Komparasi Toyota Raize vs Corolla Cross, Mana Yang Lebih Layak Dibeli?

26/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kali ini tim Cintamobil.com melakukan komparasi Hatchback 5-penumpang, yaitu Toyota Raize dan Corolla Cross. Mana yang punya value for money lebih baik?

Meski memiliki harga dan kasta yang berbeda, Toyota Raize dan Toyota Corolla Cross adalah SUV 5 penumpang. Keduanya menawarkan nilai tambah masing-masing yang berbeda.

Untuk komparasi ini, kami menggunakan Toyota Raize 1.0T S CVT TSS Two Tone sebagai tipe termahal. Sedangkan untuk Toyota Corolla Cross, kami memilih versi hybrid yang memiliki value for money lebih baik.

Gambar Toyota Raize 1.0T S CVT TSS Two Tone

Tipe termahal Raize dengan transmisi CVT, styling GR Sport, dan Toyota Safety Sense

Tanpa berlama-lama, mari kita jabarkan beberapa parameter yang menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang mencari SUV 5 penumpang.

>>> Baru Diluncurkan, Toyota Raize Hybrid dan Facelift Makin Santer Muncul

Parameter Ekonomi

Dari segi harga, Toyota Raize unggul telak jika dilihat dari faktor ekonomisnya. Raize tipe 1.0T S CVT TSS Two Tone dibanderol Rp 265.900.000. Bandingkan dengan Toyota Corolla Cross Hybrid yang dijual  Rp 521.480.000., selisih harga Rp 255 juta yang artinya cukup untuk membeli 1 Raize lagi dengan tipe lebih rendah.

Jika selisih harganya sedikit lebih dekat, mungkin Toyota Corolla Cross Hybrid bisa menjadi opsi yang menarik, terutama dengan teknologi powertrain yang diusung membuat konsumsi bahan bakar mobil tersebut jauh lebih efisien.

Gambar Mesin Corolla Cross Hybrid

Mesin Atkinson cycle Corolla Cross Hybrid menawarkan efisiensi bahan bakar setara LCGC

Kami juga berasumsi bahwa untuk biaya perawatan, Raize yang berbagi platform dengan Daihatsu Rocky dan diproduksi di pabrik Astra Indonesia juga jauh lebih terjangkau dibanding Toyota Corolla Cross yang diimpor dari Thailand.

Namun, Toyota Corolla Cross Hybrid bisa menawarkan keunggulan ekonomis di sisi konsumsi bahan bakar. Jika Toyota Raize memilliki angka efisiensi 16 kilometer per liter untuk rute kombinasi, Corolla Cross Hybrid bisa mencatat efisiensi 22 kilometer per liter di rute yang sama.

>>> Intip Mesin Toyota Raize 1.2L yang Sarat Teknologi

Parameter Performa

Bicara performa, Raize 1.0T S CVT TSS menggunakan mesin 998 cc 1KR-VET yang menghasilkan tenaga 97 HP dengan torsi 140 Nm.

Gambar Mesin 1KR-VET

Sulit untuk mengalahkan rasio tenaga dan efisiensi dari mesin 1KR-VET

Sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid mengggunakan mesin Atkinson cycle 1.798 cc 2ZR-FXE yang menghasilkan tenaga 98 HP dengan torsi 142 Nm, dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 71 HP dan torsi 163 Nm. Jika keduanya bekerja, Corolla Cross Hybrid dapat menyemburkan tenaga hingga 134 HP dengan torsi 207 Nm.

Uniknya, meski secara angka Toyota Corolla Cross Hybrid lebih unggul dari Raize, kedua mobil justru mencatatkan kemampuan akselerasi 0 - 100 km/jam yang serupa, yaitu di kisaran 11 detik.

Kami berasumsi bahwa atkinson cycle yang diciptakan untuk mencapai efisiensi terbaik dan bobot dari Corolla Cross Hybrid membuat kemampuan akselerasinya hanya mampu menyamai Toyota Raize.

Fitur dan Kenyamanan

Toyota Raize 1.0T S CVT TSS sebagai tipe termahal menawarkan fitur yang sangat lengkap untuk mobil dengan harga di bawah Rp 300 juta.

>>> Toyota Corolla Cross Hybrid Bakal Diproduksi di Indonesia?

Untuk fitur keselamatan, kedua mobil sudah dibekali dengan SRS Airbags (2 untuk Raize dan 7 untuk Corolla Cross Hybrid), seat belt 3 titik, rem dengan ABS (Anti-lock Braking System) + EBD (Electronic Brake Distribution), VSC (Vehicle Stability Control), dan HSA (Hill Start Assist).

Gambar Toyota TSS

Untuk mobil di bawah Rp 300 juta, fitur yang tersemat pada Toyota Raize sangat impresif

Bahkan, Raize tipe tertinggi juga dibekali dengan TSS (Toyota Safety Sense) yang memiliki empat sistem kerja dengan berbagai sensor, yaitu Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Automatic High-beam, dan Road Sign Assist. Tak hanya itu, tipe ini juga dibekali dengan Adaptive Cruise Control.

Untuk fitur kenyamanan, kedua mobil sudah dibekali dengan head unit touchscreen dengan konektivitas bluetooth dan Apple Car Play atau Android Auto. Khusus untuk Corolla Cross Hybrid, ada fitur NFC untuk membaca e-Money serta Voice Command.

Kedua mobil juga sudah dilengkapi dengan sensor + kamera parkir, AC Digital, immobilizer, alarm, serta mode berkendara untuk Toyota Corolla Cross Hybrid dan Power Mode untuk Toyota Raize.

Gambar NFC Corolla Cross Hybrid

Fitur NFC Corolla Cross Hybrid mengusir was-was kekurangan saldo saat hendak masuk tol

Sedangkan untuk parameter kenyamanan, Toyota Raize harus mengalah dari Corolla Cross Hybrid dengan dimensi lebih besar yang menawarkan kabin dengan headroom serta legroom yang lebih baik.

Kabin Corolla Cross Hybrid juga jauh lebih senyap karena mesin hybrid atkinson cycle dan peredaman kabinnya yang lebih baik.

>>> First Drive Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021: Mesin Bensin Juga Layak Dimiliki

Kesimpulan

Memang sulit untuk mengalahkan Toyota Raize 1.0T S CVT TSS yang memiliki value for money sangat baik. Dengan harga Rp 276.100.000, Anda mendapatkan mobil dengan value setara mobil-mobil dengan harga yang lebih mahal.

Gambar Toyota Corolla Cross Hybrid

Sebenarnya Toyota Corolla Cross Hybrid adalah mobil yang brilian, sayangnya Raize menawarkan value for money lebih baik

Namun, sistem hybrid pada Corolla Cross menawarkan alternatif yang menarik bagi konsumen yang menginginkan mesin yang efisien bahan bakar dengan emisi rendah dan kenyamanan yang sangat baik.

Sayangnya, selisih harga yang terlalu jauh membuat kami harus memilih Toyota Raize sebagai pemenang mutlak komparasi SUV 5 penumpang Toyota kali ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top