Komparasi New MG ZS vs Toyota Raize, Mana Lebih Menarik Dipilih?

13/09/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
MG Motor Indonesia baru saja memberikan penyegaran pada SUV mereka, ZS. Apakah New MG ZS layak dipilih jika dibanding Toyota Raize yang punya harga serupa?

MG Motor Indonesia resmi memperkenalkan New MG ZS secara virtual pada Kamis (9/9). SUV dari pabrikan asal Inggris tersebut kini menawarkan sejumlah penyegaran di sektor eksterior dan interior yang membuatnya semakin menarik untuk dipinang.

Jika sebelumnya mobil ini kerap dibandingkan dengan Mazda CX Series karena grille-nya, kini MG ZS menggunakan grille dengan desain baru yang tetap mengusung jiwa Brit Dynamic.

Gambar New MG ZS

Grille baru membuat tampilannya kian sporty

Bumper serta lampu depan juga mendapat pembaruan yang membuat mobil ini tampil berkelas. Sedangkan sektor interior ketambahan head unit 10,1 inci dengan konektivitas kekinan seperti Bluetooth dan Smartphone Mirroring.

Lantas, bagaimana peluang MG ZS terbaru dalam menghadapi Toyota Raize yang sedang naik daun? Simak komparasi dari Cintamobil.com mengenai dua SUV dengan harga yang mirip-mirip ini.

>>> Suzuki Ignis vs Toyota Raize, Mana Yang Lebih Menarik Untuk Dipilih?

Harga

Sayangnya, MG Motor Indonesia masih belum mengumumkan harga resmi dari mobil ini. Cukup aneh mengingat biasanya peluncuran mobil diikuti dengan pengumuman harga serta detail pemesanan bagi para konsumennya.

Tetapi kami memprediksi bahwa MG ZS baru akan ditawarkan di rentang harga Rp 270 hingga 300 juta, mengingat versi sebelum facelift yang memiliki fitur lebih sedikit ditawarkan di rentang Rp 260 hingga 295 juta.

Gambar Toyota Raize

Tipe tertinggi Raize masih lebih terjangkau ketimbang MG ZS

Di sisi lain, Toyota Raize ditawarkan dengan harga Rp 214 juta hingga Rp 281 juta. Dari segi harga, Raize jelas menang telak. Selain lebih terjangkau secara keseluruhan, Toyota juga menawarkan Raize dengan rentang tipe yang sangat beragam dari mulai varian mesin 1.2 hingga 1.0 turbocharged.

Untuk komparasi kali ini, kami akan menggunakan Toyota Raize tipe teratas, yaitu Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS yang dihargai cukup seimbang dengan New MG ZS tipe tertinggi.

>>> New MG ZS Meluncur di Indonesia, Apa yang Baru?

Spesifikasi

Lantas, bagaimana perbandingan spesifikasi kedua mobil? Apakah mobil ini memang benar-benar ada di segmen yang berbeda meski sama-sama SUV 5 penumpang?

Dimensi

New MG ZS memiliki panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm, dengan wheelbase 2.585 mm dan ground clearance 165 mm. Sedangkan Toyota Raize memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dengan wheelbase 2.525 mm dan ground clearance 200 mm.

Gambar MG ZS

Ground clearance 165 mm menurut kami masih kurang tinggi untuk ukuran sebuah SUV

Dari data tersebut, MG ZS menawarkan ruang kaki yang lebih lega dengan panjang serta wheelbase yang lebih besar. Namun, Toyota Raize yang lebih kompak menawarkan kepraktisan untuk mobilitas sehari-hari.

Bukan cuma itu, Raize juga memiliki ground clearance yang lebih baik sehingga SUV 5 penumpang ini lebih bersahabat untuk dikendarai melintasi jalan rusak atau genangan air.

>>> Senjata New MG ZS untuk 'Melawan' Honda HR-V dan Mazda CX-3

Dapur Pacu

New MG ZS masih mengandalkan mesin 1,5 liter 4-silinder berkode 15S4C dengan teknologi VTi-TECH. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 112,5 HP dengan torsi 150 Nm.

Sedangkan Toyota Raize menggunakan mesin 1,0 liter 3-silinder berkode 1KR-VET Turbocharged dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin itu menghasilkan tenaga 96,5 HP dengan torsi 140 Nm.

Gambar Mesin Toyota Raize

Mesin Toyota Raize, kompak dan bertenaga

Dari segi performa, MG ZS yang memiliki kubikasi mesin lebih besar unggul dari segi tenaga dan torsinya. Namun, kami yakin bahwa mesin Raize masih lebih efisien dengan bantuan turbocharger-nya.

Fitur dan Kesimpulan

Dari segi fitur, sebenarnya kedua mobil sudah cukup lengkap. Toyota Raize dengan Toyota Safety Sense menjanjikan keselamatan berkendara yang lebih baik. Namun, MG ZS dibekali dengan fitur menarik seperti Electric IMAX Panoramic Sunroof, PM 2.5 Filter Air Purifying System, serta 360 Omni Directional Camera.

Gambar Panoramic Sunroof

Fitur Panoramic Sunroof menjadi nilai tambah yang menarik untuk MG ZS

Sedangkan fitur keselamatan dasar seperti SRS Airbags dan sistem pengereman ABS + EBD sudah menjadi standar. Kedua mobil juga sudah dibekali dengan kontrol traksi dan kontrol stabilitas.

Menurut kami, Toyota Raize masih menawarkan mobil dengan value for money yang lebih baik. Dengan harga sedikit lebih terjangkau, Anda mendapatkan mobil kompak yang sangat cocok untuk mobilitas di perkotaan.

Fitur Toyota Safety Sense juga sangat berguna untuk menjaga keselamatan berkendara baik di dalam kota maupun perjalanan ke luar kota. Karena itu, dalam komparasi MG ZS vs Toyota Raize ini, kami masih tetap memilih jagoan dari PT Toyota Astra Motor.

>>> Modal Rp 2,7 Juta Bisa Nyicil Toyota Raize, Pas Buat Kaum Milenial!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top