Komparasi MG ZS vs Toyota Yaris GR Sport, Siapa Yang Layak Dipilih?  

23/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Komparasi  MG ZS vs  Toyota Yaris GR Sport melibatkan produk unggulan dari setiap merek yang menawarkan nilai jual terbaik untuk memikat konsumen

Biasanya, facelift (penyegaran produk) atau product improvement dilakukan oleh pabrikan mobil dalam kurun waktu paling cepat dua (2) tahun setelah peluncuran perdana. Namun ada juga yang melakukan facelift atau improvement lebih cepat, semisal dalam waktu setahun pasca peluncuran. Ada berbagai alasan, antara lain kehadiran para pesaing baru. Boleh jadi, hal itu menjadi faktor pendorong MG untuk merilis ZS versi facelift pada September 2021.  

Secara umum, MG ZS hadir dengan sejumlah penyegaran penampilan pada sektor eksterior dan interior serta improvement yang menjadikan SUV berjiwa Brit Dynamic ini semakin memikat para calon konsumen. Sedangkan Toyota Yaris GR Sport menjadi sajian terbaru dengan aura Toyota Gazoo Racing yang kental bagi konsumen yang ingin tampil beda. Lebih kurang, bagaimana peluang MG ZS dan Toyota Yaris GR Sport untuk memikat para calon konsumen? Ikuti komparasi MG ZS vs Toyota Yaris GR-Sport yang sama-sama menawarkan rentang harga sekelas.

>>> Mengulik Toyota GR Sport dan GR Limited Terbaru. Mana yang Cocok untuk Anda?

Harga

Konsumen peminat MG ZS silakan meng-klik situs resmi MG Motor Indonesia untuk mengetahui  pilihan produk yang tersedia. MG Motor Indonesia menawarkan  ZS dalam varian  Activate (Rp 269.800.000), Ignite (Rp 289.800.000) dan  Magnify (Rp 309.800.000). Semua harga OTR DKI Jakarta untuk pembeli pertama. 
 
Sedangkan Toyota Yaris GR Sport ditawarkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku APM (agen pemegang merek) Toyota di Indonesia. Melalui jaringan dealer di seluruh  Nusantara, tersedia Toyota Yaris GR Sport dalam  varian 1.5 S M/T GR SPORT 3 AB (Rp 268.800.000), 1.5 S M/T GR SPORT 7 AB (Rp 273.400.000), 1.5 S CVT GR SPORT 3 AB (Rp 279.500.000), 1.5 S CVT GR SPORT 7 AB (Rp 284.000.000).  Harga adalah OTR DKI Jakarta.  

Harga Lebih Murah Jaminan Value For Money Baik?

Terlihat dalam komparasi MG ZS vs Toyota Yaris GR-Sport ini keduanya saling bersaing ketat dalam aspek harga. Namun rentang harga Toyota Yaris GR Sport lebih merata dan tersedia dalam pilihan varian yang lebih banyak (empat macam).

Sedangkan MG ZS dipasarkan dalam tiga pilihan varian dan rentang harga cukup lebar antara varian bawah dan varian atas. Harga varian Toyota Yaris GR Sport paling mahal (1.5 S CVT GR SPORT 7 AB, Rp 284.000.000) ternyata lebih murah dibanding harga MG ZS varian termahal (Magnify, Rp 309.800.000).    

Dimensi

gambar  mg zs

Ground clearance 165 mm tergolong moderat untuk SUV

Secara ukuran, MG ZS tampil dengan panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm, jarak sumbu roda 2.585 mm dan ground clearance 165 mm. Dari segi teknis,  angka-angka tersebut merujuk pada ukuran ruang kabin yang lebih lapang sehingga—di atas kertas—penumpang lebih nyaman. Paling tidak, bodi lebih besar dan jarak sumbu roda lebih panjang menyumbang ruang kaki dan ruang kepala yang lebih lega.

gambar toyota yaris

Dimensi kompak dan cocok untuk pemakaian harian dalam kota   

Sedangkan Toyota Yaris GR Sport memiliki ukuran panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, jarak sumbu roda 2.550 mm dan ground clearance 149 mm. Memang dimensi Toyota Yaris GR Sport terukur lebih kecil karena tergolong hatchback kompak.  Ground clearance  lebih rendah memberikan keunggulan dalam hal stabilitas dan jarak sumbu roda lebih pendek berperan menghasilkan kelincahan manuver yang memang menjadi nilai jual mobil jenis hatchback.     

Bodi Besar SUV Lebih Baik Dari Hatchback?

Komparasi MG ZS vs Toyota Yaris GR-Sport ini melibatkan kontestan hatchback dan SUV. MG ZS adalah SUV crossover dengan  platform monocoque. Itu sebabnya, dimensi bodi lebih besar dan ground clearance lebih tinggi sehingga memaksimalkan kemampuan menjelajah. Sebaliknya, Toyota Yaris GR Sport adalah hatchback kompak yang menawarkan keasyikan mengemudi tersendiri. Gesit dan lincah bermanuver menjadi nilai jual unggulan saat pemakaian sehari-hari dalam kota. 

Mesin dan Sistem Penggerak  

 gambar mg zs

Kini didukung transmisi CVT 8-speed

Setelah menjalani program penyegaran dan improvement,  yang berubah pada MG ZS adalah penerapan  transmisi CVT 8-speed untuk semua varian. Untuk mesin  masih sama seperti sebelumnya,  15S4C 4 silinder 1,5 liter VTi-TECH yang memproduksi 112,5 hp dan  150 Nm. Secara teori, konsumsi bensin MG ZS versi improvement (dengan CVT 8-speed) akan lebih baik daripada 14 km/liter (MG ZS + transmisi otomatis 4-speed).  

gambar toyota yaris

Mesin sama dengan yang dipakai Toyota Vios

Sejatinya, Toyota Yaris GR Sport adalah pengganti Toyota Yaris TRD Sportivo yang menjadi varian tertinggi Toyota Yaris di Indonesia. Dengan demikian, tidak ada yang berubah dalam hal mesin dan sistem penggerak alias tetap mengandalkan mesin 2NR-FE 1,5 liter 104 hp dan 140 Nm serta pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT 7-speed.        

Yaris Lebih Gesit

Dalam komparasi MG ZS vs Toyota Yaris GR-Sport ini, kinerja mesin SUV blasteran Inggris-Cina selangkah di depan mesin hatchback turunan GR Sport karena lebih unggul tenaga dan torsi. Sementara untuk sistem penggerak, transmisi CVT 8-speed dan 7-speed boleh disebut setara.

O iya, Toyota Yaris GR Sport juga tersedia dengan pilihan transmisi manual 5-speed, sementara semua varian MG ZS memiliki transmisi CVT 8-speed. Disamping itu rasa berkendara Yaris lebih enak karena mesinnya yang responsif beda dengan New MG ZS yang butuh lebih banyak effort.

Fitur 

gambar mg zs

Atap panoramic menjadi salah satu nilai jual unggulan MG ZS

Bicara soal fitur, tentunya menarik untuk membahas fitur keselamatan dan fitur unik yang ditawarkan oleh kedua kontestan ini. MG ZS didukung fitur enam airbag, ABS/EBD/BA, CBS + SCS + TCS, Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC). Lalu ada lagi Electric IMAX Panoramic Sunroof, PM 2.5 Filter Air Purifying System, dan 360 Omni Directional Camera.

 gambar yaris

Salah satu fitur unggulan Toyota Yaris GR Sport  

Sementara Toyota Yaris GR Sport  dibekali tujuh airbag, ABS/EBD/BA, Hill-Start Assist (HSA),  Vehicle Stability Control (VSC). Tambahan fitur lainnya adalah Sport/Eco Mode Switch,  Paddle Shift,  Engine Start/Stop Button, sistem infotainment dengan koneksi ponsel, kamera parkir belakang. 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, fitur yang ditawarkan oleh semua  varian MG ZS lebih banyak daripada kelengkapan  fitur standar yang dimiliki oleh varian tertinggi Toyota Yaris GR Sport. Jadi kalau Anda tidak keberatan mengeluarkan uang lebih banyak dan tidak masalah dengan nama merek Eropa yang kini berasal dari China, MG layak menjadi pilihan.  

>>> Adu Spesifikasi Honda City Hatchback RS vs Toyota Yaris GR Sport 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top