Konvoi mobil, moge, dan sepeda tak lagi boleh dikawal polisi

Pelarangan ini berkaitan dengan pengemudi Porsche yang kedapatan ugal-ugalan padahal mendapat pengawalan dari petugas Dinas Perhubungan. 

“Intinya begini, kami dari Polda Metro Jaya sendiri, saya dalam hal ini–tapi ini kebijakan Dirlantas Polda Metro Jaya–melarang anggota saya mengawal moge, mengawal mobil-mobil mewah, dan mengawal pesepeda,” ujar Sambodo dikutip laman NTMC Polri, Senin (15/3/2021). 

Sambodo punya alasan tersendiri di balik pemberlakukan kebijakan pelarangan konvoi mobil bagi anggotanya tersebut. Salah satunya, pengawalan yang dilakukan oleh polisi bisa menimbulkan kecemburuan sosial.

“Kenapa? Karena pengawalan yang dilakukan polisi itu sering menimbulkan kecemburuan masyarakat. Oleh sebab itu, saya melarang anggota saya untuk mengawal motor besar, mengawal mobil mewah, dan rombongan pesepeda,” tuturnya.

Adapun instansi lain yang bisa melakukan pengawal tentu untuk kondisi tertentu yang diatur undang-undang. Misalnya untuk pengawalan Presiden dan Wakil Presiden.

“Dan petugas lainnya yang diberikan dalam undang-undang misalnya seperti pengawalan Presiden dan Wapres dari Pom TNI kan terlibat,” ujar Sambodo.

Pengawalan Hanya untuk Event Olahraga

Gambar yang menunjukan rangkaian supercar yang ditilang ketika berkendara di Connecticut

Ilustrasi konvoi mobil

Sambodo mengatakan anggotanya dilarang mengawal kendaraan mewah untuk kegiatan apa pun, termasuk kegiatan sosial. Kecuali jika konvoi tersebut adalah rombongan atlet untuk event olahraga diperbolehkan untuk dikawal.

“Kegiatan apa pun, kecuali untuk memang mereka kegiatan olahraga ada event olahraga, yang memang itu atlet ya itu kita kawal,” terang Kombes Sambodo.

Sambodo menyebutkan aturan itu dia keluarkan di internal jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya sejak Februari 2021. 

“Itu terbatas untuk Ditlantas Polda Metro Jaya, sudah sejak bulan lalu, Februari. Pengawalan hanya diperbolehkan untuk event kejuaraan atau olahraga atau event-event tertentu yang menurut penilaian kami perlu untuk dilakukan pengawalan,” tandasnya.

Sekadar informasi, permasalahan ini mencuat saat rombongan mobil Porsche diduga ugal-ugalan. Namun, konvoi mobil Porsche yang menamakan diri dengan sebutan DNC membantah rekannya ugal-ugalan di jalan.

Kapten Gema yang mewakili DNC mengatakan, saat itu jalur yang mereka lewati sedang macet total. Selain itu, mereka juga sudah mendapat arahan dari Dishub dan Polisi Militer yang ikut mengawal.

>>> Berjalan Bersama Komunitas? Siapkan 5 Tips Berkendara Bersama Konvoi Mobil

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top