Komparasi New MG ZS vs Daihatsu Rocky, Mana Lebih Menggoda?

14/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Jika sebelumnya kami sudah melakukan komparasi New MG ZS vs Toyota Raize, kini giliran Daihatsu Rocky yang menjadi lawan SUV dengan konsep Brit Dynamic ini.

Baru setahun mengaspal di Indonesia, MG Motor Indonesia meluncurkan New MG ZS secara virtual pada Kamis (9/9). SUV Inggris buatan China ini mengalami penyegaran di sektor eksterior dan interior yang membuatnya tampil kian dewasa.

Fascia depan menjadi bagian yang paling banyak berubah dengan desain bumper, grille, dan lampu baru. Sedangkan di bagian interior, mobil ini sekarang mengusung head unit 10,1 inci dengan konektivitas yang lebih baik.

Gambar Daihatsu Rocky

Apakah pembaruan MG ZS cukup untuk mengalahkan pesona mobil dengan value for money tinggi ini?

Apakah penyegaran tersebut cukup untuk mengalahkan pesaing di kelas SUV 5 penumpang dari Jepang seperti Daihatsu Rocky? Mari kita buktikan dalam artikel komparasi ini.

>>> Deretan Fitur Kekinian yang Ditawarkan New MG ZS

Harga

Hingga saat ini, MG Motor Indonesia masih belum mengungkapkan harga yang mereka tawarkan kepada konsumen untuk meminang New MG ZS. Namun, diperkirakan harganya akan lebih mahal ketimbang produk sebelumnya.

Sekedar informasi, MG ZS sebelum facelift dibanderol Rp 261,8 juta untuk tipe Excite, dan Rp 295,8 juta untuk tipe Ignite. Kami berasumsi ZS facelift ini tidak akan ditawarkan dengan harga yang terlampau jauh dari versi sebelumnya.

Gambar New MG ZS

MG Motor Indonesia belum membuka harga resmi MG ZS terbaru

Di sisi lain, Daihatsu Rocky ditawarkan dari harga Rp 189,3 juta untuk tipe termurah hingga Rp 250 juta untuk tipe termahalnya. Artinya, tipe termahal dari Rocky masih lebih murah dari MG ZS Excite.

Spesifikasi

Lantas, bagaimana perbandingan spesifikasi kedua mobil? Sama-sama SUV 5 penumpang, apakah New MG ZS dan Daihatsu Rocky ada di segmen yang serupa?

Dimensi

New MG ZS memiliki panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm, dengan wheelbase 2.585 mm dan ground clearance 165 mm. Sedangkan Daihatsu Rocky memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dengan wheelbase 2.525 mm dan ground clearance 200 mm.

Dari data tersebut, MG ZS menawarkan ruang kaki yang lebih lega dengan panjang serta wheelbase yang lebih besar. Namun, Rocky yang lebih kompak menawarkan kepraktisan untuk mobilitas sehari-hari.

>>> MG ZS Terbaru Siap Meluncur di Indonesia, Apa yang Berubah?

Gambar Daihatsu Rocky

Ground clearance Rocky yang lebih tinggi membuat pengemudi lebih pede untuk melibas berbagai jenis jalan

Bukan cuma itu, Rocky juga punya keunggulan dalam hal ground clearance yang lebih baik sehingga SUV 5 penumpang ini lebih bersahabat untuk dikendarai melintasi jalan rusak atau genangan air.

Sedangkan MG ZS lebih unggul dalam hal kapasitas penyimpanan barang. MG ZS memilliki ruang kargo 448 liter sedangkan Rocky hanya memiliki ruang kargo 369 liter.

Dapur Pacu

New MG ZS masih mengandalkan mesin 1,5 liter 4-silinder berkode 15S4C dengan teknologi VTi-TECH. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 112,5 HP dengan torsi 150 Nm.

Sedangkan Daihatsu Rocky memiliki dua opsi mesin. Namun, untuk komparasi ini, kami menggunakan mesin 1,0 liter 3-silinder berkode 1KR-VET Turbocharged dengan teknologi Dual VVT-i sebagai perbandingan. Mesin itu menghasilkan tenaga 96,5 HP dengan torsi 140 Nm.

Gambar Mesin MG ZS

Dengan kubikasi lebih besar, tentu mesin MG ZS lebih bertenaga

Dari segi performa, MG ZS yang memiliki kubikasi mesin lebih besar unggul dari segi tenaga dan torsinya. Namun, mesin Rocky masih lebih efisien dengan konsumsi bahan bakar 18 kilometer per liter di rute kombinasi dibanding MG ZS yang hanya mampu mencatatkan efisiensi 14 kilometer per liter di rute yang sama.

Fitur dan Kesimpulan

Dari segi fitur, sebenarnya kedua mobil sudah cukup lengkap. Daihatsu Rocky dengan Advance Safety Assist (ASA) menjanjikan keselamatan berkendara yang lebih baik. Namun, MG ZS dibekali dengan fitur menarik seperti Electric IMAX Panoramic Sunroof, PM 2.5 Filter Air Purifying System, serta 360 Omni Directional Camera.

Sedangkan fitur keselamatan dasar seperti SRS Airbags dan sistem pengereman ABS + EBD sudah menjadi standar. Kedua mobil juga sudah dibekali dengan kontrol traksi dan kontrol stabilitas.

Menurut kami, Daihatsu Rocky menawarkan mobil dengan value for money yang jauh lebih baik. Dengan harga lebih terjangkau, Anda mendapatkan mobil kompak yang cocok untuk mobilitas sehari-hari di daerah perkotaan.

Fitur ASA juga sangat berguna untuk menjaga keselamatan berkendara baik di dalam kota maupun perjalanan ke luar kota. Karena itu, dalam komparasi MG ZS vs Daihatsu Rocky ini, kami menilai SUV 5 penumpang dari PT Astra Daihatsu Motor masih lebih menarik untuk dipinang.

>>> Daihatsu Rocky Sajikan Pilihan Sesuai Gaya Hidup 

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top