Komparasi Mobil Listrik dan Bensin dalam Perjalanan 1.500 Kilometer

14/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Komparasi Mobil Listrik dan Bensin dalam Perjalanan 1.500 Kilometer
Seorang YouTuber mencoba membandingkan waktu yang dibutuhkan dan biaya yang diperlukan oleh mobil listrik dan bensin dalam perjalanan sejauh 1.500 kilometer.

Kehadiran mobil bertenaga listrik menjadi asa bagi mereka yang mengincar keiritan. Ya, kebanyakan produsen mobil mengklaim bahwa mobil listrik lebih irit. Tapi benarkah demikian? Nah, YouTuber Marquess Brownlee mulai mencoba membandingkan perjalanan Audi Q5 berbahan bakar bensin dengan mobil listrik Tesla Model S Plaid dan Ford Mustang Mach-E.

Perjalanan ke Air Terjun Niagara

Perbandingan ini diunggah dalam akun YouTube Marquees sendiri melalui video berdurasi 19 menit. Tujuannya adalah untuk membandingkan waktu yang dibutuhkan setiap mobil untuk sampai tujuan, serta total biaya yang diperlukan sepanjang perjalanan.

Perjalanan dimulai dengan tangki dan baterai penuh dari New York ke Lake Placid hingga mencapai Air Terjun Niagara dengan total perjalanan 1.500 kilometer. Atau hampir setara dengan jarak dari Bandung ke Pekanbaru yang mencapai 1.400 kilometer.

Di hari pertama, Audi melakukan satu pemberhentian di SPBU untuk mengisi bahan bakar. Sedangkan Tesla membutuhkan tiga kali pemberhentian di Supercharger. Sayangnya Ford mengalami masalah dengan pengisi daya yang tidak berfungsi, memaksa pengemudi untuk memutar dengan total enam pemberhentian untuk pengisian daya.

>>> Komparasi Biaya Servis Nissan Leaf vs Mobil Konvensional

Keunggulan Tesla

Dan hasil yang didapatkan pun tidak mengejutkan. Audi merupakan mobil tercepat untuk menyelesaikan perjalanan dengan total 18 jam dan 29 menit. Tesla Model S Plaid berada di urutan kedua dengan jarak 1 jam dan 32 menit, sedangkan Ford Mustang Mach E finish di urutan ketiga dengan selisih 7 jam 32 menit dibandingkan Audi.

Sedangkan harga yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan tim Audi Q5 menghabiskan total $ 84,79 (Rp 1,2 juta). Kedua model listrik juga membutuhkan biaya untuk pengecasan, dengan Model S Plaid menghabiskan $ 66,35 (Rp 945 ribuan) dan Mustang Mach E menjadi yang termurah dengan biaya $ 61,25 (Rp 872 ribuan).

>>> Mobil listrik Honda e Sudah Terdaftar, Kapan Dijual di Indonesia?

mobil listrik Tesla Supercharger yang sedang mengisi daya
Keunggulan Tesla terdapat pada pengisian yang mudah ditemukan di Amerika

Brownlee menyimpulkan keunggulan Tesla dibandingkan mobil listrik lainnya adalah Tesla Supercharging Network yang sudah tersebar di berbagai area. Termasuk sistem infotainment yang akan menunjukkan dengan tepat di mana Anda harus berhenti dan rute tercepat untuk sampai ke tujuan.

Sayangnya pengujian ini masih belum bisa dilakukan di Indonesia. Mengingat infrastruktur pengisian mobil listrik yang masih terbatas untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Namun dengan rencana pemerintah untuk membangun ratusan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), tak menutup kemungkinan Cintamobil.com akan mencoba komparasi ini di masa mendatang.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top