Komparasi Suzuki S-Presso vs Suzuki Ignis, Mana Lebih Menarik?

13/09/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Jika rumor peluncuran Suzuki S-Presso terbukti, artinya Ignis akan punya saudara baru di segmen yang serupa. Bagaimana perbandingan kedua mobil tersebut?

Pilihan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk memilih S-Presso sebagai mobil terbaru mereka sebenarnya akan membuatnya bersinggungan dengan dua mobil di jajaran produk Suzuki saat ini, yaitu Karimun Wagon R dan Ignis. Ketiganya merupakan mobil kompak dengan mesin kecil yang diplot sebagai mobil perkotaan.

Jika sebelumnya kami telah membandingkan Suzuki S-Presso dengan Karimun Wagon R, kali ini tim Cintamobil.com akan melakukan komparasi antara sang pendatang baru dengan Suzuki Ignis.

Gambar Suzuki S-Presso

Apakah pendatang baru ini dapat mengancam posisi sang 'kakak'?

>>> Komparasi Suzuki S-Presso vs Karimun Wagon R, Mana yang Lebih Baik?

Dimensi

Suzuki S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.564 mm dengan jarak sumbu roda 2.380 mm dan ground clearance 180 mm. Sedangkan Suzuki Ignis memiliki ukuran panjang 3.700 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.595 mm, dengan jarak sumbu roda 2.435 mm dan ground clearance 180 mm.

Dari data tersebut, kami berasumsi bahwa Suzuki Ignis akan menawarkan ruang kabin yang lebih leluasa dengan dimensi keseluruhan yang lebih besar.

Gambar Suzuki Ignis

Suzuki Ignis masih lebih besar dibanding S-Presso

Dapur Pacu

Kami masih belum tahu mesin apa yang akan digunakan oleh S-Presso jika nantinya meluncur di Tanah Air, namun kami menduga mobil ini akan menggunakan mesin 1.000 cc yang berkode K10B. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 67 HP di 5.500 rpm dan torsi maksimal 90 Nm di 3.500 rpm.

Sedangkan Suzuki Ignis menggunakan mesin 1.200 cc berkode K12M yang dapat menghasilkan tenaga 85 HP di 6.000 rpm serta torsi 113 Nm di 4.200 rpm.

Keduanya merupakan mobil penggerak depan (FWD) dan sama-sama dibekali opsi transmisi manual dan AGS (Auto Gear Shift) 5-percepatan.

>>> Lebih Dekat Dengan Suzuki S-Presso 2021, Versi Indonesia Bakal Gini?

Gambar Mesin Suzuki S-Presso

S-Presso menggunakan mesin yang sama dengan Karimun Wagon R

Kalau prediksi kami tak salah, di atas kertas S-Presso kalah telak soal tenaga dengan kubikasi mesin yang lebih kecil. Namun, kita bisa melihat bahwa tenaga dan torsi maksimal dari mobil tersebut bisa diraih pada putaran mesin yang lebih rendah.

Fitur

Suzuki S-Presso dibekali sejumlah fitur kenyamanan, seperti AC dengan heater, head unit layar sentuh 7 inci dengan konektivitas Bluetooth, Apple CarPlay, dan Android Auto.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, S-Presso dibekali dengan Dual SRS Airbags, sistem pengereman dengan ABS dan EBD, sensor parkir belakang, hingga sistem peringatan kecepatan tinggi.

Gambar Suzuki Ignis

Fitur pada Ignis masih sedikit lebih lengkap dibanding S-Presso

Sedangkan untuk Suzuki Ignis, head unit layar sentuh tersedia pada tipe GX. Begitu pula dengan AC Digital dan Climate Control yang hanya tersedia di tipe tertinggi. Dalam hal fitur keselamatan, mobil ini juga dibekali dengan Dual SRS Airbags, sistem pengereman dengan ABS dan EBD, dan sensor parkir belakang.

Kesimpulan

Suzuki Ignis memang lebih unggul dengan dimensi serta mesin yang lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa S-Presso kabarnya akan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika memang saat diluncurkan selisih harganya cukup jauh, menurut kami Suzuki S-Presso menawarkan setidaknya 90% dari Ignis dengan value for money yang lebih baik.

>>> Tertarik mobil Suzuki, dapatkan harga terbaik di sini!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top