Konsumsi Pertamax Turbo Meningkat 36% Jelang Tahun Baru

31/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Konsumsi Pertamax Turbo Meningkat 36% Jelang Tahun Baru
Pencapaian tak biasa buat Pertamina, jelang perayaan Tahun Baru 2020, konsumsi Pertamax Turbo naik tajam hingga 36% dari rata-rata konsumsi harian sebelumnya.

Musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 memberi dampak besar buat PT. Pertamina (Persero) dalam hal konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Aktivitas liburan masyarakat yang didominasi bepergian menggunakan jalur darat, baik untuk mudik ke kampung halaman hingga travel ke tempat-tempat wisata telah meningkatkan permintaan BBM untuk semua jenis.

1. Konsumsi Pertamax Turbo

Foto menunjukkan antrean kendaraan di SPBU hendak isi BBM

Konsumsi Pertamax Turbo meningkat pesat

Peningkatan paling tajam terjadi pada konsumsi Pertamax Turbo. BBM dengan Oktan 98 ini naik dari sebelumnya 805 KL untuk rata-rata harian menjadi 1.098 KL.

Dituturkan Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, ketertarikan masyarakat pengguna kendaraan bermotor terhadap BBM berkualitas seperti Pertamax series memang semakin meningkat. Terlebih dengan beroperasinya jalan tol di berbagai daerah dengan ruas yang sangat panjang, performa kendaraan perlu dijaga agar tetap prima.

"Beroperasinya ruas tol baru baik di Trans Sumatra, Trans Jawa maupun jalan tol di Kalimantan menjadi pemicu permintaan bahan bakar berkualitas semakin meningkat. Hal ini untuk menunjukkan kesadaran konsumen pentingnya BBM yang bisa mendukung performa kendaraan agar terus prima selama di perjalanan sehingga mudik maupun liburan aman dan nyaman," tutur Fajriyah dalam keterangan resminya, Senin (30/12/2019). "Pertamax Turbo merupakan produk unggulan Pertamina yang memiliki oktan paling tinggi di antara produk BBM yang dijual di SPBU di Indonesia," tambahnya.

>>> Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat

2. Stok BBM

Foto menunjukkan para petugas sedang melakukan sidak ke salah satu SPBU

Pertamina pastikan stok BBM aman di musim liburan Tahun Baru

Disebutkan pula, masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan BBM jenis apapun. Pihak Pertamina memastikan stok BBM di musim liburan Tahun Baru 2020 ini aman, bahkan melebih batas minimum standar nasional. Pertamax Turbo hingga 37 hari, Pertamax 18 hari, Pertalite 18 hari, Premium 21 hari dan Avtur 18 hari.

Untuk kemudahan dalam pengisian Pertamina juga menyiapkan berbagai layanan seperti layanan mobile menggunakan sepeda motor, Kios Pertamax hingga Tangki Dispenser. Kemudian untuk kebutuhan mobil bermesin diesel, Pertamina sudah mendistribusikan bahan bakar Dexlite dan B30 ke seluruh jaringan SPBU Pertamina dalam jumlah yang cukup.

"Memasuki Tahun Baru 2020, seluruh SPBU Pertamina telah siap menjual B30. Masyarakat bisa menikmati B30 melalui produk biosolar dan Dexlite. Kelebihan B30 adalah lebih ramah lingkungan dan bersahabat dengan mesin kendaraan," pungkasnya.

Sebagai informasi, bahan bakar nabati (BBN) B30 atau Biodiesel 30 persen secara resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 23 Desember 2019 lalu. Akan tetapi pemberlakuan secara nasional baru dimulai pada Tahun Baru 1 Januari 2020.

>>> Honda Mobilio Irit BBM dan Layak Dibeli, 1 Liter Bisa Tembus 28 KM

Foto menunjukkan Pertamina siap dengan layanan antar BBM

Ada layanan mobile Pertamina di Jalan Tol Trans Jawa

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top