Kondisi Marchionne Memburuk, Ferrari & FCA Rombak Pucuk Pimpinan

25/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kondisi Marchionne Memburuk, Ferrari & FCA Rombak Pucuk Pimpinan
Ketiga sosok pemimpin Ferrari dan FCA (Fiat Chrysler Automobiles) masa kini, yang siap melanjutkan perjalanan Sergio Marchionne sebagai pucuk pimpinan pabrikan otomotif Italia-Amerika ini.

Nama FCA (Fiat Chrysler Automobiles) dan Ferrari memiliki satu kesamaan, yakni sama-sama dipimpin oleh Sergio Marchionne. Pria berdarah Italia-Kanada ini memang namanya cukup disegani di dunia otomotif, mengingat lewat tangannya brand seperti  Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, Fiat, Fiat Professional, Jeep, Ram Trucks, Lancia, Maserati, dan Ferrari mencapai era kesuksesan di era 2010an hingga saat ini.

Namun sayang, kondisi Sergio Marchionne saat ini dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk ia menahkodai Ferrari dan FCA sebagai CEO. Alhasil dari dewan rapat darurat yang dilakukan, FCA dan Ferrari memutuskan untuk segera menunjuk CEO dan Chairman untuk Ferrari dan FCA.

>>> Temukan daftar mobil baru dijual segera di Cintamobil.com

"Fiat Chrysler Automobiles N.V. dengan sedih mengabarkan bahwa telah terjadi komplikasi yang tidak terduga selama pemulihan pasca operasi Tn. Marchionne. Kondisi kesehatan beliau juga memburuk dalam beberapa jam terakhir. Oleh sebab itu, Tn. Marchionne tidak sanggup untuk melanjutkan pekerjaannya”, terang manajemen FCA dalam rilis resmi mereka.

gambar menunjukan tiga orang yaitu John Elkann, Louis C Camilleri, Mike Manley
Kiri: John Elkann (Chairman Ferrari & FCA), Kanan: Louis C Camilleri (CEO Ferrari, atas) & Mike Manley (CEO FCA, bawah)

>>> Jual mobil kini semakin cepat dan mudah, cukup isi data di Cintamobil.com melalui link ini

Untuk posisi di Ferrari, dewan direksi pabrikan asal Maranello ini menunjuk John Elkann sebagai Chairman Ferrari, serta Louis C Camilleri sebagai CEO Ferrari. Sedangkan untuk posisi di FCA, posisi CEO akan diisi oleh Mike Manley. Namun posisi Mke Manley bersifat sementara, disebabkan posisi CEO FCA baru akan ‘kosong’ tahun depan karena Marchionne memiliki rencana pensiun di 2019.

Bicara soal ketiga nama ‘pengganti’ Marchionne jelas sudah tidak asing di keluarga FCA maupun Ferrari. Sekedar informasi, John Elkann adalah Chairman FCA yang merupakan cucu dan suksesor yang ditunjuk langsung oleh mendiang Gianni Agnelli, yang notabene merupakan pemilik Fiat.

Di sisi lain, posisi CEO FCA yang diisi oleh Mike Manley pun bukan sembarang asal pilih. Pria berdarah Inggris ini sempat menjadi Head of Jeep dan Head of RAM Trucks, yang ia bawa ke tingkat kesuksesan yang berpengaruh terhadap kinerja FCA. Sedangkan CEO Ferrari, Louis C Camilleri merupakan anggota dewan direksi Ferrari yang sebelumnya pernah menjadi CEO Philip Morris International.

>>> Jangan lupa update berita terbaru seputar otomotif melalui link ini 

Share this post:
 
back to top