Kompetisi Libur Sampai Juni, F1 Gelar Balapan Virtual

26/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Kompetisi Libur Sampai Juni, F1 Gelar Balapan Virtual
Untuk mengisi kekosongan, Formula 1 menggelar balapan virtual F1 untuk menggantikan putaran yang ditunda atau dibatalkan sampai Juni mendatang. Yang menarik, Anda juga berkesempatan main bareng pembalap F1 sungguhan.

Seperti kita ketahui, pandemi virus Corona menganggu kompetisi balap F1 musim 2020, setidaknya delapan balapan awal ditunda atau dibatalkan. Berarti, kita tak akan melihat aksi mobil balap F1 di sirkuit sampai Juni mendatang.

>>> Corona vs Motorsport: Sampai kapan ajang balap ditunda?

Mengakali hal ini, F1 bekerja sama dengan Veloce E-Sport akan menggelar balapan virtual F1 yang dimulai akhir pekan lalu di sirkuit Sakhir, Bahrain, 22 Maret. Selanjutnya, balapan lain yang terkena dampak corona akan digantikan oleh balapan virtual, setidaknya sampai GP Azerbaijan awal Juni mendatang.

Pakai game F1 2019

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

Balapan virtual F1 ini akan menggunakan game PC F1 2019, yang dikembangkan oleh Codemasters. Sebagai catatan, balapan virtual akan mengambil panjang balapan 50% dengan satu sesi kualifikasi. Balapan virtual ini akan disiarkan secara live streaming di kanal YouTube dan Twich F1, Facebook Channels, dan situs F1.com, adapun lamanya siaran sekitar 90 menit.

F1 2019 gameplay

Balapan virtual ini akan memakai game pc F1 2019

Karena beragamnya kemampuan tiap-tiap pembalap dalam memainkan game simulator, tingkat kesulitan game akan dibuat sedemikian rupa agar menghadirkan balapan yang menghibur. Salah satunya dengan membuat performa tiap mobil setara dengan setup yang telah ditetapkan, vehichle damage yang ringan, dan opsi ABS dan Traction Control bagi yang belum terbiasa bermain F1 2019.

>>> Temukan berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Bersifat hiburan, tak ada poin yang diperebutkan

Apakah balapan virtual F1 ini menjadi pengganti dari musim yang ditunda? Tentu saja tidak, ajang ini bersifat hiburan semata untuk menghadirkan aksi balap untuk para penggemar balap yang sudah tak sabar melihat mobil F1 beraksi di trek.

Poster balapan virtual F1 Bahrain

Tak hanya pebalap F1, pemain bola dan artis juga turut meramaikan balapan ini

Alhasil, para pembalap juga tak akan mendapatkan poin dari balapan virtual ini. Pesertanya pun tidak melulu pembalap F1, tercatat kiper Real Madrid, Thibaut Curtois dan mantan vokalis One Direction, Liam Payne meramaikan balapan di Bahrain kemarin. Hasil akhir balapan virtual GP F1 Bahrain dimenangkan oleh pembalap Formula 2 asal China, Guanyu Zhou diikuti oleh eks-pembalap McLaren Stoffel Vandoorne dan pembalap Red Bull, Philipp Eng di posisi kedua dan ketiga.  

Selain balapan virtual pengganti jadwal balap regular, F1 juga menggelar balapana eksebisi, di mana fans dari seluruh dunia berkesempatan melawan pembalap F1 secara online, menarik bukan?

>>> Berita otomotif terlengkap, tips & trik terbaru, serta pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Jelang GP Australia, 5 Teknisi F1 Diduga Terpapar Virus Corona

12/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Tinggal menghitung hari jelang balapan pembuka GP Australia, kabar tidak mengenakkan beredar di paddock F1 setelah lima teknisi dari dua tim berbeda disinyalir terinfeksi Virus Corona.

Lihat juga

Virus Corona Juga Tunda Penerapan Regulasi F1 2021

20/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak hanya balapan yang terkena dampak virus corona, regulasi F1 2021 juga baru akan diperkenalkan 2022 setelah semua tim sepakat menunda penerapan regulasi terbaru F1.

Lihat juga

Virus Corona Belum Mereda, Le Mans 24 Jam 2020 Diundur

19/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Penyebaran virus corona di Eropa kini semakin buruk, dan berdampak pada berbagai ajang otomotif yang digelar di sana. Termasuk balap ketahanan Le Mans 24 Jam 2020 yang diundur sampai pertengahan September mendatang.

Lihat juga

Balap ISSOM 2020 Ditunda Akibat Pandemi Corona

18/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Ajang balap ISSOM 2020 ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini menyusul instruksi Presiden Republik Indonesia yang meniadakan kegiatan yang bisa menyedot keramaian publik demi mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Lihat juga

F1 GP Bahrain dan Vietnam Ikut Batal Gara-Gara Virus Corona

16/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Menyusul Australia dan Cina, F1 GP Bahrain dan Vietnam dibatalkan karena penyebaran Virus Corona. Alhasil, musim balap 2020 baru akan dimulai paling cepat awal Mei.

Lihat juga