Konsumen Panel Hardtop Ford Bronco Merana Gara-gara Corona

22/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Panel hardtop Ford Bronco mengalami masalah karena kendala pasokan komponen akibat pabrik pembuatnya yang berlokasi di Jerman berada dalam zone merah Covid-19

Jujur saja, anekdot “Fix Or Repair Daily” atau “Fails On Rainy Days” yang selama ini melekat pada produk otomotif keluaran Ford memang bukan omong kosong alias fakta nyata. Parahnya lagi, anekdot tadi terulang (lagi) pada kreasi unggulan terbaru yang digadang-gadang sebagai mesin uang andalan pabrikan berjuluk “the blue oval”.  Boleh disebut, tahun ini Ford banyak dirongrong masalah terutama dalam hal proses produksi di pabrik.

gambar ford

Ford Bronco

Kali ini, Ford Bronco yang dirundung masalah pada  komponen atap keras (hardtop) yang bisa dibongkar-pasang. Hal itu sudah dilaporkan secara resmi oleh sejumlah pemilik Ford Bronco kepada FoMoCo (Ford Motor Company). Mengutip forum Bronco6G, beberapa pemilik Ford Bronco menyampaikan berbagai keluhan soal kualitas produk atap keras tersebut.  

>>> Atap Mobil Bocor? Periksa Bagian Ini

Ragam Masalah

Beberapa masalah pada atap keras Bronco yang dialami  oleh sejumlah pemilik didukung dengan bukti foto sehingga lebih mudah untuk mengetahui biang penyebab. Contohnya adalah lecet-lecet, tertimpa benda tumpul dengan ujung tajam, bagian pinggiran pecah-pecah.

gambar ford

Panel atap mengalami goresan dan lecet

Masalah lainnya seperti  struktur sarang lebah pada  sisi luar panel yang terbuka dan  bagian bawah panel atap yang getas. Mereka mengaku masalah itu muncul setelah panel atap dipoles.

Respons Masalah

Terkait temuan tersebut, Ford terus mencari tahu biang penyebab  masalah untuk mendapatkan solusi. Tetapi Ford menjamin sudah melakukan QC ketat sebelum mengirimkan mobil pesanan konsumen.

gambar ford

Jarak antar panel (panel gap) yang renggang melewati batas spesifikasi 

Belakangan Ford mengakui menerima laporan tentang masalah pada panel atap yang dikirim oleh Webasto selaku pemasok komponen tersebut. Webasto menyebutkan kendala proses produksi di pabrik di Jerman. Penyebabnya, pabrik pemasok komponen untuk Webasto ternyata berlokasi di zona merah Covid-19.        

gambar webasto

Kemungkinan relokasi pabrik untuk sementara waktu ke Amerika Serikat 

Menghadapi seretnya pasokan panel atap, solusi sementara Ford adalah menyiapkan lokasi produksi untuk Webasto di kawasan Metro Detroit. Bagi konsumen yang tetap menginginkan  atap keras dan bersedia menunggu, Ford menawarkan paket ganti atap dari hardtop menjadi  soft top dan pemberian paket “hardtop prep kit”. Nantinya setelah pasokan hardtop semakin lancar, soft top akan diganti dengan hardtop.  

Gambar Ford Bronco

Masalah panel atap keras hanya berlaku untuk varian 2 pintu, sedangkan varian 4 pintu aman-aman saja 

Sebetulnya, masalah pasokan panel hardtop Bronco sudah muncul sejak bulan Maret 2021. Saat itu  Ford mengumumkan panel hardtop Ford Bronco sewarna bodi (perangkat opsional)  tidak tersedia untuk model tahun  2021. Sebagai gantinya, Bronco model tahun 2021 hanya tersedia dengan pilihan  soft top atau  panel atap model  “molded-in-color” (MIC) berwarna abu-abu.  Sejauh ini, masalah hardtop hanya melibatkan varian Bronco 2 pintu yang memang dipasarkan dengan atap keras. Sedangkan untuk Bronco 4 pintu tersedia pilihan hardtop dan soft top.

>>> Kemudahan Modifikasi Ford Bronco 2021, Lego Abad 21

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top