Harga Setara, Pilih Nissan Terra atau Toyota Fortuner GR Sport

27/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Dengan selisih harga tak sampai 10 juta, Anda bisa memilih Nissan Terra maupun Toyota Fortuner GR Sport. Mari, simak perbedaan dua SUV gagah tersebut!

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) belum mendominasi pasar di tanah air. Meski demikian mobil ini semakin digemari dengan bukti semakin banyaknya pilihan model untuk konsumen.

Nissan Terra dan Toyota Fortuner GR Sport diantaranya, keduanya menjadi andalan brand masing-masing di segmen SUV 7 seater. Secara harga keduanya pun setara di angka Rp 500 jutaan dengan selisih tidak sampai Rp 10 juta.

Nissan Terra 2.5L VL A/T (4x2) dijual dengan harga Rp 537.100.000 OTR Jakarta Agustus 2021. Sedangkan Fortuner GR Sport (4x2 2.4 VRZ A/T DSL) dijual dengan harga Rp 544.200.000. Siapa lebih layak dibeli? Simak perbedaan keduanya berikut!

Desain

  • Eksterior

Secara dimensi Nissan Terra lebih besar dari Toyota Fortuner Gazoo Racing (GR) Sport. Nissan Terra memiliki ukuran panjang 4.895 mm, lebar 1865 mm, dan tinggi 1835, dengan jarak sumbu roda 2850 mm dan ground clearance 225 mm.

Toyota Fortuner berukuran panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1,835, dengan jarak sumbu roda 2,745 mm dan ground clearance 225 mm.

Untuk desain Terra dan Fortuner GR Sport sama-sama menunjukkan ciri SUV yang khas. Dari tampilannya yang berkarakter dengan garis garis tegas hingga ground clearance yang tinggi.

>>> Nissan Terra Facelift Debut di Thailand, Bakal Masuk Indonesia Juga?

Foto menunjukkan Toyota Fortuner GR Sport tampak samping depan

Toyota Fortuner GR Sport didominasi warga gelap

Yang berbeda, tatapan Fortuner GR Sport nampak lebih tajam karena desain lampu utamanya yang dibuat menyipit. Sedangkan Nissan Terra menggunakan lampu utama dengan ukuran proporsional.

Perbedaan lebih mencolok lagi ada di bagian samping. Desain jendela Terra sebagaimana umumnya mobil penumpang dengan pilar A, B, dan C, serta pilar D berukuran besar. Sedangkan Fortuner GR Sport pilar D tidak nampak karena mengusung desain floating roof.

  • Interior

Anda dipermudah untuk mengakses interior Nissan Terra maupun Toyota Fortuner GR Sport dengan adanya pijakan kaki, baik untuk baris depan maupun baris belakang. Kabin keduanya bisa muat 7 penumpang dengan konfigurasi 2-3-2. Jika dimaksimalkan bisa tambah lagi satu penumpang menempati kursi baris belakang.

Sedikit kekurangan mengingat keduanya menggunakan sasis ladder frame, ruang kabinnya tak selega mobil-mobil MPV. Penumpang dengan ukuran tubuh tinggi besar tidak disarankan duduk di kursi paling belakang karena bakal ‘tersiksa’.

>>> Beda Toyota Fortuner GR Sport dan TRD Sportivo

Foto menunjukkan Nissan Terra tampak samping depan

Nissan Terra, sudah ada facelifnya di 2021

Selebihnya, pengendara bisa menikmati beragam fitur yang tersedia.

Untuk Nissan Terra ada jok yan semuanya kulit, jok baris kedua bisa dilipat menggunakan tombol sekali tekan, Illuminated Vanity Mirror, Center Console AC Vent, Tilt Steering, Sunglass Holder, Audio Head Unit, Interior Illumination with Ambient Light, setir dengan balutan kulit, shift knob juga dibalut kulit, Dual Zone Auto AC serta Power Lumbar Support (DR).

Ada lagi Intelligent Rear View Monitor, Intelligent Arround View Monitor, Moving Object Detection, Off Road Monitor in MID, Tire Pressure Monitoring System in MID, Blind Spot Warning, dan Lane Departure Warning

Untuk Toyota Fortuner GR Sport ada jok kulit imitasi baru, interior warna gelap, New Adaptable Auto A/C with Dual Zone, layar multi media 9”, New Surround Monitor, roof monitor yang untuk hiburan penumpang belakang, Power Seat Adjuster, hingga Wireless Charger untuk mengisi daya smartphone tanpa kabel.

>>> Toyota Gazoo Racing Ternyata Punya 4 Kasta

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan salah satu yang menonjol pada Nissan Terra dan Toyota Fortuner GR Sport.

Foto menunjukkan Interior Nissan Terra

Terra dan Fortuner sama-sama bisa muat 7 penumpang

Nissan Terra dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), plus Brake Assist (BA). Lalu ada Vehicle Dynamic Control, airbag depan dan samping, Hill Start Assist untuk mencegah melorot saat di tanjakan, Hill Descent Control untuk mencegah kendaraan meluncur di turunan, sensor parkir belakang, Immobilizer, Alarm dan yang lain.

Untuk Fortuner GR Sport dilengkapi Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control, kontrol traksi otomatis atau Automatic Traction Control (A-TRC), Vehicle Stability Control (VSC) dan yang lain.

>>> Keistimewaan Toyota Fortuner VRZ, Varian SUV Terlaris di Indonesia

Mesin

Untuk menunjang performanya, dua mobil SUV ini dibekali mesin yang cukup bertenaga. Nissan Terra dibekali mesin Common Rail Turbo Diesel 4 silinder berkapasitas 2.500 cc dengan tenaga maksimum 187,5 Hp pada 3.600 rpm dan torsi maksimum 450 Nm pada 2.000 rpm.

Sedangkan Toyota Fortuner GR Sport dibekali mesin diesel GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler berkapasitas 2.400 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 147,5 Hp pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pad 1.600-2.000 rpm.

Foto menunjukkan Dashboard Toyota Fortuner GR Sport

Secara teknis Fortuner GR Sport sama dengan Fortuner tipe yang lain

Kesimpulan

Kembali ke pembahasan awal, siapa yang paling layak dibeli Nissan Terra atau Toyota Fortuner GR Sport? Kembali ke selera dan pertimbangan masing-masing.

Bagaimanapun juga keputusan membeli mobil baru tak hanya mempertimbangkan soal produk dan harga. Hal lain seperti layanan purna jual hingga ketersediaan suku cadang juga menjadi pertimbangan yang tidak bisa diabaikan.

>>> Cari Toyota Fortuner bekas, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top